7 Tips Dan Trik Membersihkan Kulkas Dengan Singkat


www.seratu.com
ILUSTRASI
Kulkas memang salah satu tempat yang dimana mempunyai fungsi sebagai penyimpanan makanan, minuman,  buah , sayur bahan makanan sampai – sampai obat - obatan karena dikulkas ini mempunyai suhu dingin yan bisa diatur sehingga makanan tersebut bisa awet lama, tidak mudah busuk dan terjaga kebersihanya. Akan tetapi kulkas ini juga perlu perawatan karena bisa mempengaruhi kwalitas isi yang dalam kulkas dan kulkas ini bila kurang perawatan bisa mempengaruhi kesehatan makanan yang ada didalamnya.
  

Kulkas atau yang sering disebut lemri es ini sudah banyak yang memiliki dan banyak sekali produk dan jenis sedangkan untuk harga juga bervariasi. Kulkas ini juga sering rusak bisa masalah yang serius yaitu di Freon dan adaptor dan ini biasanya yang mempengaruhi kerusakanya adalah arus listrik yang tidak setabil akan tetapi sekarang sudah banyak teknisi lemari es atau kulkas. Kulkas ini sangat mudah perawatanya asalkan kita juga sering merawatnya dalam segi yang sekecil apapun  misal bila kita menaruh minuman dan minuman tersebut tumpah didalam kulkas maka secepat mungkin kita harus membersihkan dengan cara dilap memang ini kelihatanya sepele tapi bila kita biarkan bisa berakibat fatal seperti pencermaran bau dikulkas, noda kerak dan  bisa mempengaruhi kesehatan makann lain yang ada dikulkas. Adapun tips dan trik mebersihkan kulkas atau lemari es ini dengan singkat diantaranya sebagai berikut ini :


1.      Siapkan Peralatan Pembersih

Sebelum membersihkan kulkas alangkah baiknya mempersiapkan perlengkapanya dan tak lupa untuk mematikan daya kulkas dan diamkan cukup lama agar bunga es juga mudah dibersihkan jangan lupa membuka pintu kulkas, sedangkan perlengkapan untuk pembersih kulkas diantaranmya kain lap yaitu untuk membersihkan dan kain lap untuk mengeringkan serta keset dari kain untuk diletakan di bawah depan kulkas untuk menampung air yang jatuh kebawah lantai, sikat gigi bekas sedangkan untuk cairan yang digunakan untuk mencuci kulkas ini bisa anda buat sendiri dengan cara siapkan baskom, cuka dan air untuk perbandingan cuka dan air yaitu 1 : 1.



2.      Bersihkan Isi Dalam Kulkas

Sebelum melakukan pemebersihan secara menyeluruh maka keluarkan isi dalan kulkas seperti sayuran, minuma, buahan, daging dan lain – lain. Jangan lupa taruh semua itu di tempat yang bersih dan seteril.



3.      Proses Pembersihan

Setelah isi barang keseluruhan sudah dikeluarkan maka bersihkan dalam kulkas dulu mulai dari atas kebawah dengan cairan cuka yang dibuat tadi dengan cara celupkan kain dan lap keselurun dalam kulkas setelah selesai jangan lupa untuk mengati filter air dalam kulkas setelah itu bersihkan luar kulkas terutama pegangan pintu. Untuk bekas kotoran yang mengerak yang ada di dalam kulkas bisa mengunakan sikat bekas tadi.



4.      Pengeringan

Setelah proses pembersihan selesai maka keringkan bisa mengunakan lap kering dan seteril agar proses pengeringan cepat kering dan utuk membersihkan noda yang masih melekat.



5.      Membersihkan Rak

Sambil menuggu kering kulkas ini maka bersihkan rak – rak yang bisa dilepas dengan cairan cuka bisa juga dengan cairan disinfektan dan rendam beberapa saat setelah itu sikat degan pasta gigi bekas setelah itu bersihkan dengan air bersih.



6.      Penempatan Rak Kulkas

Setelah dalam kulkas kering maka taruh kembali rak – rak kulkas ke tempet semula



7.      Finising

Setelah penempatan rak – rak kulkas selesai maka taruh isi kulkas di tempat semula tapi sebelumnya cekup dan bersihkan dulu makanan atau minuman yang rusak untuk tidak dimasukan kedalam kulkas setelah selasai cekup dan pembersihan barang maka taruh semua barang pada katagori tempat dalam kulkas.        
ARTIKEL TERKAIT