9 Manfaat Buah Merah Papua Untuk Kesehatan


image : www.healthbenefitstimes.com
Buah merah ini berasal dari papua yang disana dikenal dengan nama tawi, sauk ekendi dan kuansu dengan nama ilmiyah pandanus conoiddeus, yang banyak terdapat di jayapura, nabire, wamena dan manokwari  yang hidup di dataran rendah  40 m dpl dan dataran tinggi 2.000 m dpl. Tanaman buah merah ini di masyarakat wamena sering digunakan untuk pesta adat bakar batu, tapi tanaman buah merah ini banyak digunakan masyarakat di papua untuk obat, dengan pengolahan yang tradisional.
  

Buah merah ini oleh penduduk asli papua ini hanya diambil daging buahnya lalu di potong – potong dan direbus dan diolah menjadi minyak dan minyak buah merah ini yang sekarang bisa untuk berbagai obat dan sekarang di perjual belikan yang harganya cukup lumayan fantastis. Buah merah ini mengakandung betakaroten, tokoferol, karoten, asam oleat, asam linoleat, asam linolenat, dekanoat, omega 9, omega 3, nialin, kalsium, serat, proteinvitamin B1, C  dan kandungan ini semua rata - rata mengandung antioksidan yang tentunya sangat baik sekali untuk mejaga kesehatan tubuh kita diantaranya :


1.      Menyembuhkan Asam Urat

Kandungan buah merah ini juga terdapat tokoferol yang bisa untuk mengencerkan darah yang membeku di dalam tubuh dan memperbaiki fungsi liver yang tentunya bila liver kita normal maka asam urat yang ada di dalam tubuh kita menjadi normal.



2.      Mencegah Stroke

Penyakit strok ini banyak terjadi karena tekanan darah tinggi dan menyebabkan  penyempitan dan pembekuan pembuluh darah dan ini ditandai dengan tekana darah tinggi dan buah merah ini sangat baik sekali untuk menurunkan tekanan darah menjadi normal sehingga kita bisa terhindar dari penyakit strok.



3.      Untuk Penyakit Kanker

Kandungan yang ada di buah merah ini seperti tokoferol, betakaroten dan kandungan yang lainya yang dapat membentuk antioksidan ini dapat mencegah dan membunuh sel – sel kanker yang terdapat dalam tubuh.



4.      Baik Sekali Untuk Mata

Kandungan betakaroten yang terdapat pada buah merah ini sangat baik untuk kesehatan mata kita sehinga mata kita bisa terhindar dari berbagai penyakit mata dan dapat menjaga ketajaman mata kita untuk melihat.



5.      Mencegah Tulang Keropos ( Osteoporosis )

Kandungan kalsium yang terdapat pada buah merah ini sangat dibutuhkan tulang sehinga tulang kita tetap terjaga akan kesehatanya sampai usia tua dan bisa terhindar dari penyakit osteoporosis.



6.      Untuk Mengobati Kencing Manis

Penyakit kencing manis ini terjadi karena kelenjer pankreas tidak bisa berkerja secara maksimal terutama dalam memproduksi insulin sehingga terjadi peningkatan kadar gula dalam darah. Kandungan tokoferol yang terdapat pada buah merah ini dapat memperbaiki pankreas sehinga kita bisa terhindar dari penyakit kencing manis.



7.      Baik Sekali Untuk Otak

Kandungan omega 3 dan omega 9 yang ada di buah merah ini dapat meningkatkan kecerdasan dan mempertajam memori yang ada di otak.



8.      Meningkatkan Stamina

Stamina kita sering kali droop dan malas untuk aktivitas sehari – hari dengan mengkonsumsi buah merah ini dalam berbagai olahan bisa mengembalikan stamina kita yang hilang.



9.      Menguatkan Kekebalan Tubuh Kita

Semua kandungan yang ada di dalam buah merah ini sangat baik sekali untuk kekebalan tubuh kita sehinga tubuh kita bisa terhindar dari berbagai penyakit yang datang dari luar dan dalam tubuh kita.            
ARTIKEL TERKAIT