Jenis Makanan Perusak Dna

image : id.wikipedia.org
Sebelum membahas makanan – makanan perusak DNA ini maka perlu diketahui dulu apa yang dimaksut DNA ini ? ialah kepanjagan dari Asam deoksiribonukleat yang mempunyai arti sejenis biomolekul yang menyipan dan menyandi intruksi genetika setiap organisme dan banyak jenis virus yang tentunya sangat penting dalam perkembangan, pertumbuhan dan fungsi organisme juga virus. Makanan yang kita makan setiap hari ini juga mempengaruhi akan DNA ini, bila kita makan sembarangan tanpa memilah dan memilih makanan maka DNA ini akan rusak.


DNA ini teryata bisa rusak akibat fitokimia ( jenis zat kimia atau nutrien dari sumber tumbuhan yang setiap hari kita makan ), tapi tidak semua makanan ini merusak DNA. Maka dari itu sebaiknya hindari makanan yang banyak mengandung fitokimia dan berikut ini jenis makanan yang dapat merusak DNA diantaranya sebagai berikut ini :



1. Mentimun Yang Terasa Pahit
Kadang kita sering makan mentimun ini dengan banyak cara bisa di campur sambal pecel, lalapan, atau dijus dan lain sebagainya, tapi kadang ada mentimun ini yang rasanya pahit tapi tidak begitu pahit bila menemukan kasus seperti ini sebaiknya anda stop mengkonsumsi mentimun ini karena bisa merusak DNA, rasa pahit pada mentimun ini adalah racun yang bisa merusak DNA.

2. Buah Apel Yang Dikeringkan
Buah yang dikeringkan ini juga dipercaya dapat merusak DNA contohnya di buah apel sekarang sudah banyak olahan – olahan buah apel ini yang dikeringkan dan dijual belikan dalam kemasan yang didalamnya apel kering dalam bentuk irisan – irisan tipis apalagi bila produsenya yang nakal ini buah apel yang busuk ini juga dikeringkan dan ditambahi permanis ini bisa merusak DNA sedangkan istilah kesehatanya adalah Pantulin ( mikotosin yang dihasilkan mikroba ).

3. Kacang – Kacangan
Kacang – kacangan ini juga bisa merusak DNA apa lagi bila dikonsumsi secara berlebih khususnya kacang tanah karena di kacang tanah terdapat jamur Aspergillus flavus yang menghasilkan toksin yang bersifat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker serta ganguan kehamilan.

4. Mengkonsumsi Kembang Kol, Kale, Taoge Dalam Keadaan Mentah
Kita sering makan – makan sayuran dalam bentuk mentah dalam artian masih belum diolah dan ini bisa merusak DNA untuk jenis sayuranya seperti kembang kol, kale, taoge karena bila sayuran ini dikonsumsi belum dalam bentuk olahan maka kandungan Isothiocyanate sangat bahaya untuk DNA maka dari itu usahan mengkonsumsi sayuran ini dalam bentuk olahan ( dimasak ).

5. Hindari Pola Makanan Yang Tetap
Rutin memakan makanan sejenis dalam setiap hari ini juga tidak baik untuk DNA karenaDNA ini akan berkembang dan tersusun baik bila kita makan bergonta – ganti menu makanan setiap hari dan hindari makan yang tertera diatas.
ARTIKEL TERKAIT