Cara Mengobati Anemia Secara Alami


image : www.maminkam.cz
Penyakit anemia ini kerap kita dengar di telinga dan penyakit anemia ini merupakan penyakit yang dimana sel darah merah ini di bawah normal, sedangkan sel darah merah ini mempunyai peran sebagai protein pembawa oksigen yang bertugas mengangkut oksigen keseluruh tubuh. Untuk seseorang yang dikatakan terkena anemia ini bila sel darah merah ( HB ) kurang dari 13,5 g/dr atau hematokkrit ( Hct ) 41% ini untuk laki – laki sedangkan untuk perempuan sel darah merah ( HB ) kurang Dari 11,5 g/dl atau Hematokrit ( Hct ) kurang dari 36%.

Penyakit anemia ini bisa terjadi kebanyakan bisa berbagai hal mulai dari gangguan ginjal, terlalu banyak mengkonsumsi minuman keras ( alkohol ) dan kurangnya zat gizi pada tubuh dan lain sebagainya namun sebelum anemia ini menyerang kita ini pastilah ada tanda – tandanya seperti wajah pucat, kepala merasa sangat ringan ( pusing ), sering sesak nafas saat digunakan aktivitas dan kekebalan tubuh mudah menurun sehingga mudah terkena penyakit. Sedangkan penyakit anemia ini tidak hanya menyerang orang dewasa tapi anak – anak pun juga bisa terjangkit penyakit anemia ini.

Pengobatan anemia ini sering kali dokter ini memberi obat  untuk menekan sistem kekebalan tubuh seperti pemberian Kortikosteroid, Transfuse darah dan memberi obat suplemen vitamin B12, besi, dan jenis vitamin lainnya juga jenis mineral yang dibutuhkan akan tetapi ada juga jenis obat tradisional yang bisa menyembuhkan anemia ini menjadi normal tentunya dengan bahan – bahan alami diantaranya sebagai berikut ini :

1.    Konsumsi Daun Bawang Merah
Daun bawang merah ini juga efektif didalam memulihkan dan menekan sel darah merah pada tubuh karena daun bawang Merah ini banyak mengandung zat besi yang tinggi sedangkan cara mengaplikasikannya dengan cara siapkan daun bawang merah 70 gram dan telur ayam kampung kalau bisa dan rebus kedua bahan tadi dan setelah itu konsumsilah.

2.    Mengkonsumsi Daging
Mengkonsumsi daging juga terbukti ampuh didalam meningkatkan sel darah merah sehingga anemia ini dapat terselesaikan dan sebaiknya didalam mengkonsumsi daging ini sebaiknya daging kambing karena lebih kaya akan proteinya di banding daging sapi.

3.    Perbanyak Mengkonsumsi Sayuran Hijau
Sayuran hijau ini juga bisa untuk meningkatkan sel darah merah selain itu juga baik sekali untuk diet sedangkan sayuran hijau ini meliputi daun bayam. Kangkung, brokoli seringlah mengkonsumsi jenis sayuran ini sehingga anemia ini dapat terselesaikan.

4.    Mengkonsumsi Kacang Almond
Perbanyak konsumsi kacang almond karena kacang almond ini banyak mengandung zat besi selain itu kacang almond ini dapat mempermudah melancarkan dan meningkatkan aliran dalam darah sehingga anemia ini dapat di tekan sehingga sel darah merah ini bisa menuju ke angka yang normal.

5.    Rebusan Telur
Mengkonsumsi rebusan telur ini juga baik sekali untuk memulihkan stamina akibat anemia juga kandungan protein yang ada di telur rebus ini juga baik sekali untuk meningkatkan produksi sel darah merah.

6.    Memperbanyak Mengkonsumsi Buah – Buahan
Selain memperbanyak mengkonsumsi sayuran dan daging juga memperbanyak mengkonsumsi buah – buahan ini juga baik untuk menormalkan angka sel darah merah HB yang sudah di patok. Sedangkan buah yang baik dikonsumsi seperti anggur, apel, semangka dan lain sebagainya.   
ARTIKEL TERKAIT