5 Cara Mengobati Disentri Yang Tepat Dan Alami


image : www.onlineremedies.in
BAB yang ditandai pada tinja ada sedikit darah dan lendir ini adalah bentuk dari penyakit disentri yang dimana penyakit ini bisa menyerang siapa saja tidak perduli anak – anak atau orang dewasa. Apa bila dalam kasus ini tak segera ditangani dengan serius bisa menyebabkan kematian. Penyakit disentri ini sebenarnya menyerang usus dan ini bisa disebabkan oleh infeksi bakteri dan infeksi amoeba atau parasit yang ada di tubuh kita. Disentri ini bisa menyerang tubuh melalui makanan yang sering kita konsumsi yang dimana tingkat kebersihan makanan atau alat makanan ini terkoteminasi oleh kuman, maka dari itu jagalah kebersihan lingkungan dan jemari tangan juga perhatikan makanan yang akan kita makan tentang kebersihanya.

        Disentri ini juga bisa menular tapi menularnya ini karena sering mengunakan peralatan dari penderita disentri dan minum air yang tercemar dengan tinja penderita disentri dan tempat – tempat yang kurang terjaga akan kebersihanya sedangkan disentri ini banyak sekali menyerang pada anak – anak karena seusia mereka sukanya bermain tanpa memikirkan efek bermain di tempat yang kotor. Disentri ini pada umunya mempunyai gejala sebelum disentri ini lebih parah seperti demam dan badan mengigil, badan terasa lemah, letih, lesu, malas, juga mengalami sembelit, perut terasa nyeri, mual, muntah – muntah, nyeri saat BAB dan tinja ini juga ada darah dan lendir.

Penanganan disentri sudah banyak sekali jenis obat – obat kimia yang beredar di apotik terdekat tentunya dengan harga yang bervariasi namun alangkah baiknya sebelum mengkonsumsi obat ini sebaiknya konsultasikan ke dokter dulu untuk mendapatkan obat yang sesuai dengan jenis dan dosis yang akan diminum namun ada juga obat herbal atau tradisional ini yang bisa untuk menyembuhkan diare yang juga merupakan resep dari leluhur kita seperti :

1.    Ketumbar
Ketumbar ini juga sangat efektif untuk obat disentri dan cara pembuatanya sangat mudah pertama siapkan ketumbar yang dicuci sampai bersih sebanyak 1 genggam tangan dan rebus dengan air 1 gelas dan biarkan mendidih setelah itu biarkan dingin dan saring untuk diambil airnya lalu minum air tersebut sehari 2 kali , tunggu air ketumbar ini hangat atau dingin lalu minum.

2.    Delima
Delima ini memang mempunyai banyak khasiat yang salah satunya bisa untuk obat disentri secara alami dan cara membuatnya sangatlah mudah dengan cara siapkan buah delima beberapa buah juga lihat akan kebutuhan dan cuci bersih setelah itu rebus dengan di tambahkan air secukupnya tunggu sampai mendidih lalu matikan kompor dan tunggu airnya sampai hangat atau dingin dan minum ramuan ini sehari 3 kali sebanyak 1 gelas.

3.    Perbanyak Konsumsi Jus Llemon
Lemon ini juga mempunyai efek yang bisa menyembuhkan disentri dengan cara membuat jus murni dari lemon saja tanpa di campuri apa pun mungkin bisa sedikit air putih dan konsumsilah setiap hari sebanyak 2 kali sehari.

4.    Kulit Tanaman Srikaya
Pembuatan ramuan dari kulit tanaman srikaya ini sangatlah mudah dengan mengambil kulitnya sebanyak sejengkal lalu bersihkan dengan cara dicuci dengan air mengalir setelah itu potong menjadi beberapa bagian dan rebus dengan 5 gelas air dan tunggu sampai mendidih airnya dan sampai tersisa separuhnya lalu minum ramuan ini sehari 2 kali bisa ditambahkan sedikit gula batu disaat mau meminumnya.

5.    Jus Pare
Pare ini memang terkenal akan kepahitanya tapi bila dimasak dengan benar rasa pahit di pare bisa hilang tidak hanya itu saja buah pare ini bisa untuk obat disentri dan cara pembuatanya sangatlah mudah dengan menyiapkan 1 buah pare dan cuci bersih setelah itu potong dan masukan di blender dan tambahkan sedikit air lalu blender sampai halus setelah itu peras dan saring untuk diambil airnya dan minum ramuan ini sehari 2 kali.
ARTIKEL TERKAIT