6 Tips Dan Trik Agar Si Kecil Atau Sibayi Lancar Berbicara


www.seratu.com
ILUSTRASI

Sikecil atau bayi yang masih umur sekitar 1 sampai 2 tahun haruslah sudah bisa berbicara dengan beberapa kata dan di usia segitu merupakan bayi yang imut - imutnya yang sering di ngoceh sendirian apa lagi bila ada yang mengajaknya bicara pasti sikecil juga menjawabnya walaupun tidak jelas apa yang diucapkanya dan bagi orang dewasa apa bila melihat si kecil ngoceh sendirian merupakan kesengan tersendiri. Semua bayi atau sikecil memang tidak sama dalam hal perkembang dalam hal berbicara ada yang berbica jelas dan samar – samar.
  
Si kecil atau bayi bila mengalami keterlambatan dalam hal berbicara pasti ada sebabnya tidak lain orang tuanya sendiri diantaranya jarang mengaja berbicara padahal bila sikecil ini sering diajak bicara walaupun tidak mengerti apa yang kita bicarakan namun si kecil ini mengigatnya dan kadang sering mengunakan kata – kata yang sering kita ucapkan maka dari itu sebaiknya kalau berbicara didepan atau mengajarkan kata – kata yang baik. Kurangnya interaksi dengan kehidupan luar ( tetangga ) ini juga salah satu faktor yang penting juga dalam melancarkan berbicara yang dimana kehidupan diluar ini akan menambah kosakata yang baru asal jangan diajarin kata – kata yang jelek, namun jangan khawatir karena ada tips dan trik agar si kecil atau bayi ini lancar berbicara diantaranya :

1.  Mengajarkan Kata – Kata Yang Jelas Dan Sesuai Tulisan
Hal ini juga perlu karena sikecil atau sibayi ini bila dalam hal memberi contoh saja sudah keliru maka akan terlatih dengan kekeliruan tersebut sebagai contoh minum bukan mik atau num, ayah bukan yah dan seterusnya.

2.   Hindari Bermain Gadget Dan Nonton TV
Hal ini juga berpengaruh karena anak tersebut akan pasif karena sudah nyaman dan tidak perlu dengan hal lain, dan juga mempengaruhi kurangnya ketertarikan dengan lingkungan sekitar dan lebih suka diam saat ada di lingkungan luar.

3. Sering Ketemukan Dengan Seusia Sebayanya
Hal ini juga perlu agar si bayi atau si kecil dapat mengembangkan komunikasi sebayanya.

4.  Sering Mengajak Bicara
Hal ini juga penting karena bila kita sebagai orang tua yang dimana sering mengajaknya bicara walaupun si kecil tak merespon tapi si kecil ini menyimpan kata – kata tersebut untuk menambah kosa katanya.

5. Mengulangi Kata – Kata Dan Menungu Respon Si Bayi
Hal ini juga perlu karena bila kita sering mengulang kata – kata maka si bayi atau sikecil ini mudah untuk menirukan dan beri waktu si kecil untuk menirukan kata – kata tersebut atau membibinya untuk mengucapkan kata – kata tersebut.

6. Konsultasi Ke Dokter Spesialis Dan Penuhi Asupan Untuk Otot
Hal ini juga perlu karena bila kita sudah lakukan semua yang diterangkan diatas kok tetap hasilnya kurang maksimal maka konsultasilah ke dokter spesialis anak dan jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan asupan otot si kecil.    
ARTIKEL TERKAIT