Mengobati Dan Mengenal Gondongan Atau Parotitis Lebih Dekat

image : en.wikipedia.org

Penyakit ini merupakan penyakit yang menyerang siapa saja dan penyakit ini sering menyerang di anggota badan di sekitar rahang dan telinga dan menyebabkan bengkak persis tempatnya di pipi bagian bawah. Penyakit Gondong, Beguk, atau Parotitis ini merupakan penyakit yang menular dan disebabkan oleh virus dan penularanya bisa melalui hidung, mulut, tenggorokan sedangkan penularannya setelah 4 hari setelah pipi ini mengalami pembengkakan. Gondongan ini sebenarnya sering menyerang anak – anak karena tingkat kekebalan tubuh mereka masih lemah.

Sebelum menderita penyakit gondongan ini pastilah ada tanda – tandanya diantaranya sakit kepala, demam, nafsu makan menurun, mulut mudah kering, dan mudah lelah. Setelah tanda – tanda tadi berlangsung maka akan terjadi pembengkakan di pipi bagian bawah dan pembengkakan ini bisa hilang dengan sendirinya tergantung kekebalan tubuh. biasanya obat kimia yang dipakai ini bertujuan untuk menghilangkan nyeri, demam, sakit kepala dan lain – lain sedangkan obatnya seperti Parasetamol, Pamol, Sanmol, Tempra juga konsumsi obat untuk menambah kekebalan tubuh agar gondongan ini cepat sembuh.

Bagi penderita gondongan ini sebaiknya banyaklah istirahat karena dengan istirahat yang cukup maka penularan penyakit gondongan ini berkurang dan kekebalan tubuh ini bisa cepat bertambah baik, memang penyakit gondongan ini bisa di cegah dengan imunisasi (MMR) yaitu pada umur pada 12 bulan dan 4 tahun namun pengobatan gondangan ini bisa diobati secara alami diantaranya sebagai berikut ini :

1.    Kompres Dengan Air Hangat Atau Dingin
Mengkompres bagian gondangan yang ada di bawah pipi ini sangat baik sekali untuk mengurangi rasa nyeri atau pembekakan dan mengompres ini bisa dilakukan sehari 3 kali, didalam mengompres ini gunakan air hangat atau dingin dan gunakan kain yang lembut dan halus tentunya yang steril.

2.    Krim Jahe
Krim jahe ini sangat mudah didalam pembuatanya yaitu ambil beberapa jahe dan bersihkan bisa di buang kulitnya ataupun tidak jangan lupa untuk dicuci setelah itu haluskan bisa di parut atau di blender lalu oleskan pada area yang terkena gondangan lakukan penggatian krim ini sehari 1 kali.

3.    Gel Lidah Buaya Dan Bubuk Kunyit
Kedua bahan tadi bisa untuk mengurangi kebengkakan dan rasa nyeri akibat gondongan ini dan cara pembuatanya sangat mudah yaitu cari lidah buaya dan ambil gelnya dan kasih bubuk kunyit dan ratakan setelah itu oleskan pada area yang terkena gondongan lakukan hal ini sehari 3 kali.

4.    Ranting Daun Muda Belimbing Dan Bawang Merah
Cara yang ke 4 ini juga termasuk obat luar dan cara pembuatanya tergolong mudah yaitu cari bahan ranting dan daun belimbing muda dan 5 siung bawang merah cuci semua sampai bersih jangan lupa untuk mengupas kulit bawang merahnya setela itu haluskan kedua bahan tersebut bisa mengunakan blender setelah itu balurkan ke daerah pipi bawah yang terkena gondangan lakukan hal ini sehari 1 sekali secara rutin    


ARTIKEL TERKAIT