7 Tips Cara Merawat Bayi Yang Baru Lahir


www.seratu.com
BAYI BARU LAHIR
     Bayi lahir memang butuh perawatan yang ekstra dan tentunya barang – barang yang seteril yang harus digunakan dalam merawat bayi. Ibu yang pertama melahirkan ini sangat minim pengalaman dan tentunya harus tahu gimana cara merawat bayi yang baru melahirkan alangkah baiknya bila mencari tahu cara merawat bayi yang baru lahir ini bisa konsultasi lasung kepada dokter atau bidan bisa tambah dengan cari di GOOGLE bisa juga mencari nara sumber seperti orang tua kita karena didalam merawat bayi yang baru lahir ini kurang pengalaman sangat bahaya terhadap keberlasungan bayi ini.
  
Sering terbesit di anggan – anggan tetang perihal bayi ini mulai kenapa bayi ini patatnya selalu iritasi saat dipakai popok ?, cara mengendong bayi yang baru lahir ?, berapa kali sehari sebaiknya diberi asi ?, berapa kali sebaiknya bayi ini dimandikan dalam sehari ?, bolehkah bayi ini makan selain asi ini ? dan masih banyak lagi, Memang sih bila didalam merawat bayi sangat minim pengalaman ini bisa membahayakan bagi sibayi. berikut ini tips cara merawat bayi yang baru lahir diantaranya sebagai berikut ini :

1.  Tali Pusar
Saat bayi baru lahir ini pasti ada tali pusarnya dan tali pusar ini pasti sudah dipotong sama dokter atau bidan saat baru lahir tapi masih ada yang melekat di perut bagian udel tapi jangan kita lepas atau dipotong karena lebih baik tali pusar ini bisa lepas sendiri  secara alami tinggal kita sebagi orang tua hanya merawat akan kebersihanya biasanya tali pusar ini bisa lepas sekitar 3 minggu dan jaga tali pusar ini tetap keadaan kering jangan lupa untuk menjaga kebersihanya bisa mengunakan cutton buds.

2.  Indra Penglihatan ( Mata )
Mata ini penting juga untuk diperhatikan dalam merawat bayi karena kebanyakan bayi ini kerjanya hanya menagis dan mengeluarkan air mata dan air mata ini bila sudah kering bisanya mengumpul disekitar pojok kelopak mata dekat hidung dan mengumpal yang sering dinamai tahi mata ( ketep / blobok istilah orang jawa) biasanya berwarna putih kekuningan bila hal ini dibiarkan bisa mengaggu kesehatan mata bayi ini dan cara membersihkanya bisa mengunakan cutton buds yang dibasi dengan air matang.

3.  Kulit Bayi
Kulit bayi ini memang sangat sensitif apa lagi yang baru lahir ini merupakan santapan empuk bagi kuman dan bayi yang baru lahir ini sebaiknya dimadikan satu kali bisa mengunakan waslap basah atau direndamkan dibak karena bayi yang baru lahir ini belum tahan dengan suhu dingin bisa gunakan sabun bayi yang banyak vitamin E dan B5. Biasanya kulit kepala bayi ini ada seperti kerak oleh bidan atau dokter ini sudah memberi obat agar kerak yang ada dikulit kepala bisa terlepas sendiri tapi juga bisa dibatu dengan mengunakan baby oil bisa dengan dipijat dengan perlahan – lahan / cuttond buds dengan sarat diamkan setelah pemberian baby oil selama 20 menitan.

4.  Perawatan Rambut
Rambut ini boleh di sampho dengan sampho khusus bayi yang tentunya banyak mengandung vitamin B5, E dan untuk pemakaian alangkah baiknya 2 minggu sekali. Bisa mengunakan daun seledri untuk merasang pertumbuhan rambut dan cara memberikan sampho ini bisa menyemprotkan lasung kerambut atau mengasih air dalam gelas hanya beberapa tetes sampho juga hindari mata ini dari sampho dalam mengunakannya.

5.  Perawatan Hidung
Hidung ini sering kali kotor atau mengeluarkan ingus pada bayi, cara membersihkanya bisa menyedot dengan mulut ibunya tapi lakukan dengan perlahan – lahan, jangan menyedot hidung bayi ini keduanya dengan bersamaan karena ingus ini bisa naik ke telingga tengah dan bisa menyebabkan infeksi, hindari pemakaian dengan mengunakan cuttond buds karena bisa membuat iritasi hidung.

6.  Saluran Pencernaan
Kerap kali bayi ini membuang kotoran ( tinja ) yang berwarna hitam atau coklat padahal makanya hanya asi kok bisa hitamnya atau coklat ya? Kotoran ( tinja ) ini sebenarnya taka pa – apa karena sistem pecernaan bayi ini belum sempurna.

7.  Sering Muntah ( Gumoh )
Bayi setelah diberi asi ibu ini sering muntah atau gumoh untuk menghindari bayi ini muntah atau gumoh bisa membatunya dengan bersendawa dengan cara memposisikan bayi ini tegak agar mudah mengeluarkan angin.
ARTIKEL TERKAIT