6 Tips Dan Trik Mudik Lebaran Idul Fitri


www.seratu.com
ILUSTRASI ARUS MUDIK LEBARAN

Saat hari puasa ramadhan sudah mendekati hari lebaran sekitar kurang satu minggu ini jalan raya sudah mulai berjejalan kendaraan mulai dari kendaraan sepedah motor, mobil pribadi, dan kendaraan umum ini sering disebut arus mudik lebaran idul fitri. Mudik lebaran ini sudah menjadi tradisis tahunan dan seorang yang mudik ini mempunyai tujuan untuk silaturahmi keluarga dan sanak keluarga dan teman di kampung halaman. Situasi arus mudik ini sangat ramai sekali dan harus mematuhi rambu – rambu lalulintas agar selamat dalam perjalan dan sampai tujuan ….   aminnnn. 
 
Mudik ini memanglah harus penuh dengan persiapan yang matang dan jauh – jahu hari sudah dipersiapkan segala sesuatunya agar di saat mudik lancar dan aman. Bagi pemudik terutama supir bisa supir kendaraan umum, mobil pribadi dan sepedah motor ini haruslah mempersiapkan diri mulai dari fisik dan psikis karena supir ini bertanggung jawab atas keselamatan penumpang, sebenarnya ada tips dan trik mudik lebaran biar lancar, aman, selamat sampai tujuan diantaranya :

1.      Persiapan Barang Bawaan
Barang bawaan ini haruslah dicek mulai barang yang akan dibawa bila perlu buat daftar barang yang akan dibawa mulai yang penting dan setengah penting dan mengkondisikan barang dengan kendaraan apa yang akan dibawa ini akan mempermudah kita untuk berkendara dijalanan.

2.      Persiapan Fisik Dan Psikis
Persiapan kesehatan fisik dan psikis ini sangat perlu disiapkan karena akan berpengaruh di jalan raya, bila perlu cek kondisi kesehatan di dokter. Pemudik khususnya supir ini bila perjalanya jauh bila perlu tidak usah puasa dan bawa bekal makanan dan minuman yang secukupnya karena sewaktu – waktu lapar bisa lasung makan. Bila mau berangkat sebaiknya malam jangan bergadang.

3.      Persiapan Kendaraan
Kendaraan ini juga sangat perlu persipan untuk mudik bisa mulai ban, rantai, oli, mengencangkan baut yang kendor, cek lampu dan kelengkapan surat – surat sepedah, bila semua sudah maksimal maka jangan ngebut – ngebut di jalan karena situasi dijalan sangat ramai dan jangan lupa mengisi penuh bahan bakar.

4.      Persiapan Alat Komunikasi
Alat komunikasi atau HP ini sangat penting diperjalan terutama HP yang ada GPS karena sewaktu – waktu jalan yang berubah rute dan jangan lupa catat nomer – nomer penting seperti sat lantas , rumah sakit, keluarga dan teman ini untuk menjaga – jaga bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dan jangan lupa ces batrei sampai penuh dan bawa power bank.


5.      Persiapan Obat – Obatan, Makanan Dan Minuman
Persiapan obat – obatan ini juga harus diperhatikan karena juga perlu sewaktu – waktu bila diperlukan seperti obat masuk angin, pusing  dan jangan lupa siapkan obat untuk anak – anak. Untuk makanan ini juga penting sebaiknya bawa makanan yang secukupnya jangan sampai sisa dan untuk minum sebaiknya minum air putih.

6.      Berdoa
Bila semua sudah dilakukan mulai no 1 sampai 5 ini maka sebelum berangkat berdoa dulu agar selamat di jalan dan sampai tujuan dengan selamat pula.




ARTIKEL TERKAIT