5 Manfaat Meditasi Secara Umum Dan 7 Cara Bermeditasi Yang Benar


image : www.vancitybuzz.com
Meditasi sangat banyak sekali manfaatnya terutama untuk kesehatan fisik dan metal karena meditasi ini bila sering dilakukan bisa menghilangkan berbagai penyakit fisik seperti tekanan darah tinggi, memperbaiki pencernaan, menunda penuaan dini dan lain sebagainya sedangkan untuk kesehatan mental juga banyak sekali manfaatnya diantaranya untuk mempertajam konsentrasi, berhati sabar dan iklas, selalu berfikir positif dan lain sebagainya. Meditasi ini memang bagi sebagian orang ini dipandang sebelah mata karena dikira hanya membuang – buang watu, mungkin juga belum pernah mencoba dan merasakan khasiatnya atau belum tau cara yang bemeditasi yang benar dan lain sebagainya.


Meditasi ini memang banyak dilakukan orang dewasa karena orang dewasa ini penuh dengan permasalahan yang dihadapi kalau permasalahan ini tidak dihadapi dengan sabar dan iklas maka bisa menambah permasalahan atau penyakit yang baru. Meditasi ini banyak dilakukan di tempat yang sepi dan cara yang sering digunakan dengan duduk bersila dan meletakan tangan di paha sedangkan jam yang bagus untuk meditasi ini sekitar jam 02.00 sampai 04.00 dini hari, mungkin jam segitu terlalu berat dilakukan maka bisa menyesuaikan waktunya. Untuk lebih jelasnya manfaat meditasi dan caranya ini akan kami rangkum lebih detail di bawah ini sebagai berikut :

A.   Cara Meditasi Yang Benar

1.    Mencari tempat yang tenag bisa dialam bebas, bila tak memungkinkan bisa di lakukan di rumah dan cari tempat yang sepi, tenang dan lumayan luas. Catatan usahakan cari ruangan yang bayak vetilasinya supaya angin mudah keluar masuk sehinga menjadikan nyaman
2.  Siapkan pralatan bisa mengunakan alas yang empuk dan lembut, sipakan pakaiyan longar yang tipis dan handuk yang biasanya diletakan di leher atau syal.
3.    Usahakan perut jangan sampai kosong atau lapar dan jangan sampai penuh perut dalam artian tidak lapar dan kenyang atau sedang karena bisa menggagu dalam proses meditasi.
4.    Gunakan alat bantu bisa berupa lilin dan musik. Lilin ini bisa membuat konsentrasi ini pada satu titk saat kita pejamkan mata dan cari lilin yang beraroma terapi, sedangkan untuk musik ini bisa berupa musik klasik atau suara – suara yang ada hubunganya dengan hutan atau musik alam karena bisa mempermudah untuk berkonsentrasi dalam bermeditasi.  
5.    Lakukan meditasi dengan cara duduk bersila usahakan dengan santai dan rileks setelah itu letakan tangan di ujung paha sedangkan bahu mengikuti posisi rileks dengan posisi duduk kita sedangkan kepala bisa menghadap kedepan sedangkan untuk mata ini buka tapi tak sepenuhnya dibukak tanpa menatap sesuatu apapun karena bisa menggangu konsentrasi.
6.    Rilekan semua anggota tubuh mulai otot ujung kaki sampai kepala dan rileks ini jangan dipaksakan tapi biarkan perlahan – lahan untuk proses rilek atau biarkan secara alami.
7.    Atur pernapasan dan pusatkan pikiran di pernapasan supaya permasalahan dan pernak pernik kehidupan ini bisa hilang perlahan – lahan dan alihkan pemikiran ini di tempat – tempat yang menyenangkan dan bisa membuat bahagia.

B.   Manfaat Meditasi Secara Umum   

1.    Menghilangkan Stres
Dalam kehidupan ini banyak sekali beban kehidupan yang harus di tanggung dan ini bisa menyebabkan stres kepanjangan bisa berakibat fatal untuk kesehatan tubuh kita, bila hal ini terjadi pada anda  maka seringlah meditasi agar bisa terhindar dari stres.

2.    Selalu Berfikir Positif
Pemikiran yang sepit dan negatif yang terjadi pada seseorang ini bisa mempenggaruhi pemikiran yang positif sehingga menilai seseorang ini pastilah dengan sepit dan negatif sehingga bisa mempengaruhi hubungan antar sesama, sedangkan pikiran yang negatif ini bisa dibuag atau dihilangkan dengan meditasi.

3.    Menyehatkan Ginjal
Meditasi ini termasuk juga rilaksasi yang dipercaya dapat menyehatkan gijal karena dengan meditasi ini dapat meningkatkan produksi melatonin dan serotonin yang baik sekali untuk kesehatan ginjal.

4.    Mempermudah Konsentrasi
Bagi yang sulit untuk berkonsentrasi ini berdampak pada sulit sekali berfikir masalah sesuatu yang harus diselesaikan atau sedang dikerjakan dan ini bisa menimbulkan malas dan emosi tapi jangan khawatir sering bermeditasi ini teryata memudahkan kita berkosentrasi sehinga mempermudahkan kita untuk berfikir sesuatu yang sedang dihadapi dan menjaga emosi tetap setabil.

5.    Menenangkan Hati Nurani

Bila sering melakukan meditasi ini teryata baik sekali untuk hati nurani yang bisa membuat kita bisa menerima segala sesuatu dengan iklas entah baik atau buruk dalam menjalani kehidupan ini bisa berupa kegagalan dalam berusaha atau bekerja, gagal dalam percintaan, dan lain sebagainya dan akan dihadapi dengan senyuman dan tetap berusaha pantang menyerah setelah sering meditasi ini.
ARTIKEL TERKAIT