6 Hal Yang Harus Dipikirkan Sebelum Memutuskan Mempunyai Anak

www.seratu.com
ILUSTRASI
Mempunyai anak merupakan impian dari semua keluarga yang tentunya mempunyai anak yang sehat fisik dan pesikis juga berbakti kepada kedua Orang Tua, Agama dan Negara. Tidak sedikit sebagian pasangan keluarga ini mengiginkan anak tapi karena faktor kesehatan sehingga tak kunjung mempunyai anak dan ini menjadikan persoalan yang tersendiri bagi keluarga tersebut, namun ada keluarga yang dikarunia anak yang dimana anaknya ini kurang terawat sehingga menjadikan anak ini mudah sakit, pola makan yang jelek, kurang mendapatkan pendidikan dan kehidupan yang layak dan lain sebagainya. kadang menjadi ironis juga ada pasangan keluarga ini mengiginkan anak tapi belum juga di karunia anak dan sebaliknya ada yang belum siap mempunyai anak malah dikarunia anak.


  
Mempunyai anak pastilah juga harus banyak meluangkan waktu untuk anak ini misal memandikanya setiap hari 2 sampai 3 kali, memberikan makan, siap bagun malam bila bayi ini rewel atau menagis, membuat minuman susu bubuk dan lain sebagainya. banyak sekali pasangan baru menikah ini mengunakan KB karena mereka belum siap mempunyai anak dengan berbagai alasan dan ini juga ada sisi positif dan negatifnya. Alangkah baiknya sebelum memutuskan mempunyai anak ini juga harus dipikirkan tentang beberapa hal diantaranya sebagai berikut ini  :

1.  Keuangan
Mempunyai anak ini juga harus menyisihkan sebagian uang untuk keberlangsungan hidup anak ini mulai uang untuk beli susu, jajan, makanan, pendidikan dan lain sebagainya maka dari itu mempunyai anak juga harus benar – benar memenejemen keuangan agar keuangan tak mengalami mines sehingga roda perekonomian masih stabil dan lancar. Ada sebagian orang ini tak terlalu menghiraukan masalah keuangan dan mereka mempunyai keyakinan bahwa anak ini juga membawa rezeki sendiri, namun sudah banyak contoh yang keuangan yang masih pas – pasan dan mempunyai anak malah rezekinya juga bertambah.

2.  Tujuan Mempunyai Anak
Mempunyai anak merupakan tujuan dalam rumah tangga yang dimana orang tua ini mempunyai anak agar diwaktu tua ada yang merawatnya tidak hanya itu saja juga bisa  membahagiakan orang tua dari segi materi dan non materi. Banyak pula tujuan mempunyai anak ini agar bisa dikatakan keluarga yang komplit, disuruh orang tua agar mempunyai momongan sebagai teman kakek dan nenek agar tidak kesepian, meramaikan suasana dirumah, malu terhadap teman, saudara, tetangga dan lain sebagainya. Alangkah baiknya mempunyai anak ini mempunyai tujuan yang baik dan tepat agar dibelakang hari tak meyesal.

3.  Umur
Pernikahan ini ada yang berumur muda dan sudah tua yang dimana pasangan yang muda ini tidak berisiko memiliki anak bila di lihat dari kacamata kesehatan tapi bila pasangan yang sudah tua ini terutama perempuan ini kadang beresiko untuk kesehatannya. Memiliki anak bila keluarga masih muda maka mereka bisa maksimal dalam membesarkan anak dalam hal mencarikkan nafkah, merawat, menjaga dan lain sebagainya. akan tetapi bila pasangan rumah tangga ini sudah tua kadang mempunayi anak ini sangat berisiko mempunyai anak dalam segi kesehatan juga dalam merawatnya juga kurang maksimal dalam segi mencari nafkah, merawat dan menjaga, namun ini semua terserah pada yang menjalaninya, alangkah baiknya mempuanyai anak ini waktu usia masih muda dari pada usia tua dan sudah banyak contoh – contoh disekitar lingkungan kita.

4.  Siap Dalam Perubahan Mental
Mempunyai anak haruslah siap segalanya terutama dari segi mental yang dimana keseruan rutinitas ini akan terbagi untuk anak yang dimana mempunyai anak ini haruslah siap untuk bagun tegah malam untuk mengantikan popok, mengambilkan susu dan lain sebagainya dalam hal ini bila kita tak siap secara mental bisa memicu emosi apalagi ditambah pekerjaan yang menumpuk banyak juga waktu untuk berkumpul dengan teman – teman juga berkurang.

5.  Perlu Kesepakatan Pasangan
Mempunyai anak ini juga harus mempuyai mufakat dari kedua pasangan agar dibelakang hari tak menimbulkan masalah dan saling menyalahkan. Kadang yang menjadi pertimbangan dalam mufakat ini seperti tempat tinggal, keuangan, umur dan lain sebagainya.    
     
6.  Menentukan Masa Depan Sang Anak
Mempunyai anak wajib sebagai orang tua untuk merawat dan menjaganya, juga untuk mengarahkan masa depanya mulai dari mencarikan sekolahan juga menyiapkan atau menabung untuk jenjang pendidikan  yang nantinya akan di tempuh agar pendidikan anak ini bisa terjamin kelasunganya dan mendapatkan pendidikan yang layak.



ARTIKEL TERKAIT