Makanan Yang Baik Dan Sehat Untuk Buka Dan Sahur Di Bulan Ramadhan


www.seratu.com
ILUSTRASI
Sebentar lagi puasa mengingatkan kita pada ibu kita yang tiap hari memasak pada bulan puasa yang dimana ibu selalu kebingungan mau masak menu apa untuk disajikan pada saat mau berbuka dan saur, Ibu mengangap kalau makanan  saat  puasa entah berbuka atau sahur ini kalau tidak cocok maka anak – anaknya malas untuk makan khususnya saat sahur. 


Makanan memang memiliki ciri khas masing – masing contohnya masakan ada yang manis, pedas, sedap dan hambar apalagi makanan yang dari buah tentunya memiliki rasa yang bermacam – macam dan bentuk tentunya kandungannya pun berbeda pula. Nah saat kita melakukan puasa tentunya jangan makan sembarangan saat berbuka dan saur karena dapat membahayakan kesehatan terutama kesehatan pencernaan karena puasa ini tidak makan dan minum selama  kurang lebih 15 jam dan kita harus memilih jenis makanan yang baik dan sehat  untuk kesehatan terutama kesehatan pencernaan diantara sebagai berikut ini.
                                                                                                                              Jenis Buah Yang Baik Dan Sehat Untuk Berbuka Dan Sahur Pada Bulan Puasa

    1. Buah Jeruk
     Buah jeruk ini banyak mengandung beberapa vitamin terutama vitamin C, serat  dan banyak kandungan lainya yang dapat diproses oleh tubuh menjadi energi sehingga dapat menyuplai dan mengati  energi  yang hilang  setelah dan sebelum melakukan puasa.

     2. Buah Pisang Matang
    Buah pisang ini selain rasa yang manis dan mempunyai tekstur yang lembut tentunya banyak kandungan yang terdapat didalamnya seperti vitamin B6 dan C yang tentunya juga terdapat serat. Buah pisang ini juga memberi rasa kenyang yang cukup lama karena 1 buah pisang masak mengandung 24 gram karbohidrat.

     3. Semangka
   Buah semangka ini juga banyak mengandung air yang tentunya dapat mengganti dan menyuplai  cairan saat puasa sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

     4. Kurma
    Kurma ini selain mempunyai rasa yang manis dan sering menjadi oleh – oleh makanan disaat bulan puasa ternyata kurma ini juga mengandung 90 gram karbohidrat setiap setengah cangkirnya dan serat, vitamin, tentunya juga sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

      Untuk konsumsi buah – buahan ini masih banyak jenisnya seperti buah apel, strobery, kiwi dan lain – lain.

     Jenis Makanan Yang Baik Dan Sehat Untuk Sahur Dan Berbuka

     1. Kentang
     Kentang ini bisa diolah dengan berbagai cara bisa di rebus atau digoreng dan kentang ini juga mengandung serat, vitamin B6, C, zat besi dan kaya karbohidrat. Kentang ini bisa untuk  dikonsumsi di bulan puasa ramadhan.

     2. Roti Gandum
    Roti jenis gandum ini banyak mengandung karbohidrat, vitamin, mineral, serat yang tentunya sangat baik sekali untuk pencernaan saat kita puasa

     3. Sayuran
     Sayuran ini terutama yang berwarna hijau bisa bayam, sawi, gubis dan lain – lain ini sangat baik sekali untuk pencernaan kita di saat bulan puasa.

     4. Beras Merah
    Beras merah ini banyak mengandung karbohidrat kompleks dan serat dan ini sangat baik untuk dikonsumsi saat bulan puasa dan bisa untuk proses diet.

   Sebelum anda memakan makanan ini sebaik berdoa dulu biar makanan dan puasa kita menjadi sempurna dan barokah.          


ARTIKEL TERKAIT