Cara Tepat, Cepat, Mengobati Cantengan Dengan Bahan Alami

www.seratu.com
Ilustrasi
  Cantengan merupakan penyakit yang letaknya di area pinggir sekitar kuku bisa kuku kaki atau kuku tangan yang dimana cantengan ini merupakan infeksi kulit yang disebabkan oleh robeknya kulit oleh kuku bila hal ini sudah terjadi maka bisa menyebabkan Bengkak, Nyeri, Dan Bernanah. Penyebab cantengan ini tidak hanya tertusuknya kulit di sekitar kuku kaki atau kuku tangan tapi juga bisa kuku ini kemasukan debu atau pasir dan kita biarkan saja dan lama – kelamaan bisa menjadi cantengan. Juga bisa akibat disaat kita membersihkan kuku tangan atau kuku kaki dengan benda – benda keras dan kurang akan sterilnya dan ini bisa menyebabkan cantengan di kaki dan tangan.

Semua orang pasti pernah mendengar atau pernah terkena penyakit cantengan ini memang penyakit ini tidak begitu bahaya namun juga bisa membuat infeksi kulit yang lebih serius bila tak segera mendapat penanganan ( diobati ) yang secepatnya. Catengan ini memang sering menyerang di bagian ibu jari entah di ibu jari tangan atau ibu jari kaki ini disebabkan ibu jari ini mengalami pertumbuhan kuku yang lebih kuat.

Pengobatan cantengan di jari tangan atau kaki ini bisa dilakukan dengan bahan kimia yang bisa berupa Kapsul, Salep, Krim yang dimana obat ini bisa kita peroleh di apotik terdekat tentunya dengan harga yang berfariasi. Cantengan ini tidak hanya bisa diobati dengan bahan – bahan kimia tapi juga bisa diobati dengan bahan – bahan alami yang tentunya dapat kita peroleh dengan mudah dan gratis seperti :

1.    Kombinasi Antara Minyak Kelapa Dan Bawang Merah
Kombinasi ini terbukti cukup ampuh untuk mengobati cantengan dan cara mengaplikasikan sangat mudah dengan siapkan bawang merah 2 siung dan haluskan bisa dengan dihancurkan setelah itu kasih minyak kelapa lalu balurkan pada kaki atau tangan yang terjangkit cantengan setelah itu bungkus dengan kasa steril dan lakukan pergantian ramuan ini 2 hari sekali juga usahakan kaki atau jari tangan ini tetap kering.

2.    Kombinasi Antara Minyak Kelapa Dan Jahe
Pengobatan dengan jahe dan minyak kelapa ini juga bisa untuk mengobati cantengan yang dimana dalam pengaplikasinya sangat mudah yaitu siapkan jahe sekitar 7 cm dan bersihkan lalu parut setelah halus campurkan dengan minyak kelapa dan balurkan pada area kaki atau jari tangan yang terkena cantengan ini dan perban dengan kasa steril. Lakukan pengobatan ini 2 hari sekali dan usahakan tetap kering untuk kaki atau jari tangan yang terkena cantengan.

3.    Daun Dewa
Daun dewa ini juga efektif untuk mengobati cantengan dengan cara siapkan daun dewa beberapa helai yang masih segar dan bersihkan dengan air bersih setelah itu haluskan setelah itu balurkan pada kaki atau jari tangan yang terkena cantengan ini dan lakukan hal ini 2 hari sekali.

4.    Rendam Dengan Air Garam
Merendam kaki atau jari tangan yang terkena cantengan ini dengan air hangat dan beri garam ini bisa untuk menyembuhkan cantengan bila cantengan masih dalam tahap awal terjangkit dan lakukan hal ini sehari 3 kali untuk pengobatannya.

5.    Gel Daun Binahong
Daun binahong ini juga mengeluarkan gel dan gel ini bisa untuk mengobati cantengan yang ada di kaki atau jari tangan dan untuk mendapatkan di daun binahong ini dengan cara haluskan daun binahong dan lihat ada jel yang keluar dari daun tersebut dan cara mengaplikasikanya dengan mengoleskan gel tersebut di area jari kuku tangan dan kaki.

Catatan : Sebelum mengobati cantengan di kuku kaki dan tangan ini sebaiknya bersihkan dulu kaki atau jari tangan yang terjangkit cantengan mulai dari nanah dan pasir yang ada didalamnya juga alangkah baiknya di bersihkan dengan cairan alkohol  juga.  

    
ARTIKEL TERKAIT