9 Manfaat Tanaman Jeruk Purut Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

www.seratu.com
JERUK PURUT


Tanaman jeruk purut ini lumayan sulit kita temukan di lingkungan kita sekitar karena sedikit orang yang mau menanamnya di karenakan tanaman ini berduri. Tanaman jeruk purut ini banyak sekali kegunaanya selain untuk kesehatan dan kecantikan juga bisa untuk bumbu dapur yang sering di pakai daunya untuk pelengkap pembuatan sambal pecel, dan untuk pembuatan rempeyek sedangkan untuk buahnya jeruk purut ini biasa digunakan untuk penghilang bau amis pada ikan dengan cara diambil air perasanya dan di kucurkan pada ikan tersebut.
  

Tanaman jeruk purut ini memiliki ciri batangya berduri yang tajam, buahnya berwarna hijau dan banyak benjolan kecil untuk daunya mempunyai warna hijau dan berbau sedap dan tentunya banyak sekali kandungan yang terdapat pada tanaman jeruk purut ini diantaranya : kandungan yang ada di daunya zat tannin, steroid triterpenoid dan  minyak asiri dan untuk kandungan yang ada di  kulit buanya mengandung  saponin,  steroid triterpenoid, minyak asiri, vitamin C dan tannin, maka dengan beberapa kandungan yang terdapat pada tanaman jeruk purut ini juga bermanfaat  untuk kesehatan  seperti :


1.      Menyembuhkan Batuk, Flu, Pilek Dan Demam

Penyakit ini sering melanda kita dalam kehidupan kita sehari - hari karena pergantian musim atau kondisi fisik yang tidak sehat ini semua bisa disembuhkan dengan buah jeruk purut  caranya siapkan buah jeruk purut yang matang dan segar lebih baik baru memetik dari pohon dan cuci bersih buahnya dan belah jadi dua lalu peras untuk diambil airnya dan campur dengan segelas air panas yang tentunya sudah mendidih lalu aduk setelah itu minum dalam keadaan hangat, untuk aturan minumnya sehari 3 kali, 1 gelas untuk setiap minum.



2.      Memulihkan Stamina Dan Mood

Kelelahan sehabis bekerja di kantor sangat lelah untuk fisik dan menggagu mood kita untuk melakukan aktivitas sehari - hari sehabis pulang kantor ini semua dapat kita atasi dengan ramuan air rebusan daun jeruk purut dengan di tambahkan madu dan minyak zaitun secukupnya. Minum ramuan ini sehabis pulang kantor.



3.      Bisa Untuk Rilek Dan Mengobati Stres Ringan

Tuntutan dalam pekerjaan sangat tinggi sehingga saraf di otak kita menjadi tegang dan bisa menyebabkan kita stres ringan dan ini bias diatasi dengan meminum air teh yang masih hangat dan dicampur dengan perasan air jeruk purut atau selembar daun jeruk purut yang masih segar akan tetapi bersihkan dahulu daunya.



4.      Menurunkan Berat Badan

Berat badan ini bila tidak diatasi maka bisa memyebabkan berbagai penyakit menghampiri tubuh kita tapi jangan khwatir dengan meminum air jeruk purut ini bisa terselesaikan dengan cara ambil buah jeruk purut dan bersihkan lalu potong menjdi dua dan ambil airnya dan tambahkan air hangat yang sudah mendidih untuk di jadikan minuman hangat.



5.      Menambah Kekebalan Tubuh

Sering mengkonsumsi perasan buah jeruk purut ini dalam ragam bentuk dapat menambah kekebalan tubuh kita karena beberapa kandungan terutama vitamin C ini yang terdapat pada buah jeruk purut ini mampu menambah kekebalan tubuh kita .  



Manfaat Tanaman Jeruk Purut Untuk Kecantikan



1.      Untuk Kulit Bersisik Dan Menglupas

Siapkan buah jeruk yang matang dan bersihkan dan belah menjadi 2 bagian bisa diambil airnya atau daging dan oleskan pada kulit yang bersisik dan menglupas



2.      Menghilangkan Jerawat Dan Bekas Jerawat

Siapkan buah jeruk purut dan cuci bersih dan potong jadi 2 dan ambil airnya lalu oleskan pada wajah dan diamkan cukup lama dan bilas dengan air bersih lebih baiknya lakukan saat mau tidur malam.



3.      Mencegah Rambut Rontik Dan Menghilangkan Ketombe

Siapka bauh jeruk purut dan bersihkan lalu potong menjadi dua dan ambil airnya untuk dioleskan di kulit kepala yang di tumbuhi rambut, lakukan hal ini sehari sekali sampai ketombe dan rambut rontok berhenti.



4.      Untuk Kulit Berminyak Dan Kusam

Siapkan buah jeruk purut secukupnya dan cuci bersih dan potong – potong tipis menjadi beberapa bagian dan tempelkan pada kulit wajah, lakukan hal ini saat menjelang tidur malam.
ARTIKEL TERKAIT