8 Cara Mengobati Bisul / Udun Secara Alami

image : en.wikipedia.org 
Bisul atau udon yang sering orang jawa bilang ini merupakan salah satu penyakit yang sering terletak di anggota badan kita terutama di pantat, leher, paha, ketiak, kelopak mata dan awalnya ada benjolan kecil yang berwarna merah dan semakin lama akan terdapat benjolan warna putih di tengahnya dan ini menujukan bisul ini telah matang atau siap meletus apa bila hal ini di biarkan maka akan bisa meletus sendiri dan apa bila di dalam meletusnya bisul ini kita tak tahu dan keluar nanah putih ini lalu mengenai kulit segar di sekelilingnya maka akan memicu bisul baru. Bisul ini terjadi karena infeksi sesuatu yang umumnya bakteri atau parasit yang bisa menyebabkan terjadi bisul / udon.

Bisul ini bisa terjadi tidak karena infeksi bakteri atau parasit saja akan tetapi bisa juga  akibat gesekan dengan kain, kekebalan tubuh yang menurun, kurangnya menjaga kebersihan badan. Bisul ini bisa di cegah dengan cara memakai sabun anti - bakteri secara rutin dan tentunya juga menjaga kebersihan badan dan pakaian yang sering kita gunakan. Memang banyak sekali obat jenis kimia untuk menyembuhkan bisul ini akan tetapi juga mempunyai efek yang buruk untuk kesehatan apa lagi bila dikonsumsi dalam jumlah banyak, tapi alangkah baiknya bila memakai obat herbal atau tradisional ini yang tentunya sedikit efek samping diantaranya :

1.    Daun Ubi Jalar
Daun ubi jalar ini sangat manjur dan sudah di percaya dari temurun – temurun yang bisa untuk mengobati bisul dengan cara ambil daun ubi jalar yang masih segar dan cuci bersih setelah itu gulung – gulung perlahan – lahan di telapak tangan sampai daun ubi jalar ini kelihatan lemas usahakan jangan sampai robek daunnya setelah itu tempelkan pada bisul anda dan ganti daun ubi jalar ini ketika kelihatan kering apa bila bisul ini belum sembuh.

2.    Bawang Putih
Bawang putih ini dapat anda gunakan untuk mengobati bisul dengan cara ambil 1 bawang putih yang masih segar dan kupas kulit luar bawang putih ini lalu haluskan bisa di blender atau di parut setelah itu oleskan pada bisul dan bungkus dengan kasa steril agar ramuan ini bisa menempel dengan bisul.

3.    Masker Kentang
Masker kentang ini juga bisa untuk mengobati bisul yang caranya sangat mudah yaitu kupas kentang yang masih segar setelah itu haluskan lalu oleskan masker kentang pada bisul dan ganti masker kentang ini bila sudah kering dengan masker kentang yang baru agar masker kentang ini selalu lengket dengan bisul dan mendapatkan pengobatan yang maksimal bisa mengunakan kasa steril untuk menahan ( perban ) masker kentang tersebut lekat dengan bisul.

4.    Masker Daun Sirih
Masker daun sirih ini sangat mudah didalam membuatnya yaitu dengan mengumpulkan 5 helai daun sirih yang masih segar dan cuci bersih setelah itu tumbuk sampai halus dan oleskan pada bisul dan perban bisa mengunakan kasa steril, ganti masker daun sirih ini bila sudah kering.

5.    Daun Kangkung Dan Garam
Daun kangkung ini ternyata bisa untuk menyembuhkan bisul dengan cara ambil daun kangkung beberapa helai yang masih segar dan cuci bersih setelah itu campur dengan sedikit garam dan tumbuk sampai halus setelah itu balurkan pada bisul dan perban bisa mengunakan kasa steril.

6.    Daun Cabe Dan Minyak Kelapa
Daun cabe ini juga efektif untuk mengobati bisul tentunya dengan cara ambil beberapa helai daun cabe yang masih segar dan cuci bersih setelah itu tumbuk sampai halus setelah itu beri minyak kelapa secukupnya dan aduk – aduk setelah itu oleskan pada bisul dan perban bisa mengunakan kasa steril dan ganti bila ramuan tersebut sudah kering.

7.    Mentimun Dan Biji Pala
Ramuan ini juga sangat ampuh untuk mengobati bisul dengan cara ambil mentimun muda yang masih segar dan siapkan biji pala lalu haluskan bisa di blender atau di parut setelah itu taruh ramuan tersebut di dalam kulit pisang dan panggang beberapa menit setelah Itu diamkan sampai hangat lalu ramuan mentimun dan biji pala ini bisa oleskan pada bisul dan perban dengan kasa steril.

8.    Daun Bayam Duri Dan Garam
Daun bayam duri ini bisa untuk mengobati bisul ternyata dengan cara ambil daun bayam duri yang masih segar dan cuci bersih setelah itu beri sedikit garam dan lumat di jari telapak tangan sampai daun bayam duri ini bisa tertempel garam lalu tempelkan pada bisul dan ganti ramuan ini bila sudah kering dan bisa di perban dengan kasa steril.  
ARTIKEL TERKAIT