Kegunaan Dan Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh


www.seratu.com
Ilustrasi
Berenang merupakan jenis olah raga air yang banyak peminatnya dan merupakan sebagai ajang rekreasi keluarga yang murah meriah juga menghemat biaya selain itu jenis olah raga ini sangat tidak membosankan khususnya untuk anak - anak yang dimana bila diajak untuk pulang pasti tidak mau dan pengenya berendam didalam air. Bagi sebagian orang ini takut untuk berenang dan ini juga pasti ada sebab musababnya misalnya pernah tengelam di kolom renang, terserat obak laut dan trauma dimasa kecil, bila hal ini tidak segera diatasi bisa menyebabkan selamanya takkan berani untuk berenang atau bermain air di alam bebas ( kolam renang dan di pantai ).

Berenang juga harus tahu akan teknik – teknik berenang yang dimana dapat melancarkan berenang ini misal harus menguasai salah satu gaya berenang seperti gaya bebas, gaya kupu - kupu, gaya dada dan gaya katak. Sebelum berenang ini disarankan untuk melakukan pemanasan seperti melemaskan sendi – sendi ( mengerakan gerakan lutut, pergelangan tangan dan kaki ), senam pernafasan dengan cara mengambil oksigen sebanyak – banyaknya dan mengeluarkan pelan – pelan lakukan hal ini 3 kali dan sebelum kita melakukan berenang ini basahi badan ini dengan cara merendam di dalam kolam renang setelah basah bisa keluar dari kolam renang sejenak, tapi sebenarnya didalam melakukan aktivitas berenang ini haruslah konsentrasi juga menikmati akan berenang ini supaya berenang kita bisa maksimal dan berlangsung lama, setelah itu baru melakukan aktivitas berenang.

Didalam melakukan berenang ini juga harus memakai baju berenang yang sudah banyak beredar di toko – toko dan bila tak punya pakaian baju renang bisa mengunakan kaos dan celana pendek yang tipis dan ketat supaya didalam melakukan aktivitas renang ini tidaklah berat. Berenang ini selain menyenangkan juga banyak sekali manfaatnya dan sudah menjadi rahasia umum seperti bisa menambah tinggi badan, menyehatkan sistem pernafasan selain itu juga masih banyak lagi seperti berikut ini :

1.    Meminimalis Stres
Bagi pekerja kantor berenang ini sangat disarankan karena dapat terhindar dari stres dan memberi semangat didalam bekerja karena di saat kita melakukan berenang ini juga memberi suasana yang berbeda dan menyejukan pikiran dan hati karena kita berada didalam air dalam waktu yang cukup lama.

2.    Bisa Untuk Diet
Didalam berenang sangat baik sekali untuk proses diet karena didalam berenang ini banyak sekali lemak yang terbakar karena tubuh ini banyak bergerak dan cukup lama dengan pola salah satu gaya berenang ini.

3.    Dapat Membentuk Tubuh Ideal
Banyak sekali atlit renang ini memiliki tubuh ideal dari mulai tinggi, perut yang sixpack, dan kulit kelihatan lebih meremaja, maka dari itu bila ingin mempunyai tubuh yang ideal maka lakukan berenag dengan rutin.

4.    Menambah Kebugaran Tubuh
Didalam melakukan berenang ini banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh seperti menyehatkan metabolisme, melancarkan peredaraan darah, dapat membakar lemak, merefres pikiran sehingga terhindar dari stres dari 4 macam manfaat ini dapat menjaga dan menambah kebugaran tubuh, maka dari itu rajinlah berenang sehingga dapat meminimalis penyakit masuk kedalam tubuh.

5.    Menyehatkan Jantung
Beragam manfaat didalam berenang ini juga bisa untuk menyehatkan jantung yang dimana didalam berenang ini menggerakan otot dan membuat sirkulasi darah menuju jantung menjadi normal sehingga kita terbebas dari penyakit jantung. 
ARTIKEL TERKAIT