6 Cara Termudah Mengobati Radang Tenggorokan Dengan Bahan Alami

image : www.newhealthadvisor.com

Radang tenggorokan memang penyakit yang bisa menghampiri siapa saja karena penyakit radang tenggorokan ini disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus pada saluran pernafasan. Radang tenggorokan ini memang sangat sakit terutama untuk minum dan menelan makanan juga bisa sangat sakit saat buat berbicara bila radang ini sudah parah. Sedang radang tenggorokan ini banyak sekali penyebabnya seperti sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung minyak, perokok aktif, seharian berbicara, makanan dan minuman yang panas.

Obat untuk radang tenggorokan ini memang sudah banyak dijual bebas di apotik dan yang paling sering digunakan adalah Ibuprofen dan Parasetamol tapi alangkah baiknya konsultasi ke dokter dulu sebelum memakai obat tersebut. Radang Tenggorokan ini banyak menyerang pada anak – anak karena Antibody mereka masih belum sempurna sepenuhnya. Sebelum radang tenggorokan ini mulai menyerang pastilah ada tanda – tandanya seperti nyeri saat buat menelan, terasa gatal ditenggorokan, nyeri otot di sekitar leher, juga menyebabkan pusing. Selain obat – obat kimia dari dokter juga ada obat herbal yang khusus untuk menyembuhkan radang tenggorokan ini dan tentunya tidak begitu mempunyai efek samping yang menakutkan dan berikut ini obat herbal yang anda bisa buat dirumah sendiri diantaranya sebagai berikut ini :

1.    Kombinasi Jahe Dan Teh
Kombinasi ini bisa berbentuk minuman yang berupa teh yang dicampur jahe yang dimana dalam prateknya kita membuat minuman hangat teh yang kemudian kita campurkan 1 atau 2 siung jahe yang telah dicuci dan kemudian memarkan jahe tersebut alangkah baiknya sebelum dimemarkan jahe ini di bakar dahulu. Konsumsi minuman tersebut sehari 3 kali.

2.    Kombinasi Lemon Dan Madu
Cara membuat minuman lemon dan madu ini cukup mudah tinggal mencampur minuman lemon hangat yang sudah jadi dan campurkan madu secukupnya lalu konsumsilah minuman ini sehari 3 kali bisa juga di tambah dengan jahe yang sudah di memarkan.

3.    Makan Mentah Bawang Putih
Yang dimaksud memakan bawang putih ini adalah makan yang diambil sarinya saja dengan cara ambil 1 siung bawang putih segar dan kupas  kulit luarnya lalu makan kunyah – kunyah di mulut dan serap sarinya saja setelah itu keluarkan dan buang ampas bawang putih tadi, lakukan hal ini sehari 1 sampai 2 kali dalam sehari.

4.    Air Garam
Air garam ini sangat efektif untuk mengobati radang tenggorokan dengan cara siapkan air putih segelas dan kasih garam 2 sendok makan dan aduk sampai garam ini menyatu dengan air setelah itu gunakan untuk kumur setelah itu bisa dibuang atau diminum karena garam ini bisa mematikan bakteri yang ada di tenggorokan.

5.    Mengkonsumsi Air Putih Yang Banyak
Saat sakit radang tenggorokan ini kita kerap merasakan sakit saat mengkonsumsi segala makanan yang sulit untuk di lumat di mulut sedangkan mengkonsumsi air putih ini sangat mudah ditelan dibanding makanan apalagi dalam jumlah banyak mengkonsumsi air putih ini dapat menyeimbangkan kebutuhan cairan yang dimana disaat kita terkena radang tenggorokan menjadikan nafsu makan menurun sehingga kebutuhan cairan dalam tubuh sedikit berkurang dalam tubuh dan untuk mencegah penyakit radang tenggorokan ini lebih parah.

6.    Istirahat Yang Cukup
Istirahat yang cukup ini salah satu pelengkap untuk mengobati radang tenggorokan karena selain mengkonsumsi ramuan herbal dari no 1 sampai 5 diatas juga harus cukup dalam istirahat karena biar disaat pengobatan ini bisa maksimal dalam hasilnya.      
ARTIKEL TERKAIT