4 Cara Mengatasi Mimisan Secara Alami

image : www.homeremedyhacks.com
Keluar darah pada hidung dan tak tau alasannya sering kita lihat situasi ini bisa pada kawan atau diri sendiri, ini sering kali disebut Mimisan. Keluarnya darah pada hidung atau mimisan banyak sekali penyebabnya diantaranya polusi udara, infeksi, cuaca yang dingin, infeksi akibat demam berdarah, berlebihan didalam mengkonsumsi obat – obatan juga bisa karena kecelakaan atau terbenturnya hidung dengan benda keras. Hidung mimisan atau keluar darah ini dikarenakan lepasnya mukosa hidung yang banyak mengandung pembuluh darah yang kecil dan disertai luka pada pembuluh darah ini yang bisa menyebabkan keluarnya darah melalui hidung.

Bila hidung sudah terlanjur mimisan atau mengeluarkan darah maka berilah pertolongan pertama seperti memencet hidung selama 3 menit bila tetap bisa diulang dengan menambah durasinya sekitar 10 menit dan bernafas melalui mulut. Mimisan ini bisa menyerang siapa saja dan menimbulkan kepanikan biasanya mimisan ini banyak terjadi pada anak – anak tapi juga tidak menutup kemungkinan pada orang dewasa, bila terjadi pada orang dewasa mimisan ini kemungkinan disebabkan oleh hipertensi dan bisa langsung dibawa ke dokter setempat, tapi sebenarnya ada obat tradisioanl yang bisa mencegah mimisan  ini untuk keluar lagi dan berikut ini obat tradisional yang sering digunakan dan merupakan resep dari nenek moyang kita :

1.    Air Es
Bila hidung mimisan bisa mengunakan air es untuk mengompres yang bertujuan untuk membekukan pendarahan dengan cara cari handuk dan celupkan pada air es dan tempelkan pada hidung yang mimisan.

2.    Daun Sirih
Pasti sudah tak asing lagi dengan daun sirih ini yang bisa untuk menghentikan pendarahan akibat mimisan dan caranya sangatlah mudah dengan mencari 2 helai daun sirih dan gulung sebesar lubang hidung dan masukan ke hidung dan biarkan sampai mimisan ini berhenti tak mengeluarkan darah.
Baca Juga Manfaat Daun Sirih Bisa klik Di Sini

3.    Memencet Hidung
Memencet hidung saat mimisan berlangsung ini sebenarnya bertujuan untuk membekukan darah yang ada di hidung sehingga darah tak akan keluar lagi dan alihkan pernafasan ini melalui mulut. Sedangkan durasi waktu memencet hidung ini paling lama 10 menitan

4.    Jangan Panik Dan Duduk
Saat mimisan ini berlangsung sebaiknya jangan panik dan gunakan untuk duduk agar mimisan ini cepat teratasi karena saat panik ini akan memicu darah segar akan keluar lebih banyak melalui hidung sedangkan posisi duduk ini agar darah tak masuk ke kerongkongan dan ke perut yang bisa menyebabkan mual dan hindari tidur terlentang saat mimisan ini.   
ARTIKEL TERKAIT