9 Manfaat Tanaman Buah Ceplukan Untuk Kesehatan


image : id.wikipedia.org  W.A. Djatmiko
Buah Ceplukan ini mudah sekali kita jumpai di pingir – pingir sawah atau area lahan yang kosong dan tanaman ini hidup bebas seperti seluk belukar dan tanaman ini sering di temukan oleh orang kerjanya mencari rumput, untuk rasanya asam – asam manis dan buahnya terbungkus kelopak untuk buahnya  berwarna hijau, setengah masak warnanya kuning bila masak berwarna kuning kemerahan . tanaman ini hidup kurang lebih setahunan dan tingginya kurang lebih 1 meter.

  
Tanaman ceplukan ini selain buahnya bisa dinikmati lasung teryata bagian tanaman ini seperti akar, daun dan batang bisa untuk obat tradisional karena tanaman ceplukan ini juga mengandung  banyak hal seperti di akarnya terdapat kandungan alkaloid, di tunas saponin, di daun flavonoid, di batang chlorogenik acid, C27h440-h20, di buahnya terdapat tannin, kriptoxantin, vitamin C, gula, fisalin, withangulatin, sedangkan pada bijinya terdapat stearat, asam palmitat, elaidic acid. Tentunya kandungan yang cukup banyak di tanaman ceplukan ini sangat banyak manfaatnya untuk kesehatn kita diantaranya :

1.      Mengeringkan Luka / Borok
Caranya siapkan daun ciplukan yang sudah di cuci bersih sekitar segegam tangan dan haluskan bisa di tumbuk dan tambahkan sedikit air kapur setelah itu balurkan ramuan tersebut ke luka atau borok, biar mendapat hasil yang maksimal lakukan hal ini 2 x sehari pagi dan malam .

2.      Mengobati Epilepsi
Buah ceplukan ini di percaya dapat mengobati epilepsi dengan cara mengkonsumsi buah ceplukan yang matang dalam jumlah 10 butir sehari secara rutin.

3.      Dapat Mengobati Diabetes Melitus
Siapkan akar tanaman ceplukan yang benar – benar sudah berbuah banyak dan matang dan cabut tanaman itu setelah itu ambil akarnya dan bersihkan setelah itu rebus dengan air 2 gelas setelah itu biarkan mendidih sampai airnya tersisa 1 gelas lalu biarkan dingin dan saring untuk diambil airnya setelah itu minum sehari 1 gelas.

4.      Dapat Menurunkan Tekanan Darah
Caranya ambil 7 buah ceplukan bisa matang atau mentah dan cuci bersih setelah itu ambil air matang yang sudah dingin sebayak 2 gelas dan rebus selama 15 menit sambil diaduk – aduk  setelah itu saring dan ambil airnya untuk diminum  sehari 2 gelas air tersebut.

5.      Mencegah Penyakit Kanker
Steroid yang terkandung di buah ceplukan ini di yakini dapat mematikan sel kanker  yang hidup di tubuh kita. Maka dari itu konsumsilah buah ceplukan ini secara rutin agar terbebas dari penyakit kanker.

6.      Dapat Mengobati Paru – Paru
Siapkan tanaman ceplukan ini satu set yaitu mulai dari akar, batang, daun dan buahnya setelah terkumpul semua bahan tersebut cuci bersih setelah itu rebus dengan 7 gelas air  sampai mendidih setelah itu biarkan sampai dingin dan saring untuk memisahkan air dan tanaman ceplukan dan minum air rebusan tadi sehari 3 kali.

7.      Mampu Mengobati Influenza
Caranya siapkan batang pohon ceplukan secukupnya dan cuci bersih setelah itu rebus dengan air 3 gelas sampai mendidih setelah itu biarkan sampai dingin dan saring airnya untuk memisahkan batang dan airnya dan minum airnya sehari 2 kali.

8.      Menyembuhkan Bisul
Caranya siapkan daun ceplukan secukupnya dan cuci bersih setelah itu haluskan bisa di tumbuk setelah halus balurkan ramuan tadi ke bisul, lakukan hali ini 2 kali sehari pagi dan sore.

9.      Dapat Mengobati Gondogan
Caranya siapkan daun ceplukan secukupnya dan cuci bersih setelah itu rebus dengan air 2 gelas  sampai mendidih dan diamkan lalu saring untuk diambil airnya saja dan minum air ramuan tadi sehari 2 kali dengan takaran 1 gelas air minum.
        
ARTIKEL TERKAIT