8 Manfaat Sayuran Kecipir Untuk Kesehatan Kita


image : wikimedia.org  Wibowo Djatmiko
Sayuran kecipir ini memang mempunyai rasa yang nikmat dan gurih bila mana diolah sebagai kulupan bisa dengan sambal pecel maupun sambel kelapa. Sayuran kecipir ini tidak hanya bisa diolah untuk kulupan saja tetapi bisa juga untuk masakan yang berkuwah seperti masakan sayur asam, masakan lodeh. Sayuran kecipir ini memang mudah dijumpai di pasar sayuran karena tanaman kecipir ini tidak mengenal musim dan tanaman ini berbuah banyak saat pergantian musim dari musim penghujan ke musim kemarau.
  

Tanaman sayuran kecipir ini sangat mudah untuk dibudidayakan yaitu dengan bijinya dan juga mudah hidup, tanaman ini hidup dengan menjalar, merambat dan melilit dan membutuhkan pagar atau tiang untuk berkembang biaknya kalau tidak diberi bisa menutupi permukaan tanah dan pemberian pagar atau tiang ini memudahkan untuk memanenya. Sayuran kecipir ini memiliki ciri daunya berwarna hijau dan majemuk berbentuk bundar telur lanser daun yang masih muda juga bisa untuk dijadikan kulupan atau lalapan.  Buganya seperti kupu –kupu  berisi 2 – sampai 10 kuntum dan berkelamin 2. Buahnya berwarna hijau saat masih muda dan berbentuk segi 4, bersayap yang beringgit. buah kecipir ini juga memiliki kandungan flavonoid, saponin, tannin, air, vitamin C, B1, B2, B3, B5, B6, B9, karbohidrat, lemak, protein, kalsium, zat besi, seng, natrium, kalium, fosfor, mangan dan magnesium yang tentunya sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh diantaranya :


1.      Baik Sekali Untuk Tulang

Kandungan kalsium yang ada di buah kecipir ini sangat baik sekali untuk menyuplai kebutuhan harian tulang sehinga tulang kita bisa terjaga akan kesehatanya dan bisa untuk mencegah kekroposan tulang.



2.      Baik Sekali Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil sangat membutuhkan makanan yang tentunya mengandung asam folat yang sangat berguna untuk perkembangan janin yang bisa untuk membentuk sitensis DNA sehinga pada waktu lahir si anak tersebut bisa terhindar dari cacat lahir.



3.      Mengandung Lemak Yang Sehat

Bagi yang menjalankan diet tentunya sangat menjauhkan makanan yang mengandung lemak tetapi lemak juga sangat dibutuhkan dalam metabolisme tubuh dan lemak yang ada di buah kecipir ini mengandung lemak yang baik dan bisa untuk dikonsumsi saat menjalankan program diet.



4.      Dapat Mengobati  Mata Membengkak

Mata yang membekak ini dapat diobati dengan daun kecipir yang diekstrak dan ramuan ini sudah ada sejak zaman dulu dengan cara siapkan segengam daun kecipir segar yang sudah dibersihkan dengan air lalu tambahkan air segelas dan rebuslah sampai mendidih setelah itu biarkan sampai dingin dan saring untuk diambil air untuk diteteskan ke mata yang bengkak.



5.      Mengobati Penyakit Bisul

Bisul sangat mengangu dalam menjalankan aktivitas kita sehari - hari karena rasa sakit yang ditimbulkanya dan bisul ini dapat diobati secara alami yaitu dengan ramuan kecipir tentunya dengan cara siapkan beberapa daun muda yang masih segar dan cuci bersih tambahkan adas pulosari lalu tumbuk sampai halus setelah halus oleskan pada kulit yang  tumbuh bisul dan ganti ramuan ini sehari 1 kali sampai bisul sembuh.



6.      Meningkatkan Nafsu Makan

Selera makan bisa menurun karena berbagai hal, bila hal ini terjadi  terus - menerus akan berdampak pada kesehatan kita, dengan ramuan kecipir ini dapat membatu meningkatkan nafsu makan kita dengan cara siapkan beberapa buah kecipir dan kupas untuk diambil bijinya dan rebuslah biji tersebut dengan air secukupnya setelah itu biarkan digin dan saring untuk diambil airnya dan minumlah air tersebut secara rutin dan sering.



7.      Mencegah Anemia Pada Ibu Hamil

Kandungan tokoferol pada kecipir ini juga sebagai antioksidan untuk ibu hamil karena dapat mencegah terserang  anemia.



8.      Mempertebal Kekebalan Tubuh

Kandunagan vitamin dan beberapa mineral yang ada di kecipir ini mampu untuk mempertebal kekebalan tubuh kita dari berbagai penyakit yang ada di luar maupun dalam tubuh kita.    
ARTIKEL TERKAIT