Jenis Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Disaat Ibu Menyusui


image : id.wikipedia.org
Ibu menyusui ini juga harus memperhatikan pola makan karena akan mempengaruhi kwalitas Asi dan untuk jangka panjang tentunya sangat mepengaruhi keberlasungan kesehatan bayi. Ibu muda yang baru mempunyai buah hati ini tentunya juga binggung akan jenis makanan yang seharusnya dikonsumsinya dalam artian jenis makanan apa ? dan berapa jumlah sekali konsumsi ? karena kebanyakan mereka masih 0 dalam pengetahuan tentang merawat dan menyusui bayi dan kebanyakan mereka hanya patuh pada orang tua saja tentang merawat dan menyusui bayi ini padahal kadang orang tua ini minim dalam masalah tersebut dan orang tua ini ilmunya turunan dari mbah – mbah terdahulu yang belum ada keterangan yang jelas dari dokter / bidan.
  

wanita yang menyusui ini cenderung mudah lapar dibanding dengan wanita biasa karena wanita yang menyusui ini juga harus memberi asi pada anaknya sedangkan asi berasal dari hormon dan hormon ini berasal dari sari makanan yang dikonsumsi ibu tersebut. Di zaman sekarang ini sudah banyak sekali susu formula yang beredar yang bisa untuk pengati asi pada ibu namun masih baik susu Ibu (asi) dari pada susu formula ini terutama untuk jangka panjang yang meliputi pertumbuhan bayi tersebut mulai dari fisik dan non fisik dan menurut penuturan dari beberapa ibu ini kebanyakan bayi yang disusu dengan susu formula ini cenderung lebih agresif dan mudah sakit dari pada minum susu Ibu atau asi. Berikut ini daftar makanan yang harus dikonsumsi saat ibu menyusui diantaranya sebagai berikut ini :


1.     Sayuran Hijau

Sayuran hijau ini tentunya sangat baik sekali untuk ibu menyusui karena banyak mengandung vitamin A, C, zat besi, dan masih banyak lagi dan sayuran hijau ini bisa berupa sayuran bayam, sawi, kankung dan lain sebagainya tapi usahakan mencari sayur ini yang bebas dari obat kimia.



2.     Telur

Telur ini merupakan banyak mengandung vitamin D yang sagat baik untuk tulang dan usahakan setiap makan ini selalu ada telurnya sedangkan telur ini bisa dimasak dengan direbus atau di sangrai.



3.     Daging Sapi

Daging sapi ini sangat baik sekali dikonsumsi bagi ibu yang menyusui karena banyak mengandung zat besi yang baik sekali untuk bayi dan ibunya yang dapat menambah energi untuk merawat bayinya.



4.     Ikan Laut

Ikan laut ini bisa dalam jenis ikan salmon yang tentunya sangat baik sekali untuk di konsumsi saat menyusui karena banyak mengadung lemak yang banyak mengandung DHA yang ini sangat baik sekali untuk pertubuhan saraf pada bayi.



5.     Jenis Kacang – Kacangan

Jenis kacang – kacangan ini banyak sekali mengadung protein juga termasuk zat besi yang tentunya sangat baik sekali untuk pertumbuhan si bayi untuk jangka panjang sedangkan jenis kacang – kacangan ini bisa berupa kacang hitam dan merah.



6.     Buah

Buah ini juga sangat baik sekali dikonsumsi untuk ibu menyusui apa lagi buah jeruk ini yang kaya akan vitamin C yang tentunya sangat baik untuk ketahan tubuh dari berbagai penyakit dan buah jeruk ini juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh.



7.     Air Putih

Air putih ini juga berperan sangat penting didalam produksi asi dan juga bisa mencegah dehidrasi pada ibu yang menyusui juga baik juga mengkonsumsi air kelapa segar yang banyak mengandung mineral dan elektrolit yang juga bisa mencegah dehidrasi         
ARTIKEL TERKAIT