Tips Sederhana Menangani Cartridge Printer Canon Yang Buntu

www.seratu.com
Cartridge Canon

Bagi perusahaan atau perkantoran ini tak lepas dari cetak – mencetak yang dimana tak bisa lepas dari printer. Printer ini di perintah oleh komputer atau laptop sehingga dapat menghasilkan cetakan sesuai keinginan yang dimana bisa berupa tulisan atau gambar. Untuk jenis produk printer ini memang ada beberapa jenis yang sering dipakai instansi perkantoran seperti Canon, Epson, HP, Brother dan di setiap produk printer ini memiliki banyak macamnya atau seriesnya, dan rata – rata setiap printer ini memiliki 2 fersi ada yang hanya di buat cetak dan ada yang dibuat cetak + scanner + fax sedangkan untuk harga ini sangat bervariasi. Untuk jenis printer ini memang banyak ditemui mengunakan isi ulang yang berisi tinta cair ada juga yang mengunakan tinta serbuk.

Didalam pemakaian printer canon ini di saat mencetak pasti pernah mengalami cetakan yang kurang maksimal seperti tulisan atau gambar yang putus – putus dan hasil cetakan yang dibawah sendiri hilang hasilnya padahal cartridge terhitung masih baru di ganti dan mungkin bagi sebuah perusahaan yang maju pasti tak berfikir panjang maka tinggal ganti yang baru. Didalam kasus ini terutama untuk cartridge series canon ini sebenarnya masih bisa di servis dan kadang memang harus diganti. Banyak sekali yang mengeluh tentang cartridge canon ini yang selalu minta ganti yang baru seperti tipe pg40. 41, 830, 831, 810, 811, 740, 741 namun semua ini pasti bisa di atasi tidak harus diganti dengan yang baru, caranya berikut ini :

Cara Servis Cartridge Canon Yang Buntu

1.Dengan Air Panas
        Air Panas ini juga bisa menormalkan cartridge yang buntu dengan cara siapkan air panas dalam wadah  setelah itu ambil katembat lalu basahi sedikit katembat ini dengan air panas tersebut setelah itu oleskan pada cartridge canon yang buntu dengan posisi bisa terbalik atau berdiri setelah itu oleskan pada lubang tinta yang bawah dengan cara mengoleskan searah secara pelan – pelan lakukan hal ini berulang – ulang setelah itu bersihkan dengan tisu dan selanjutnya testing buat cetak bila hasilnya kurang maksimal maka bisa ulangi lagi cara tersebut dan bila hasilnya maksimal maka buatlah cetak 5 lembar sekaligus agar sisa kotoran atau kerak yang ada di cartridge bisa keluar dan cartridge buntu bisa terselesaikan.

2. Cleaner Pembersih Kaca
       Cairan ini juga efektif didalam membersihkan tinta yang tersumbat dengan cara siapkan Cleaner ke wadah tempat cartridge atau lepek buat minum kopi atau sejenisnya setelah itu beri cairan cleaner pembersih kaca secukupnya dengan catatan cartridge bagian bawah saja yang terendam dan biarkan 1 malam setelah itu ambil dan bersihkan dengan tisu setelah itu isi ulang cartridge dengan tinta secukupnya atau seperti biasanya dan taruh kembali cartridge tersebut dengan alas tisu yang berguna untuk melancarkan tinta untuk keluar atau bisa di cleaner langsung dari software printer tersebut setelah itu lihat hasilnya pasti maksimal.

3. Air Liur
        Air liur ini juga bisa untuk melancarkan cartridge yang buntu dengan cara ambil 2 helai tisu dan lipat – lipat hingga sedemikian rupa setelah itu basahi tisu tersebut dengan air liur secukupnya dan tempelkan bagian bawah cartridge dengan waktu 20 menit bisa tambah  durasinya tergantung dengan parahnya buntu pada cartridge setelah itu bersihkan dengan tisu setelah itu buatlah mencetak bila hasilnya kurang maksimal bisa di cleaner dengan software bawaanya driver printer dan buatlah cetak pasti hasilnya maksimal.   
ARTIKEL TERKAIT