Tips Dan Trik Cara Mengatasi Kutu Yang Ada Di Beras


www.seratu.com
Kutu Beras
Kutu yang ada di beras atau kutu beras ini merupakan persoalan yang sering terjadi disaat beras ini masih dalam jumlah banyak dan terlalu lamanya beras ini ditimbun sehingga mempermudah kutu beras ini berkembang biak. Kok bisa ya beras yang dari awal tak ada kutunya kok lama kelamaan ada kutunya..? pertanyaan ini sering timbul dan juga menjadi sebuah pertanyaan yang jarang bisa menjawabnya secara ilmiah, sebenarnya kutu yang ada di beras ini bisa ada karena beras ini sudah membawa telur atau larva yang sering tak terlihat karena telur atau larva kutu beras ini bersembunyi pada beras yang ada lubang kecil yang dimana kutu betina ini menaruhnya dan melubangi beras dan rata - rata setiap 1 biji beras hanya 1 telur atau larva.

Pengaruh perkembangbiakan kutu beras ini sangat cepat karena tempat penyimpanan beras ini terlalu lembab dan terlalu lama menimbun beras. Beras yang dimana banyak kutunya ini juga sangat mempengaruhi akan kualitas beras tersebut seperti rasa beras tersebut akan hambar, berkurangnya akan kandungan yang ada di beras tersebut terutama nutrisi, alergi yang dimana kutu beras ini terlanjur dimakan akibat kurang teliti didalam membersihkan beras saat mau di masak dan ini dapat menimbulkan persoalan kesehatan yang baru seperti alergi, dan Mengurangi nafsu makan yang dimana nafsu makan ini akan berkurang karena disaat kita mau masak melihat kutu beras ini terlalu banyak sehingga disaat beras sudah dimasak menjadi nasi maka kita akan kepikiran kutu beras tersebut sehingga kita merasa jijik akan nasi tersebut.

Untuk penanganan kutu beras yang ada di beras ini memang banyak sekali cara dan ini bisa kita terapkan dirumah yang dimana cara apa yang paling efektif kita gunakan diantaranya sebagai berikut ini :

1.    Media Bawang Putih
Bawang putih ini juga ampuh didalam mengusir kutu beras ini dan cara mengaplikasinya sangat mudah yaitu siapkan bawang putih secukupnya dan kupas kulit luarnya setelah itu potong tipis – tipis dan taburkan diatas beras, ditengah beras dan di bawah beras yang akan di simpan.

2.    Kayu Manis
Aroma yang ada di kayu manis ini dapat mengusir dan membunuh kutu beras dan cara pemakaiannya sangat mudah siapkan kayu manis ini dan taruh diatas dan dibawah beras waktu penyimpanan.

3.    Cabai Kering
Cabai memang memiliki rasa khas yaitu akan kepedasannya yang dimana rasa pedasnya ini dapat mengusir kutu rambut berkembang biak pada timbunan beras dan cara pengunaannya sangat mudah siapkan cabe kering bisa segala jenis cabe yang tentunya benar – benar kering dan cara mengaplikasikanya sangat mudah taruh cabe kering ini pada bawah, tengah, atas beras yang akan kita timbun.

4.    Daun Jeruk Nipis Dan Jeruk Purut
Bau daun jeruk nipis dan jeruk purut ini khas dan bau khas pada jeruk nipis dan jeruk purut ini juga dipercaya dapat mengusir kutu beras berkembang biak dan caranya pun sangat mudah siapkan segegam daun jeruk nipis dan jeruk purut yang masih segar dan taruh di bawah, tengah dan atas beras yang akan kita timbun.

5.    Daun Pandan
Daun pandan ini memiliki bau yang sedap sehingga selain bisa mengusir kutu beras juga memberi bau yang sedap pada beras saat sudah dimasak menjadi nasi dan cara mengusir kutu beras dengan daun pandan ini juga sangat mudah yaitu siapkan daun pandan secukupnya yang masih segar dan taruh daun pandan di bawah, tengah dan atas beras yang akan ditimbun.

6.    Kain Basah
Kain basah ini memang sangat ampuh untuk membersihkan kutu beras yang ada di beras dan caranya yang unik yang dimana disaat kita mau memasak sebelum beras ini dibersihkan dengan air maka ambil beras yang akan dimasak setelah itu ratakan di sebuah media khusus untuk membersihkan beras sampai beras ini benar – benar rata di wadah tersebut setelah itu siapkan kain bersih yang sudah basah tapi tidak harus benar – benar basah cukup dengan kain yang dingin atau kain yang lembab setelah itu tutup dengan kain tersebut maka kutu beras ini akan menempel pada kain basah tersebut sangat mudah bukan.  
ARTIKEL TERKAIT