Cara Mengatasi Cegukan Dengan Alami

image : www.ohmyindia.com
Cegukan pastinya sudah tak asing lagi bagi kita karena sejak usia kecil kita sudah pernah terkena cegukan ini dan ini kita rasa sangat mengganggu kenyamanan kita disaat bernafas. Cegukan ini terjadi karena pada diafragma ini terjadi kontraksi tiba – tiba yang tidak disengaja dan ini terjadi setiap menitnya dan berlangsung cukup lama bisa berjam – jam dan sampai beberapa hari tapi yang sering terjadi ini cegukan yang berdurasi hanya beberapa jam tapi cegukan bisa hilang degan sendirinya tanpa kita obati secara khusus.

         Kebiasaan – kebiasaan tertentu ini bisa membuat cegukan ini muncul dan ini mungkin tanpa kita sadari dan kebiasaan ini bisa berbentuk seperti makan dalam jumlah banyak dengan cepat, setelah makan panas minum yang dingin, tertawa dan batuk terlalu kencang tidak hanya itu saja seorang penderita penyakit ginjal lebih rentan terkena cegukan dan suasana atau cuaca dingin juga bisa memicu cegukan. Memang cegukan ini bisa hilang dengan sendirinya tapi alangkah baik juga melakukan beberapa gerakan supaya cegukan ini dapat lekas hilang seperti :

1.    Atur Pernafasan
Mengatur pernafasan ini memang sangat membatu didalam menghilangkan cegukan dengan cara cari tempat yang tenang yang tentunya jauh dari keramaian setelah itu duduk dan ambil nafas dengan perlahan – lahan dan keluarkan dengan pelan dan berkonsentrasi untuk menghilangkan cegukan disaat mengambil dan mengeluarkan nafas.

2.    Melakukan Gerakan Tubuh
-    Dengan posisi tidur terlentang di atas matras atau tikar dan tekuk kedua lutut menghadap ke perut dan lakukan gerakan ini sekitar 10 menit bila cegukan ini masih maka lakukan gerakan tersebut sekali lagi.
-    Lakukan gerakan tubuh dengan berdiri setelah itu tekuk badan menjadi 2 yang dimana posisi kepala menghadap kebawah tepat di lutut  dan tahan posisi ini selama 10 menit, apa bila cegukan ini masih maka lakukan gerakan ini sekali lagi.
-   Pijat kelopak mata dengan perlahan – lahan dengan cara letakan jari telunjuk di kelopak mata dan usap se arah jarum jam secara pelan dan lakukan pemijatan ini selama 10 menit bila cegukan ini masih maka lakukan pemijat ini sekali lagi.

3.    Dengan Media Air Es
-   Sediakan es batu di gelas dan beri air lalu minum air es ini dengan sedikit – sedikit
-   Masukan es batu ini kedalam bak  mandi yang di beri air bersih dengan takaran 1 banding  1.

4.    Menahan Nafas
Menahan nafas ini juga efektif untuk menghilangkan cegukan dengan cara ambil nafas dan tahan beberapa saat dan lepaskan setelah itu ambil nafas dengan biasa dan bila cegukan ini masih maka bisa lakukan menahan nafas ini sekali lagi.

5.    Bernafas Di Dalam Kantong Kertas
Bernafas di dalam kantong kertas ini juga bisa untuk mengobati cegukan dengan cara siapkan kantong udara dari kertas yang bersih dan buat nafas dan tahan nafas beberapa saat di waktu bernafas di kantong kertas setelah itu bernafas seperti biasanya.

Catatan : Bila Hal Diatas Sudah Dilakukan Bila Tanpa Membawakan Hasil Maka Segeralah Periksalah Ke Dokter Agar Mendapat Penanganan Yang Yang Khusus
ARTIKEL TERKAIT