10 Cara Mengobati Gatal – Gatal Degan Bahan Kimia Dan Alami


image : www.puls.bg
Gatal ini memang banyak sekali penyebabnya dan sering menyerang di anggota tubuh ada yang menyerang di kaki, tangan, badan dan selangkangan tapi bila rasa gatal ini sudah parah maka kita tak kan menghiraukan lagi supaya jangan di garuk padahal kita sudah tau akibat gatal ini bila di garuk maka bisa berakibat fatal apa bila kita tetap menggaruknya. Rasa gatal ini sangat menggaggu apa lagi disaat kita lagi sedang melakukan aktivitas bisa – bisa menggaggu konsentrasi ada pula disaat tidur kita setengah sadar mengaruk anggota badan ini secara keras dan saat kita bangun tau – tau sudah ada luka di anggota badan kita.

Luka yang disebabkan oleh garukan tangan akibat rasa gatal ini bisa bahaya lho ? apa lagi jari – jemari tangan ini berkuku panjang maka bisa menjadi luka yang serius dan bisa infeksi karena kuku ini tempat bersarangnya bakteri atau kuman. Rasa gatal pada tubuh ini bisa disebabkan oleh gigitan hewan seperti nyamuk, tomket, terkena bulu ulat atau hewan sejenisnya, bisa alergi karena makanan, obat – obatan, cuaca dingin, alergi memakai perhiasan dan lain sebagainya. untuk obat menghilangkan rasa gatal ini bisa dalam bentuk kimia dan herbal / tradisional diantaranya sebagai berikut ini :

-          Obat Kimia Diantaranya

1.     Prednisolon
Obat ini bila dirasa gatalnya sangat berat maka dapat mengkonsumsi obat ini tapi obat ini menekan kekebalan tubuh dan dapat menyebabkan hipertensi, katarak dan dibetes kita tambah memburuk.

2.    Antihistamin H2 / Antihistamin H1 
obat ini juga sangat efektif dan juga bisa mengobati luka memerah akibat gatal tapi obat ini juga mempunyai efek samping diantaranya diare dan pusing.

3.    Leukotriene Receptor antagonis
Obat ini dapat mengobati gatal berserta luka memerah dan pembekakan akibat gatal tapi juga mempunyai efek samping sakit kepala.

4.    Cyclosporine
Obat ini juga efektif namun juga mempunyai efek samping seperti terkena stroke, penyakit jantung, kolesterol dan tekanan darah tinggi.

5.    Krim Mentol
Krim ini sangat mudah di dapat seperti balsem dengan berbagai merek dan juga efektif dan juga mempunyai rasa hangat sampai panas yang dapat menyebuhkan gatal – gatal efek samping memberi bekas noda hitam pada kulit bila dalam pemakaian dalam jumlah banyak dan sering.

Memang pengobatan dengan bahan kimia ini mempunyai efek samping bila dilakukan terus – menerus dan pengobatan kimia ini sangat instan dan praktis, lain lagi pengobatan herbal / tradisional ini tentunya sangat minim efek sampingnya bahkan hampir tak ada cuman harus melalui proses yang sedikit lebih rumit dan sedikit menyita waktu.

-          Obat Herbal / Tradisional Diantaranya

1.    Tanah Liat
Tanah liat ini juga efektif didalam mengobati gatal – gatal karena tanah liat ini mempunyai suhu dingin dan mampu mengangkat kuman / bakteri yang menyebabkan gatal tapi didalam mencari tanah liat ini haruslah yang bersih dan tekstur tanahnya seperti lempung atau seperti yang dibuat untuk membuat bata merah sedangkan cara mengaplikasikanya sangat mudah tinggal mencari tanah liatnya dan campur dengan sedikit air bersih aduk sampai seperti adonan setelah itu tempelkan pada anggota badan yang gatal setelah itu biarkan sekitar 20 sampai 30 menit setelah itu bilas dengan air bersih bila rasa gatalnya masih bisa mengulanginya lagi.

2.    Air Lemon Tea dan Minyak Kelapa ( VCO )
Ramuan ini juga sangat efektif untuk meredakan gatal – gatal dengan cara ambil lemon tea dan potong menjadi 2 setelah itu peras untuk diambil airnya setelah itu campur dengan minyak kelapa lalu oleskan ke anggota badan yang gatal – gala dan biarkan.

3.    Bawang Merah
Bawang merah ini juga efektif dan mudah caranya ambil 1 siung bawang merah setelah itu potong menjadi beberapa bagian setelah itu tempelkan ke anggota badan yang gatal – gatal dan biarkan karena bawang merah ini juga baik sekali untuk kekebalan tubuh kita.

4.    Minyak Goreng dan Garam
Minyak goreng dan garam ini juga sangat efektif untuk meredakan gatal – gatal dan sangat mudah untuk mencarinya yaitu dengan pergi ke dapur dan caranya pun juga sangat mudah yaitu ambil minyak goreng ½ sendok makan dan ¼  garam sedok makan setelah itu aduk sampai rata dan oleskan ke anggota badan yang gatal.

5.    Batang Pohon Kamboja
Batang pohon kamboja ini juga bisa untuk mengobati gatal – gatal dengan cara ambil batang pohon kamboja dan haluskan bisa di blender atau di parut setelah itu oleskan ke anggota badan yang gatal – gatal dan biarkan dan tunggu sampai gatal ini hilang dan bilas dengan air hangat.

6.    Daun Salam
Daun salam ini juga bisa untuk mengobati gatal – gatal selain untuk bumbu dapur dengan cara ambil daun salam ini dan cuci bersih setelah itu haluskan bisa di blender setelah itu oleskan ke anggota badan yang terasa gatal dan biarkan, setelah gatal – gatal ini hilang bilas dengan air hangat.      
ARTIKEL TERKAIT