5 Manfaat Puasa Ramadhan Untuk Anak – Anak


www.seratu.com
ILUSTRASI
Puasa ramadhan ini memang wajib bagi umat islam terutama yang sudah baligh dan puasa ramadhan ini sudah menjadi ibadah rutin setiap setahun sekali bagi umat islam. Untuk menjalankan ibadah puasa ramadhan ini memang perlu pendidikan atau pelatihan sejak kecil dan nantinya setelah dewasa akan terbiasa melakukan puasa ramadhan ini. Sedangkan puasa ramadhan ini sangat banyak sekali manfaat  untuk kesehatan, kencantikan dan moral.
  

Puasa ramadhan pada anak – anak ini perlu sekali di latih dan ini perang orang tua sangat penting untuk mewujudkanya karena yang namanya anak – anak ini pasti sulit sekali untuk mengerjakan puasa ramadhan ini mulai perut merasakan lapar dan haus ditengorokan, minimnya pengetahuan agama masalah puasa dan lain – lain. Melakukan puasa ramadhan pada usia anak – anak ini memang tidak wajib dan tidak harus melakukan puasa seperti orang dewasa akan tetapi bisa melatihnya mulai puasa setengah hari jam 12 siang mulai buka dan melanjutkan puasa lagi sampai adzan magrip dan ini sering disebut puasa Beduk. Puasa bagi anak – anak ini juga mempunyai manfaat diantaranya :


1. Menambah Iilmu Keagamaan

Di bulan puasa ramadhan ini selain berpuasa juga sering melakukan solat tarawih berjamaah, baca Al-Quran dan mengikuti pengajian di masjid setelah solat tarawih ini semua bermanfaat sekali untuk menambah bekal ilmu agama bagi anak –anak.



2. Melatih Mengendalikan Nafsu

Anak – anak saat melakukan puasa ramadhan pasti melatih untuk mengendalikan nafsu terutama nafsu makan dan minum karena merekan tidak akan melakukan aktivitas makan dan minum sebelum datanya waktu berbuka.        



3. Melatih Disiplin Waktu

Mengerjakan puasa ramadhan ini juga bisa melatih kedisiplinan untuk anak – anak karena mereka juga akan bagun tidur untuk  melakukan sahur walaupun awalnya dibangunkan tapi lama – lama akan bagun sendiri dan ini berlasung selama satu bulan sehingga bisa membentuk karakter anak menjadi lebih disiplin.



4. Baik Sekali Untuk Kesehatan

Selama berpuasa tubuh anak – anak melakukan detoksifikasi sehinga dapat mengeluarkan zat – zat yang beracun dalam tubuh bisa melalui keringat, BAB, air seni akan tetapi di saat sahur dan berbuka selaknya memakan makana yang bergizi dan banyak mengandung cairan.



5. Membentuk Moral Dan Karakter Anak Lebih Baik

Disaat bulan puasa ini selain mengejakan puasa juga banyak aktivitas yang harus dihindari karena dapat mempengaruhi kwalitas puasa tersebut  sehingga mempengaruhi moral sianak agar berfikir yang positif seperti harus saling membantu, sering bersedekah atau berbagi reski yang natinya dapat membentuk moral dan karakter si anak lebih baik dan positif.  
ARTIKEL TERKAIT