Tips Membasmi Dan Mengusir Kutu Rambut Dengan Alami


image : www.bestonlinemd.com
Kutu rambut merupakan salah satu parasit yang sering singah dan menetap di rambut kepala dan kutu rambut ini sangat mudah berkembang pesat karena kutu rambut yang betina ini sanggup bertelur sehari 6 telur dan menetas selama 8 hari dan ini merupakan perputaran berkembang biaknya kutu menjadi lebih cepat. Kutu rambut ini sangat membuat kulit kepala menjadi gatal ini dikarenakan kutu rambut ini hidup dengan menghisap darah dari kulit kepala jadi bila anda sering mengaruk – garuk kulit kepala ini pasti ada indikasi bahwa adanya kutu di kulit kepala anda.

Kutu rambut ini mudah sekali menyerang siapa saja yang terlebih pada rambut yang kurang menjaga kebersihan terutama pada orang yang sudah ada bibit – bibit kutu kepala ini maka akan mudah berkembang biak. Kutu rambut ini merupakan kutu yang bisa berpindah tempat seperti dari si A ke rambut si B dan perpindahan ini bisa melalui Bantal, Sisir Rambut, Kerudung Rambut, Ikat Rambut, Topi Dan Aksesoris Rambut Lainnya maka dari itu sebaiknya hati – hati terhadap teman, saudara dan orang lain yang terjangkit kutu rambut ini di dalam meminjam barang – barang tadi.

Bila rambut kepala kita ini terjangkit kutu rambut ini biasanya terasa gatal – gatal ini dikarenakan oleh zat terkandung pada air liur kutu kepala ini. Kutu rambut ini sering disebut juga dengan TUMO ( istilah orang jawa ) dan terdapat telur kutu rambut yang menyerupai ketombe dan ini sangat sulit di hilangkan. Jenis obat untuk kutu rambut ini memang sangat bermacam jenisnya terutama yang  berupa cair yang bersifat kimia dan termasuk jenis obat luar, tapi sebenarnya ada jenis obat tradisional yang bersifat membasmi kutu rambut sampai telurnya yang bahannya dari lingkungan sekitar seperti :

1.    Air Sari Bawang Merah
Air sari bawang merah ini memang banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh dan air sari bawang merah ini mampu untuk membasmi kutu rambut dengan cara siapkan 2 gegam bawang merah dan haluskan setelah itu beri sedikit air matang sekitar 20 ml dan aduk sampai berbentuk pasta setelah itu balurkan merata pada rambut dan sampai menyentuh kulit kepala dan pijat – pijat dan biarkan selama 2 jam setelah itu bilas dengan air bersih juga bisa mengunakan shampo.

2.    Air Daun Sirsak
Daun Sirsak ini juga ampuh didalam membasmi kutu rambut dengan cara siapkan daun sirsak yang masih segar sebanyak 15 lembar dan rebus dengan air 1 liter dan biarkan dingin setelah mendidih, alangkah baiknya diamkan selama 12 jam setelah itu balurkan pada keseluruh rabut dan sampai kulit kepala dan pijat – pijat setelah itu diamkan selama 2 jam setelah itu bersihkan rambut dengan air bersih bisa mengunakan shampo.

3.    Minyak Zaitun
Minyak zaitun ini memang begitu banyak manfaatnya khususnya untuk kesehatan manusia terlebih bisa untuk membasmi kutu rambut dengan cara siapkan minyak zaitun setelah itu oleskan minyak zaitun ini pada saat mau tidur malam sampai merata mulai dari ujung rambut sampai kulit kepala setelah itu tutup dengan Shower-Cup dan gunakan untuk tidur setelah bangun di pagi hari bisa bersihkan dengan air bersih juga bisa mengunakan shampo.

4.    Minyak kelapa
Minyak Kelapa ini juga bisa untuk membasmi kutu rambut dengan cara siapkan minyak kelapa dan oleskan minyak kelapa pada rambut yang kering dan saat mau tidur malam setelah itu pijat – pijat pada kulit kepala selama 20 menit setelah itu tutup rambut ini dengan shower-cup setelah bangun pagi bersihkan dengan air bersih dan bisa mengunakan shampo.

5.    Mengunakan Sisir Pengusir Kutu Rambut
Cara ini memang sangat kuno tapi juga efektif didalam mengurangi populasi kutu rambut dan telurnya dan didalam penggunaannya dengan sisir kutu rambut ini haruslah pelan untuk menghindari rambut tumbang dan terlepas dari kulit kepala dan setelah itu bersihkan sisir kutu ini dengan di rendam didalam air yang mendidih guna untuk menghindari penularan kutu ke rambut orang lain.      
ARTIKEL TERKAIT