5 Tips Dan Trik Mengobati Kram Dengan Cepat Dan Tepat


www.seratu.com
ILUSTRASI
Penyakit Kram ini sangat sakit seperti salah satu anggota badan yang kencang dan sulit dan sakit untuk di gerakan biasanya hal ini terjadi sesaat dan berulang – ulang di tempat anggota badan yang sama dan hali ini bisa disebabkan  banyak hal diantaranya dihidrasi, kurangnya asupan kalsium, dan kalium, terjadi kelelahan pada otot, gangguan saraf, adanya penumpukan hasil metabolisme  di otot, tergangunya oksigenisasi di otot, tidak normalnya sirkulasi darah di jaringan otot. Kram ini biasanya terjadi saat kita melakukan aktivitas fisik dan saat mau tidur.
  

Pengertian penyakit kram ini  adalah terjandinya pengerutan pada otot dan muncul secara tiba – tiba yang bisa menyebabkan nyeri dan bisa terjadi pada otot rangka atau otot polos. Kram ini bisa menyerang siapa saja pria maupun wanita, yang terjadi bisa beberapa detik, menit dan jam. Penyakit kram ini bisa kita cegah dengan sering pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik, memperbanyak konsumsi cairan dan mengkonsumsi makanan yang banyak vitaminya, gizi adapun tips dan trik untuk mengobati kram secara cepat dan tepat diantaranya :


1.      Pijat

Pijat pada anggota badan yang terserang kram dan lakukan pijat ini perlahan – lahan pada anggota badan yang terserang kram, walaupun sakit tetap lanjutkan karena dengan memijat ini bisa meregangkan otot yang megalami pengerutan, lakukan memijat ini sampai kram ini hilang.



2.      Beristirahat

Bila kram ini terjadi saat berolah raga bisa berlari, renang, senam dan lain – lain maka beristirahatlah atau berhenti melakukan aktivitas karena biar otot yang mengalami pengerutan tidak lebih parah.



3.      Kompres Dengan Air Hangat

Bila kram ini terjadi waktu cukup lama maka bisa dikompres dengan air hangat biar otot yang mengalami pengerutan bisa reda dan melemas. Bila hal ini sudah dilakukan dan masih tetap kram maka bisa direndam dengan air hangat dalam kurung waktu sekitar 20 menit.



4.      Memberi Rangsangan Panas

Bila rasa kram ini masih melekat di anggota tubuh ini bisa dihilangkan dengan balsem atau obat urut  dengan cara oleskan pada anggota tubuh yang terkena kram.



5.      Lakukan Gerakan Kecil

Disaat rasa nyeri yang disebabkna kram ini sudah mulai berkurang maka lakukan gerakan – gerakan keci misal bila terjadi di kaki maka gerakan jari kaki secara berlahan – lahan secara bertahap yang bertujuan untuk menghilangkan kram.   
ARTIKEL TERKAIT