7 Tips Dan Trik Cara Berbuka Puasa Yang Benar , Tepat Dan Agamis


www.seratu.com
ILUSTRASI
Berbuka puasa memang sangat dinantikan bagi umat islam yang lagi menjalankan puasa dan menyegerakan berbuka puasa ini sangat dianjurkan oleh agama dan praktisi kesehatan karena tubuh ini segera akan terpenuhi akan kebutuhanya. Saat berpuasa seakan – akan kita membayangkan akan memakan semua makanan yang tersedia diatas meja makan pada saat datangnya waktu berbuka teryata ini agapan yang tidak benar seharusnya saat berbuka puasa haruslah memakan makanan yang lembut dan manis dan dalam porsi yang sewajarnya jangan sampai menuruti nafsu makan.
  
Berbuka puasa ini sebaiknya haruslah memilih makanan dan minuman yang lembut dan manis dan sebelum memakan makanan lebih baikya meminum air  tawar baru menimun yang manis setelah ini memakan makanan sebaiknya yang berkuwah yang tidak pedas agar proses dalam mencernanya mudah dan baik untuk kesehatan pencernaan. Sebenarnya ada tips dan trik berbuka yang benar dan tepat dan sesuai anjuran agama diantaranya sebagi berikut ini :

1. Berdoa
Berdoa didalam berbuka puasa ini sangat peting karena makanan yang akan kita makan biar barokah adapun doanya ”Allaahummalaka shumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu dzahaba zhomau wa abtal-latil ‘uruuqu wa tsabatal ajru insyaaa Allaahu ta’alaa birohmatika yaa arhamar-rohimiin.”     

2. Menyegerakan Buka
Saat terdegar adzan magrip maka segeralah berbuka dan dahulukan minum air dan setelah itu minumlah yang manis bisa jus dan jangan minum yang digin karena setelah itu nafsu makan akan berkurang sehinga kita malas untuk memakan makanan.

3. Perbanyak Cairan
Saat berbuka sebaiknya perbanyak cairan karena saat berpuasa tubuh kita banyak kehilangan cairan dan untuk mengembalikan cairan yang hilang bisa mengkonsumsi jus buah dan sayur dan hindari jus yang dingin.

4. Hindari Makanan Yang Berat Dan Padat
Saat berbuka puasa sebaiknya makanlah yang ringan seperti sayuran dan untuk memakan berat dan padat seperti daging sebaiknya mengkonsumsi saat sehabis solat tarawih karena sistem pencernaan sudah bekerja normal.

5. Stop Memakan Makanan Terlalu Kenyang
Saat berbuak puasa ini dianjurkan untuk memakan makanan dalam jumlah sedang jangan berlebih bila perut merasa masih lapar maka gantilah memakan cemilan untuk menghilangkan rasa lapar, bila inggin makan yang kenyang sebaiknya  dilanjutkan sehabis solat tarawih.

6. Kunyah Dan Makan Secara Perlahan – Lahan
Saat berbuka puasa sebaiknya lakukan dengan perlahan – lahan, santai dan kunyah sampai lebut  karena sangat baik sekali untuk sistem pencernaan  dan mempermudah untuk memprosesnya.

7. Doa Penutup Makan
Setelah selesai makan dan minum maka sebaiknya mengucap syukur Alhamdulillahirobbil'alamin

ARTIKEL TERKAIT