9 Manfaat Sayuran Buncis Untuk Kesehatan Tubuh Kita


image : www.organicfacts.net
Sayuran buncis ini sering kita konsumsi dalam berbagi masakan seperti dimasak dengan kuwah dan di tumis, buncis ini memiliki rasa yang gurih dan renyah. Sayuran buncis ini termasuk jenis polong - polongan yang tanaman ini bisa dikonsumsi mulai dari daunya, buahnya dan bijinya, tanaman buncis ini berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah.
  

Tanaman buncis ini juga mudah sekali dibudidayakan yaitu dengan bijinya dan termasuk tanaman yang menahun. Tanaman buncis ini berakar tunggang dan tumbuh melilit, merambat. Tanaman ini juga membutuhkan tiang agar dalam merambat dapat disalurkan dan memudahkan untuk memanenya. Tanaman buncis ini juga memiliki beberapa kandungan gizi diantaranya : kalsium, tembaga, karbohidrat, serat kasar, kadar abu, mangan, molibdenun, magnesium, potassium, zat besi, fosfor, vitamin A, B1, B2, B3, B6, B11, C lemak dan protein, kandungan gizi yang banyak ini sangat baik sekali untuk kesehatn kita diantaranya :


1.      Baik Sekali Untuk Jantung

Sayuran buncis ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat karena sayuran ini juga mengandung asam folat, potasium dan serat dan bisa untuk mencegah terjandinya komplikasi jantung.



2.      Bisa Terhindar Bayi Lahir Cacat

Ibu hamil sangat mengkhwatirkan bayinya apa lagi saat mau melahirkan dan ibu hamil ini sangat mengiginkan bayi yang normal saat melahirkan dan sayuran buncis ini sangat berperan penting untuk terindar dari melahirkan cacat karena sayuran buncis ini mengadung  asam folat yang berperan penting untuk terhindar dari lahir cacat.



3.      Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium dan fosfor di dalam sayuran buncis ini sangat dibutuhkan tulang untuk melakukan aktivitas harian tulang dan dapat menguatkan tulang sehinga tulang bisa terhindar dari kekroposan tulang.



4.      Dapat Menstabilkan Pikiran

Kita sering marah – marah yang bisa disebabkan hal sepele atau tututan pekerjaan dan ini bisa memicu tingkat stres dan mempengaruhi kestabilan pikiran kita. Bila hal ini terjadi pada anda maka konsumsilah sayuran buncis ini karena buncis ini memiliki sifat hipoglikemik yang berfungsi menenagkan, mengurangi tingkat stres dan menjahukan kita dari rasa ingin marah – marah.



5.      Sirkulasi Darah Menjadi Normal

Sirkulasi dalam darah bila tidak normal bisa memicu timbulnya bebrapa penyakit yang berbahaya dan mengkonsumsi sayuran buncis ini mampu untuk menormalkan sirkulasi darah karena kandungan zat besi didalam sayuran buncis dapat meningkatkan produksi hemologin yang tentunya dapat mengankut oksigen keseluruh tubuh sehinga sirkulasi darah menjadi normal.



6.      Sehat Untuk Sistem Pencernaan

Kandungan serat yang ada di sayuran buncis ini sangat baik sekali untuk sistem pencernaan karena dapat membersihkan sistem pencernaan dari sisa makanan dan racun.



7.      Bisa Dikonsumsi Bagi Penderita Diabetes

Penderita diabetes dalam mengkonsumsi makanan haruslah selektif terutama menghindari makanan yang mengandung gula yang tinggi karena bisa berakibat fatal dan sayuran buncis ini bisa dikonsumsi bagi penderita diabetes karena buncis ini memiliki kadar indeks glikemik yang rendah dan tentunya tidak membahayakan untuk penderita diabetes dan terdapat juga kandungan glycontnutrient yang dapat mengontrol gula darah menjadi normal sehinga diabetes tidak kambuh bila mengkonsumsi buncis ini.



8.      Dapat Mengobati Batu Ginjal

Kandungan serat yang ada di sayuran buncis ini selain baik untuk sistem pencernaan juga bisa untuk melarutkan dan mencegah terjadinya batu ginjal.



9.      Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandunagan gizi terutama beberapa vitamin yang ada di sayuran buncis ini mampu mempertebal kekebalan tubuh kita sehinga bisa terhindar dari berbagai penyakit baik dari dalam maupun luar tubuh kita.    
ARTIKEL TERKAIT