Cara Mudah Mengobati Muntaber Dengan Bahan Alami


image : allremedies.com
Pernahkan anda mengalami mutah – muntah juga dibarengi sering berak maka hal ini sering disebut masyarakat secara umum adalah muntaber sedangkan muntaber ini merupakan penyakit yang menyerang usus yang disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari keracunan makanan juga disebabkan oleh bakteri, jamur, parasit dan cacing,  Apa lagi di musim penghujan ini sangat rentan terkena muntaber karena banyak genangan dan air meluap yang tentunya air yang sangat keruh dan merupakan sumber penyakit.

Muntaber memang banyak menyerang anak - anak yang dimana kekebalan tubuh belum maksimal dan juga kurang menjaga kebersihannya tapi tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga bisa terkena muntaber ini. Bagi penderita muntaber ini pastilah mempunyai ciri atau gejala seperti perut terasa mual, kram, perih, kepala pusing, demam tinggi, sering muntah dan berak dan menjadikan wajah pucat, badan lemas, nafsu makan hilang dan pandangan mata kurang maksimal. Penyakit muntaber ini memang bisa menular yang medianya melalui air maka dari itu jagalah kebersihan lingkungan terutama di kamar mandi dan lantai dengan cara rutin menguras tandon air minum dan wadah air untuk mandi, jangan lupa memakai sabun anti-bakteri untuk membersihkannya jangan lupa untuk mengepel lantai secara rutin dengan sabun lantai jenis anti-bakteri dan lakukan sebelum dan sesudah makan untuk mencuci tangan dengan sabun anti-bakteri.

Pengobatan muntaber ini memang sudah banyak jenis obat kimia yang beredar di apotik terdekat dan jenis obat kimia ini seperti Metronidazol, Trimetoprim dan Sulfametoksazol semua jenis obat ini hanya untuk Antibiotika, tapi alangkah baiknya berkonsultasi ke dokter agar mendapat pengarahan dan obat yang tepat untuk dikonsumsi. Selain obat kimia ini juga ada obat tradisional yang merupakan resep turun temurun dari nenek moyang kita seperti :

1.       Minum Air Kelapa Hijau
Air kelapa hijau ini memang banyak khasiatnya terutama untuk menetralisir racun yang ada di saluran pencernaan dan pengobatannya bisa langsung minum air kelapa hijau ini tanpa campuran apapun tapi juga bisa di tambah dengan ½ sedok makam garam dan habiskan seketika dalam meminumnya lakukan hal ini sehari 1 kali.

2.       Kombinasi Antara Bawang Putih Dan Garam
Pengobatan yang ke 2 ini sangat mudah yaitu cari bawang putih 3 siung dan kupas kulit luarnya dan haluskan bisa di blender setelah halus beri sedikit garam sekitar ½ sendok makan setelah itu taruh ramuan ini di gelas dan seduh dengan air mendidih lalu aduk – aduk dan biarkan sampai hangat dan minum airnya saja.

3.       Daun Sembung Yang Masih Muda
Daun sembung ini juga efektif untuk mengobati muntaber dengan cara siapkan 7 daun sembung yang muda yang masih segar dan cuci bersih setelah itu rebus dengan takaran air 2 gelas dan biarkan airnya sisa 1 gelas dan  minum saat hangat lakukan pengobatan ini sehari 2 kali.

4.       Kombinasi Antara Daun Biji Muda Dan Pisang Biji
Kombinasi ini juga ampuh untuk mengobati muntabner ini dengan cara siapkan 10 lembar daun biji yang muda dan segar dan 1 buah pisang biji yang masih segar juga dan cuci bersih ke-2 bahan tersebut dan haluskan bisa di blender atau di tumbuk setelah halus kasih air matang  3 gelas dan aduk sampai rata dan minum sehari 3 kali dengan takaran 1 gelas.

5.       Membuat Obat Oralit Sendiri
Siapkan 2 gram garam, 8 gram gula pasir tambahkan air matang 400ml dan aduk minum air ini sesering mungkin.

Selain obat diatas juga lakukan beberapa hal agar penyakit muntaber ini lekas sembuh seperti :

-          Iistirahata yang cukup
-          Minum air putih yang banyak
-          Hindari makanan pedas, Merokok Dan Minuman Beralkohol
-          Makan – makanan yang halus seperti bubur    

Catatan : Jika pengobatan herbal ini bila tak ada perubahan, secepatnya bawa ke dokter setempat.
ARTIKEL TERKAIT