5 Cara Mengobati Diare Degan Ramuan Alami

image : id.wikipedia.org 
Siapa sih yang tak kenal diare..? yang dimana penyakit ini ditandai dengan sering BAB dan bentuk BAB ini berair dan penyakit ini kerap menyerang balita juga tak menutup kemungkinan juga menyerang orang dewasa. Diare ini bila tak segera ditanggulangi bisa menyebabkan kematian terutama pada balita sedangkan diare ini yang dibarengi dengan penurunan berat badan, adem panas, BAB yang berdarah ini sebaiknya segera di periksakan ke dokter setempat karena kalau dibiarkan dapat berbahaya untuk kesehatan.

Oralit adalah obat yang sering digunakan untuk mengobati diare ini sedangkan untuk harganya sangat terjangkau khusus untuk balita sebaiknya juga diperhatikan takaran pengunaannya. Jangan lupa untuk selalu menyediakan oralit di rumah karena penyakit ini mudah sekali menyerang. Diare ini sebenarnya dapat dicegah dengan cara yang sederhana yaitu selalu mencuci jari – jemari tangan sebelum makan, alangkah baiknya mengunakan sabun antiseptik setelah BAB untuk mencuci jari – jemari tangan dan rutin lakukan aktivitas ini.

Diare ini merupakan penyakit yang disebabkan banyak hal mulai dari kelebihan vitamin C, mengkonsumsi terlalu banyak buah – buahan tertentu, alergi, terlalu banyak mengkonsumsi obat – obatan tertentu, terlalu banyak mengkonsumsi alkohol, tidak hanya itu kondisi psikologis juga bisa mempengaruhi seperti gelisah dan stres. Diare ini kebanyakan bisa sembuh dengan sendirinya tapi tergantung pada kekebalan tubuh penderita juga asupan makanan yang dikonsumsi, sedangkan rata – rata diare ini bisa sembuh untuk anak – anak sekisar 1 minguan tapi untuk orang dewasa 4 harian.

Selain obat oralit untuk diare ini juga ada jenis obat herbal / tradisional diantaranya sebagai berikut ini :

1.    Minum Air Putih Yang Banyak
Disaat terserang diare ini banyak sekali cairan yang terkuras sehingga badan ini lemas, pucat seperti dehidrasi dan memperbanyak minum air putih yang banyak ini akan menyeimbangkan cairan yang hilang disaat terbuang saat BAB.

2.    Cuka Apel
Bila kita merasa ada tanda – tanda terkena penyakit diare ini bisa mengunakan cuka apel ini dengan cara campurkan 1 sendok cuka apel dengan 1 gelas air putih dan aduk – aduk lalu minum segera.

3.    Kombinasi Antara Beras Ketan Dan Kunyit
Beras ketan dan kunyit ini juga ampuh untuk mengobati diare tapi juga perlu diolah dengan cara sangrai beras ketan ini tanpa minyak sampai hangus bisa di nanangan ( kwali ) alat pengorengan yang terbuat dari tanah liat, juga jangan lupa untuk membakar kunyit ini sampai hangus dan hancurkan ( dikeprak ) setelah itu seduh beras ketan dan kunyit yang hangus juga dihancurkan ini dengan air hangat segelas yang sudah mendidih  untuk diminum lakukan hal ini sehari 3 kali, untuk takaran kunyit dan beras ketan ini bisa menyesuaikan.

4.    Kombinasi Antara Jahe Dan Akar Bunga Teratai
    Ramuan ini juga sangat efektif tinggal siapkan 20 gram jahe dan 100 gram akar bunga teratai lalu cuci bersih setelah itu haluskan bisa di parut atau di blender setelah itu bisa ditambah air sedikit dan peras untuk diambil airnya dan minum ramuan ini sehari 3 kali sehari.

5.    Ramuan Sawo Muda
Sawo muda ini memang memiliki rasa yang sepat dan ini bisa untuk bahan dasar obat diare yaitu dengan cara siapkan 1 buah sawo muda yang masih segar dan cuci bersih dan haluskan bisa di parut dan tambahkan ½ sendok garam dan 1 gelas air matang setelah itu aduk sampai rata lalu peras untuk diambil airnya maka diare ini akan terselesaikan. 
ARTIKEL TERKAIT