4 Pertolongan Pertama Untuk Asma Yang Kambuh

image : www.dailymail.co.uk
Penyakit asma memang sangat menggagu untuk diri sipenderita dan orang yang disekitarnya, sedangkan penyakit asma ini bisa kambuh setiap saat, maka dari itu bagi penderita penyakit asma ini untuk selalu bawa inhalernya ( obat pelega ) yang tentunya untuk dibawa kemana saja agar disaat kabuh ini mudah untuk mengambilnya bisanya inhaler ini di taruh di tas atau di saku celana. Penyakit asma ini bisa menyerang siapa saja dan faktor lingkungan juga berpengaruh misal polusi udara, kadar ozzon yang tinggi dan alergi juga bisa menyebabkan asma ini. Penyakit asma ini juga bisa dikatakan penyakit turunan genetika dari sisilah keluarga yang pernah mengalami penyakit asma.

  
Bernafas yang sulit dan terasa berat dibarenggi batuk – batuk ini bisa dikatan sedang terkena penyakit asma. Penyakit asma ini memiliki pengertian terjadinya peradangan yang kronis di saluran pernafasan. Penyakit asma ini bila tidak tahu penangananya pada saat terjadi serangan penyakit ini sangat bahaya dan bisa menyebabkan kematian maka dari itu bila kita mempunyai saudara atau teman yang terkena penyakit asma ini haruslah tahu cara pertolongan pertama untuk penderita asma ini sebelum terjadinya asma yang serius dan berikut ini cara pertolongan pertama pada penderita asma yang kambuh :

1.  Minimalis Kepanikan
Biasanya bila si penderita asma ini sering membuat orang disekitarnya panik karena melihat si penderita asma ini sulit bernafas atau terasa berat bernafas , batuk – batuk dan kelihatan bingung ini semua bisa menimbulkan kepanikan orang yang disekitarnya kadang terlalu paniknya si penderita ini tak mendapat pertolongan atau telat dalam memberikan pertolongan, bila hal ini terjadi maka sebaikya anda menenagkan orang yang disekitar dan meyakinkan bagi penderita ini agar tetap tenang dan menayakan dimana inhalenya agar segera dihirup dan asma ini cepat lega jangan lupa bila pernafasan penderita asma ini mulai membaik segera pindah ke tempat yang lapang dan terbuka agar sirkulasi pernafasan segera normal kembali.

2. Mencarikan Tempat Terbuka Untuk Mempermudah Menghirup Udara Segar
Sering kali penderita asma ini kambuh bila di tempat yang lebab atau tempat yang dingin, ini biasanya berada di ruangan yang ber AC, bila anda mempunyai teman atau saudara yang kebetulan mengidap asma ini maka segeralah mematikan AC dan membuka pintu lebar – lebar agar udara yang didalam ruangan mudah berganti dengan udara yang baru dan segar supaya asma ini tak kambuh. Bila asma kambuh udara yang baru dan segar tentunya di tempat yang tebuka bisa untuk obat asma yang terasa akan kambuh jangan lupa untuk memposisikan duduk bersandar karena posisi ini sangat melegakan pernafasan di banding dengan posisi tidur terlentang.

3.  Mengingatkan Selalu Membawa Inheler
Inhaler ini merupakan obat yang sekarang dirasa sangat efektif untuk mengobati asma bila kambuh sewaktu – waktu sedangkan inhaler ini mengadung Agonis Reseptorbeta - Adrenergik yang sifatnya hanya meringankan asma. Bila mempunyai teman atau saudara yang menderita asma ini supaya mengigatkan atau bertanya sudah membawa inhaler apa belum ? agar sewaktu – waktu kambuh bisa lasung teratasi.

4.  Bawa Ketempat Medis Terdekat
Bagi penolong penderita asma ini bila segala cara sudah dilakukan mulai membawa ketempat yang terbuka sampai memeberikan inhaler kok tetap saja asmanya tak kunjung selesai juga kelihatan si penderita asma ini semakin loyo dan wajahnya memucat sampai warna wajah berubah membiru juga si penderita asma ini sulit untuk berbicara maka lekas bawa ketempat medis terdekat bila sipenderita asma ini tidak memungkinkan dibawa ke tempat medis terdekat dengan dibopong atau di bonceng dengan sepedah motor maka bisa lasung memangil ambulans atau menaikan mobil dan langsung minta segera ditangani ke dokter tanpa harus mengantri.


ARTIKEL TERKAIT