5 Tips Dan Trik Mengusir Lalat Dengan Alami


image : everydayroots.com
Lalat salah satu hewan yang menggagu kenyamanan kita dalam kehidupan sehari – hari dan lalat ini adalah sumber penyakit yang dimana suka menepel – nempel dimana – mana yang menjadikan bahanya lalat ini bila lalat ini menempel di pengurainyan terahir sepeti bangkai, kotoran, buah yang busuk dan lain – lain setelah itu menempel dimakanan yang sering kita konsumsi. Lalat ini juga bisa dikatakan musiman waktu bermunculanya yaitu musim penghujan lalat banyak sekali jumlahnya dibanding musim kemarau akan tetapi lingkungan yang kotor juga mempengaruhinya. Sekarang banyak produk – produk  kimia yang beredar untuk membasmi atau mengusir lalat ini untuk masalah harga juga bervariatif tergantung kwalitasnya.
  

Lalat ini sebenarnya sejenis serangga dari ordo diptera yang berasal dari kata yunani yang berarti Dua Sayap, lalat ini juga tidak mempunyai gigi walaupun sukanya menghigap di makanan karena lalat ini memakan makan yang cair dan butir – butir kecil seperti serbuk sari. Lalat ini berkembang biak dengan bertelur yang tentunya setelah dibuahi oleh lalat jantan dan untuk membedakan lalat jantan dan betina ini adalah waktu proses hubungan intim yaitu lalat jantan selalu diatas tubuh lalat betina. Lalat ini selain bisa di basmi dan diusir dengan bahan – bahan kimia juga bisa diusir dengan bahan – bahan alami diantaranya :


1.      Air Yang Dikantongi Plastik

Cara ini memang sangat klasik dan kita sering menjumpai di warung – warung dengan cara plastik putih yang diisi air dan ditali setelah itu digantungkan di atas makanan teryata cara ini juga efektif karena mata lalat ini tidak sama dengan mata kita dan mata lalat ini bila melihat air yang digantung dengan dibungkus plastik dan terkena pantulan cahaya ini bisa membingungkan pandangan lalat ini sehinga mata lalat tidak bisa fokus dan membuat binggu sehinga lalat pergi menjauh.



2.      Daun Pandan

Daun pandan ini selain bisa untuk pelengka suatu bahan masakan juga efektif sekali untuk mengusir lalat dengan cara siapkan daun pandan yang segar dan potong menjadi beberapa  setiap helai daun pandan ini dan taruh di mangkok atau piring dan taruh di tempat yang menjadi hingapan lalat atau di sekitar makanan maka lalat akan pergi dengan sendirinya karena aroma yang ditimbulkan daun pandan ini tidak disukai lalat.



3.      Air Cengkeh

Air cengkeh ini juga efektif untuk mengusir lalat ini dengan cara ambil cengkeh yang kering dan air setelah itu letakan di mangkok setelah itu remat – remat cengkeh dengan air setelah air berubah menjadi kecoklatan dalam mangkok maka letakan di tempat yang menjadi hingapan lalat atau di sekitar makanan maka lalat akan menjauh karena aroma cengkeh ini tidak disukai lalat.



4.       Tanaman Daun Kemangi

Daun kemangi ini selain bisa untuk pelengkapan masakan dan obat herbal teryata bisa untuk mengusir lalat dengan cara tanamlah daun kemangi ini sebagai pagar rumah dengan aroma yang ditimbulkan daun kemangi ini dapat mengurangi dan mengusir lalat yang inggin masuk kerumah.



5.      Bunga Lavender

Bunga lavender ini juga memiliki bentuk dan warna yang menarik selain bisa mengusir nyamuk juga bisa mengusir lalat dengan cara beli seikat bunga lavender dan taruh di gelas yang besar dan dikasih air separuh lalu taruh bunga lavender tersebut dan taruh di tempat yang menjadi hingapan maka lalat akan hilang dengan sendirinya karena aroma buga tersebut tidak disukai lalat.

                 
ARTIKEL TERKAIT