Kenali Gejala Dan 8 Cara Mengobati Sariawan Dengan Alami

image : wikimedia.org
Sariawan merupakan penyakit yang terdapat diarea mulut yang berupa luka yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan tentunya penyakit ini sangat mengagu terutama saat di buat makan dengan rasa yang perih dan sakit. Sariawan ini bisa timbul dengan sendirinya yang dimana kekebalan tubuh kita lagi memburuk ada juga disebabkan faktor lain seperti luka di bibir ada juga yang saat berbicara bibir atau lidah kita tergigit dan menyebabkan sariawan, tidak hanya itu saja saat makan pun juga bisa dan lain sebagainya.


Penyakit sariawan ini bisa diobati dengan obat – obat kimia yang beredar mulai bentuk kapsul dan cairan tentunya dengan harga yang lumayan dan hanya tersedia di apotik – apotik terdekat. Sariawan ini juga bisa disebabkan kurangnya tubuh dalam mengkonsumsi Vitamin C, Vitamin B12, Zat Besi, selain itu juga bisa kemungkinan pemakain pasta gigi dan sikat gigi yang kurang tepat, makanan yang pedas dan lain sebagainya, tapi penyakit sariawan ini sebelum menjakit kita sudah dapat di rasakan gejalanya diantaranya sebagai berikut ini :

1.Terasa gatal – gatal diarea bagian mulut yang akan tumbuh sariawan.
2.Rasa panas dan tersasa terbakar di bagian mulut yang akan tumbuh sariawan.
3.Mulut kurangnya kenyamanan saat dibuat bicara
4.Rasa nyeri saat dibuat menelan makanan.
5.Nafsu makan yang menurun derastis.

Sedangkan obat alami yang bisa digunakan untuk mengobati sariawan banyak sekali jenis dan macamnya diantaranya sebagai berikut ini :

www.seratu.com
BUAH PISANG


1.     Pisang Dan Madu
Pisang dan madu ini merupakan jenis  makanan yang manis maka dari itu sangat tidak pedih untuk mengobati sariawan sedangkan pisang dan madu ini sudah lama di percaya dapat mengobati sariawan tentunya dengan cara berikut ini :
- Siapkan buah pisang apa saja yang penting matang juga dicuci bersih jangan lupa untuk mengupas kulitnya dan siapkan madu murni.
- Ambil satu sendok makan  pisang tanpa isi dan setengah sendok makan madu lalu campur sampai membentuk pasta.
- Oleskan pada bagian mulut yang terkena sariawan dengan cara menempelkan pasta tersebut ke bagian mulut yang terkena sariawan dan diamkan selama kurang lebih 15 menit setelah itu bisa dibuat kumur.
- Lakukan hal pengobatan alami ini sehari 2 kali sehabis bagun pagi dan sebelum tidur malam.

www.seratu.com
BAWANG PUTIH


2.  Bawang Putih
Bawang putih ini selain mempunyai bau yang khas juga bisa untuk bahan obat herbal seperti untuk obat sakit gigi, perawatan kuku dan juga bisa untuk obat sariawan tentunya dengan cara sebagai berikut ini :
- Ambil bawang putih 1 siung bawang putih yang masih segar dan kupas.
- Setelah kulit dan daginya sudah dipisahkan maka ambil dagingya untuk dihaluskan bisa diblender atau diremuk dengan alat yang dibuat menghaluskan sambal.
- Setelah bawang putih ini halus maka tempelkan pada bagian mulut yang terdapat luka sariawan dan biarkan selama kurang lebih 15 menit.
- Setelah 15 menit sudah berlalu maka bersihkan dengan cara berkumur dengan air hangat lakukan berkumur ini sampai bersih bekas bawang putih yang melekat.
- Jangan lupa sebelum melakukan pengobatan ini maka bersihkan dahulu mulut dari sisi - sisa makanan yang masih menempel di mulut bisa dengan bersikat gigi atau membersihkan dengan cairan kimia yang tersedia di supermarket atau toko – toko terdekat.

