Cara Mengobati Luka Bakar Dengan Alami


image : www.naturalremedies.org
Luka bakar merupakan salah satu peristiwa kelalaian dan kurangnya hati – hati kita yang dimana kulit kita atau anggota badan kita bisa terluka bisa terkena api, terkena minyak goreng yang masih panas, terkena benda panas seperti setrika, knalpot kendaraan bermotor dan lain sebagainya. Luka bakar ini memang sudah umum akan meninggalkan bekas tapi sebelum itu akan melepuh yang di dalamnya kulit yang melepuh tersebut terdapat cairan yang seperti air yang lama – kelamaan kulit yang melepuh tadi akan meletus dan akan membuat bekas luka ( tidak akan sama warna kulitnya sama kulit aslinya ). Memang luka bakar yang sudah lama ini tak akan sakit tetapi akan membuat kita tak percaya diri karena akan kelihatan belang.

Anggota badan yang sering terkena luka bakar ini biasanya pada kaki dan tangan dan luka ini akan terasa panas sesaat dan sebaiknya bila ada kejadian luka bakar ini sebaiknya jangan di cuci dengan air terutama dengan air dingin atau air es, tapi buang benda yang melekat pada kulit yang terkena luka bakar, perban luka bakar ini dengan perban bisa mengunakan plastic bening, hindari sinar matahari langsung dan konsumsilah obat kimia seperti parasetamol untuk menghilangkan rasa sakit.

Obat kimia yang khusus untuk luka bakar ini memang sudah banyak tersedia di apotik terdekat dan obat kimia ini kebanyakan berbentuk krim yang dimana dalam pengaplikasianya langsung dioleskan pada luka bakar tersebut tapi alangkah baiknya berkonsultasi pada dokter setempat. Obat luka bakar ini tidaklah harus yang kimia tapi ada juga yang tradisional yang tentunya bahan yang berasal dari bahan – bahan alami yang ada di sekitar kita diantaranya sebagai berikut ini :

1.    Madu Murni
Madu murni sangat sulit dicari tapi bila mau datang langsung ke petani lebah mungkin boleh untuk membelinya karena di dalam pengobatan luka bakar sangat membutuhkan madu murni karena madu yang beredar di toko – toko ini banyak sekali campuran dan juga ada bahan pengawet yang tentunya kurang baik untuk penyembuhan luka bakar ini sedangkan didalam mengaplikasikanya sangat mudah yaitu oleskan langsung pada luka bakar dan biarkan.

2.    Putih Telur Ayam Jawa
Putih telur Ayam Jawa ini juga ampuh untuk mengobati luka bakar dengan cara ambil telur dan ambil putihnya saja dan oleskan pada luka bakar dan diamkan sampai mengering maka rasa sakit dalam beberapa jam akibat luka bakar ini sudah hilang.

3.    Tanaman Lidah buaya
Tanaman lidah buaya ini memang banyak sekali manfaatnya dan salah satunya untuk mengobati luka bakar karena getah lidah buaya ini mempunyai rasa menyejukan dan mendinginkan luka bakar ini dan cara mengaplikasikanya sangat mudah yaitu ambil satu buah lidah buaya dan potong dan bekas potongan tadi yang terdapat getah oleskan langsung ke kulit yang terkena luka bakar.

4.    Kulit Pisang Matang Bagian Dalam
Pengobatan dengan kulit pisang ini merupakan sudah menjadi icon untuk mengobati luka bakar dan juga bisa mengembalikan warna kulit seperti semula dan cara mengaplikasikanya sangat mudah yaitu siapkan kulit pisang yang masih segar dan gosok bagian dalam kulit pisang perlahan – lahan pada luka bakar sampai kulit pisang ini berwarna hitam.


     
ARTIKEL TERKAIT