Persiapan Apa Yang Harus Disiapkan Sebelum Prosesi Pernikahan ?


www.seratu.com
RESEPSI PERNIKAHAN
Menikah salah satu momen yang sangat penting bagi individu calon mempelai pengantin yang dimana pernikahan ini memdambakan pernikahan seumur hidup sekali yang tentunya berjalan dengan gembira, meriah dan sukses tanpa ada kekurangan satu pun. Mungkin bila melihat atau menghadiri suatau prosesi pernikahan kita sering melihat bahwansanya hanya begitu – begitu saja acaranya, bagi yang belum  mengalami proses pernikahan ini pasti membayangkanya sangat mudah, padahal di acara yang singkat itu banyak sekali persiapan yang harus dilakukan sebelum proses pernikanhan dilakukan ada yang sampai berbulan – bulan adapun yang hitungan minggu sampai hitungan hari tapi itu semua tergantung acara yang dibuat mulai dari yang mewah sampai sederhana.


            Persiapan pernikahan di zaman sekarang ini juga mudah yaitu tinggal memperkerjakan EO ( event organizer ) yang dimana bila kita tak mau ribet – ribet untuk mempersiapan semua keperluan acara yang dibutuhkan sebelum atau saat prosesi pernikahan, tapi biasanya para calon pengantin ini juga lebih senang untuk mempersiapan acara resepsi pernikahan ini dengan sendiri tanpa bantuan EO karena selain untuk mengirit biaya juga lebih mantap dan puas karena hasil kerja keras sendiri. Sebenarnya ada poin – poin yang wajib yang harus dipersiapakan sebelum prosesi pernikahan ini berlasung dan berikut ini persiapan yang harus dilakukan sebelum prosesi pernikahan berlasung berdasarkan pengalaman pribadi dan sebagai panitia prosesi pernikahan :

1. Persiapan Fisik Dan Mental
Persiapan fisik dan mental kedua calon pengatin ini harus terjaga karena bila tidak maka sangat mengagu sekali dalam berlasungnya prosesi pernikahan ini, untuk persiapan fisik ini bisa dimulai dari hindari bergadang, berolah raga yang ringan secara rutin dan jangan berpergian jauh dulu dan lain - lain, sedangkan untuk persiapan mental ini bisa dimulai dengan beribadah dan berdoa, minta sarang kepada kerabat atau teman yang sudah menikah agar kita tahu sehingga beban untuk acara pernikahan ini bisa terjawab dan menjadikan mental kita lebih siap dari sebelumnya.

2. Mempersiapkan Angaran
Mempersiapkan angaran ini sangat penting yang dimana dalam prosesi pernikahan ini pastilah memerlukan dana yang tidak sedikit apa lagi bila acaranya sangat mewah, tapi sebelum mepersiapkan angaran ini kita hurus tahu konsep pernikahan kita dalam artian pernikahan ini dilakukan di gedung atau di rumah sendiri dan keperluan lainnya sehingga kita bisa memperkirakan berapa dana yang harus dipersiapkan, nah dalam menghitung angaran dana ini haruslah detil karena biar tak ada dana yang membengkak dan siapkan dana untuk pembengkakan yang tak terduga.

3. Mempersiapkan Kepanitian Pernikahan
Persiapan kepanitian pernikahan ini haruslah ditata agar proses pernikahan ini bisa berjalan sukses sedangkan kepanitian yang dimaksut disini adalah kepanitian mulai dari :

    -Panitia Traspotasi
Panitia ini hanya bertugas untuk menata parkir dan jalan agar acara resepsi ini berjalan dengan lancar dan juga untuk meminimalis tindak kriminal.

    -Panitia Dokumentasi
Panitia ini hanya bertugas mengambil momen – momen penting selain kita juga menyewa fotografer agar semua momen ini bisa didokumentasikan secara lengkap mulai dari acara prewedding, ijab qobul sampai acara prosesi pernikahan.

     -Panitia Konsusmi
Panitia ini bertugas hanya berurusan dengan dapur dan makanan bila acara pernikahan ini berlasung tugasnya hanya mengambil, menata makanan dan membersihkan wadah dan bekas minuman yang tercecer di acara pernikahan  berlasung, juga menyajikan cemilan atau makanan ringan bila ada selian itu kita harus menyiapkan juru masak juga.

     -Panitia Undangan
Panitia ini hanya bertugas mencarikan undangan dan mendistribusikan undangan pernikahan ke pada keluarga dan teman dan undangan ini harus  dibagikan pada hari H – 4 dan pada hari H – 3 sudah selesai dibagikan.

     Catatan : selain kepanitian yang tertera diatas kita juga harus menyiapkan bagian pengisi acara, bagian doa dan lain – lain.

4. Persiapan Dekorasi Dan Musik
Persiapan dekorasi dan musik ini biasanya sudah banyak disewakan tingal kita memilih atau mengiginkan dekorasi dan musik yang bagaiman itu semua tergantung kita.      

5. Persiapan Baju Dan Mek Up
Persiapan ini juga harus sudah disiapkan jauh – jauh hari biasanya persiapan untuk baju ini bisa beli sendiri atau menyewa baju dan mek up ini sudah satu paket tergantung kita mengiginkan yang bagai mana.
ARTIKEL TERKAIT