www.seratu.com
KUNYIT


3.  Kunyit
Kunyit ini merupakan tanaman yang banyak manfaatnya dan juga sangat mudah untuk membudidayakan dan tanaman ini juga sering dibuat untuk bahan obat seperti kecantikan, kesehatan, tentunya juga bisa untuk obat sariawan dengan cara berikut ini :
-  Ambil 2 siung kunyit dan bersihkan dengan dicuci dengan air bersih.
-  Haluskan kunyit tersebut bisa diblender atau di parut.
-  Setelah halus oleskan lasung ke area mulut yang terkena sariawan.
- Setelah selesai mengoleskan jangan lasung dibersihkan tapi tunggu sampai kurang lebihnya 15 menit
- Setelah 15 menit berlalu maka bersihkan dengan cara berkumur dengan air hangat lakukan hal berkumur ini berulang – ulang agar bersih.
-   Lakukan pengobatan ini sehari 2 kali.

image : wikimedia.org


4.  Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh ini sangat mudah kita jumpai disekitar lingkungan kita terutama yang rumahnya masih di perdesaan, teryata tanaman ini sangat ampuh untuk mengobati sariawan tentunya dengan cara berikut ini :
-   Ambil satu buah belimbing wuluh yang masih segar.
-    Cuci bersih dengan air bersih
- Lalu potong menjadi dua dan getahnya oleskan lasung ke area mulut yang terkena sariawan.
-  Diamkan kurang lebih 10 menit lalu bersihkan dengan cara berkumur dengan air hangat lakukan berkumur berulang – ulang.
-   Lakukan hal ini sehari 3 kali.

www.seratu.com
DAUN DAN BUAH JAMBU BIJI


5.  Daun Jambu Biji   
Daun jambu biji ini juga berkhasiat untuk mengobati sariawan yang melanda tentunya dengan cara berikut ini :
- Ambil daun jambu biji yang masih muda beberapa helai.
-  Bersihkan dengan air bersih.
-  Setelah itu kunyah – kunyah di mulut sampai lembut dan tetap kunyah – kunyah atau biarkan didalam mulut sekitar 1menit.
- Setelah 1 menit berlalu maka bersihkan mulut dengan cara berkumur dengan air bersih lakukan berulang – ulang untuk berkumurnya.
-   Lakukan hal ini sehari 3 kali.

www.seratu.com
KELAPA


6.  Air Kelapa
Air kelapa ini memang sangat baik sekali untuk kesehatan mulai bisa mengobati sistem pencernaan, keracunan, dan mengkonsumsi air kelapa ini juga bisa mejauhkan dari dehidrasi karena sifat elektrolit yang terdapat pada air kelapa ini tentunya air kelapa ini dapat menjauhkan kita dari sariawan dengan cara
- Menkonsumsi air kelapa ini rutin sehari dengan takaran 1 gelas maka sariawan ini dapat menjauh dari kehidupan kita.
-  Bila sudah terlanjur terkena sariawan ini bisa mengkonsumsi air kelapa ini sehari 3 kali dengan takaran 1 gelas air minum.

image : manfaat.co.id


7.    Air Garam
Garam ini banyak sekali manfaatnya tentunya untuk dunia memasak dan juga bisa untuk dunia kesehatan terutama untuk mengobati sariawan dengan cara sebagai berikut ini :
- Siapkan air bersih yang sudah mendidih setengah gelas.
-   Garam 3 sendok makan.
- Campur air dan garam dan aduk sampai garam menyatu dengan air tersebut.
- Gunakan untuk berkumur sekitar 45 detik setelah itu buang air garam tersebut.
-   Setelah itu bersihkan mulut dengan air bersih dengan cara berkumur.
-   Lakukan hal ini sehari 2 kali.
catatan : bila luka sariawan ini serius maka rasanya sangat pedih.

www.seratu.com
TOMAT


8.  Tomat
tomat ini sangat banyak kegunaanya mulai bisa untuk pelengkap bumbu dapur juga bisa dibuat jus tentunya sangat banyak manfaat untuk kesehatan terutama untuk mengobati dan mencegah sariawan ini dengan cara sebagai berikut ini :
- Ambil beberapa tomat yang matang juga masih segar setelah itu cuci bersih.
-  Bisa dikonsumsi lasung atau dibuat jus.
- Bila untuk pencegahan bisa mengkonsumsi lasung.
-  Bila untuk mengobati ini bisa di blender dan dibuat berkumur dan diamkan selama 5 menit didalam mulut setelah itu buang.
-  lakukan hal ini sehari 2 atau 3 kali sehari.     


ARTIKEL TERKAIT