6 Tips Dan Trik Mengusir Nyamuk Dengan Bahan Alami


image : www.ars.usda.gov
Nyamuk memang sangat menggagu dalam kehidupan sehari - hari, bila sampai mengigit kulit maka akan terasa sakit seperti dicubit dan menimbulkan gatal sehingga bisa membuat melepuh kecil dikulit. Nyamuk ini bisa dikatakan datangnya musiman yaitu pada waktu musim penghujan tiba maka jumlah nyamuk ini bisa berlipat dari pada musim kemarau, tidak hanya itu saja yang bisa mempengaruhi bermunculan nyamuk dalam jumlah banyak akan tetapi faktor  lingkungan yang kotorpun bisa mepengaruhi. Nyamuk ini suka tempat yang bergenangan air seperti di selokan, kamar mandi yang kotor dan di baju yang digantungkan.
 

Nyamuk ini adalah salah satu serangga yang mempunyai ciri berkaki 6 dan bersayap dua yang bersisik, tubuh yang langsing, nyamuk yang suka menghisap darah itu adalah jenis nyamuk betina karena membutuhkan protein, nyamuk betina ini mempunyai ciri yang mulutnya yang agak panjang dan tajam sehinga bisa untuk menembus kulit sedangkan Nyamuk jantan ini sukanya hidup di air yang mengenang dan sukanya memakan jentik – jentik nyamuk lain, tapi yang namanya nyamuk ini dimanapun ia berada di pasti mengaggu tapi sudah banyak produk –produk kimia yang sangat efektif untuk membasmi nyamuk ini akan tetapi bila hal ini dibiarkan cukup lama maka akan mengagu kesehatan keluarga kita, alangkah baikya mengusir atau membasmi  nyamuk ini dengan bahan – bahan yang alami diantaranya sebagi berikut ini ..?


1.      Dnua Kemangi

Caranya sangat mudah yaitu ambil daun kemangi secukupnya yang masih segar dan taburkan di area kamar yang anda inggin bersihkan dari ganguan nyamuk, karena nyamuk ini tidak suka dengan aroma yang ditimbulkan oleh daun kemangi ini.



2.      Bunga Krisan

Bunga krisan ini juga efektif untuk mengusir nyamuk karena baunya dan efektif sekali bila anda tanam di pigir rumah sebagi pagar.



3.      Kulit Buah Jeruk

Buah jeruk ini mepunyai rasa yang manis dan setelah mengupas kulitnya maka jangan buang karena kulit buah jeruk ini bisa mengusir nyamuk dengan cara kumpulkan kulit jeruk ini dalam satu wadah yang lebar dan taruh di tempat yang menjadi sarang nyamuk maka tidak lama nyamuk pasti pergi dengan sendirinya karena bau senyawa kulit jeruk ini tidak disukai nyamuk.



4.      Air Daun Serai

Daun serai ini selain bisa dimanfaatkan untuk masakan juga bisa untuk mengusir nyamuk dengan cara ambil daun serai segegam jari tangan dan bersihkan setelah itu haluskan bisa diblender dan campurkan air sedikit setelah itu saring dan ambil airnya untuk digunakan mengusir nyamuk dengan cara percikan airnya di area kamar, karena nyamuk ini juga tidak suka dengan aroma daun pandan ini.



5.      Bunga Lavender

Bunga lavender ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk dengan cara beli seikat bunga lavender dan taruh di gelas yang besar dan dikasih air separuh lalu taruh bunga lavender tersebut dan taruh di kamar maka nyamuk akan hilang dengan sendirinya karena aroma buga tersebut tidak disukai nyamuk dan buga lavender ini juga digunakan sebagai bahan pembuatan produk pengusir nyamuk.



6.      Minyak Kayu Putih

Caranya siapkan minyak kayu putih yang cair dan oplos dengan air setengah gelas setelah itu kocok – kocok sampai rata setelah rata tuangkan pada botol yang ada seprotnya dan gunakan untuk menyemprot kamar atau ruangan lainya maka nyamuk akan pergi dengan sendirinya karena nyamuk ini tidak suka dengan aroma kayu putih ini.

         
ARTIKEL TERKAIT