6 Tips Dan Trik Cara Menghemat Tabung Elpiji


www.seratu.com
TABUNG ELPIJI 3 KG

Memasak merupakan runtinitas sehari – sehari yang dimana tak lepas dengan api, dulu memasak sering mengunakan kayu bakar yang dimana mencari kayu bakar ini bisa beli dan mencari di kebun, ladang dan halaman belakang, bila kayu bakar ini sudah kering tinggal membakarnya di tempat pembakaran istilah jawa luweng, pawon dan lain – lain, tapi lain pada zaman sekarang yang dimana zaman sudah maju ini kita sudah pratis dalam memasak terutama untuk pengapaian yaitu mengunakan kompor berbahan gas elpiji.
  
Pada era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) DAN H. M. Yusuf Kalla ini dibagikan kompor dan tabung elpiji secara gratis dan masih dipakai sampai sekarang ini sehingga mempermudah dan mempercepat didalam proses memasak dengan ukuran tabung elpiji 3 kg dan satu kompor elpiji, namun seiringya waktu harga elpiji ini naik turun dan kadang sering telat didalam menstribusikan tabung elpiji ini, sehingga masyarakat kelas menegah kebawah ini harus pintar – pintar didalam mengunakan tabung elpiji ini dalam artian harus bisa menghemat gas elpiji ini tidak hanya itu saja banyak usaha – usaha yang bergerak dibidang makanan ini berhenti sampai gulung tikar akibat ketelatan elpiji, maka dari itu mari kita mulai diri sendiri ini menghemat pemakain gas elpiji. Berikut ini tips dan trik cara menghemat tabung elpiji dianatranya sebagai berikut ini :

1.  Memasak Dengan Porsi Yang Pas
Memasak jangan dengan porsi berlebih dalam artian bila memasak kita perkirakan satu hari ini habis sehingga kita dalam pemakain kompor elpiji ini bisa tepat guna sehingga massa pemakaian tabung elpiji ini bisa lebih lama.

2. Gunakan Selang Dan Regulator Yang Berkwalitas Baik
Bila tabung elpiji ini mengunakan selang dan regulator yang baik ini maka bisa meminimalis kebocoran gas yang dimana bila kita mengunakan regulator yang kwalitas jelek maka dalam pertama menganti tabung elpiji sering gagal dan kita kerap mengulangi lagi sehingga banyak gas elpiji  ini sering terbuang percuma.

3.  Jangan Gunakan Volume Api Besar
Saat memasak sebaiknya jangan gunakan volume api yang tinngi karena disaat memasak sebenarnya membutuhkan proses, tidak bisa mengunanakan api yang besar dan lasung matang akan tetapi gunakan api pada volume sedang karena dengan volume yang sedang ini bisa menghemat tabung gas elpiji dan untuk matangnya makanan ini lebih maksimal.

4.  Sering Merawat Kompor
Merawat kompor ini juga penting yang dimana pada intinya membersihkan kompor yang dimana alat kompor yang digunakan untuk mengluarkan api ini sering tersumbat akibat seiringnya kita pakai sehingga mempengaruhi keluarnya api, bila kita sering merawat kompor ini maka api yang dikeluarkan juga lebih maksimal sehingga pengunaan gas elpiji ini lebih efektif dan tepat guna.

5.  Sering Memakai Penutup Masakan
Memsasak jangan lupa untuk menutupi masakan karena mempercepat masakan cepat masak sehingga bisa menghemat gas elpiji.

6. Mengunakan Peralatan Masakan Yang Berbahan Tipis
Didalam peralatan memasak sebaiknya harus mencari bahan yang tipis dan mempunyai kwalitas yang baik karena peralatan yang berbahan tipis ini mempercepat proses masak sehingga bisa menghemat gas elpiji.
ARTIKEL TERKAIT