Bahayanya Tidur Dengan Posisi Tengkurap Untuk Kesehatan Kita


           
www.seratu.com
Ilustrasi
Tidur…bagi yang sudah mendengar kata- kata itu semua pasti sudah bisa membayangkan. Tidur dengan kasur dan bantal yang empuk beserta selimut yang lembut. Tidur juga merupakan rutinitas  kegiatan yang sering kita lakukan. Bagi manusia, tidur yang cukup sangat baik untuk kesehatan, juga baik untuk orang sakit juga dianjurkan banyak-banyak tidur untuk memulihkan daya tahan tubuh, karena tidur termasuk bentuk dari  istirahat yang dimana tubuh ini didalam tidur juga melakukan regenerasi sel – sel yang rusak dan mendektonasi racun dalam tubuh sehingga disaat bangun tidur badan terasa segar bugar istilah kerenya batrei penuh.


            Tidur ini sangat banyak sekali posisinya mulai dari berbaring, tengkurap, miring kanan atau kiri, kadang ada juga tidur yang sering gonta – ganti posisi seperti awalnya tidurnya berbaring disaat bangun sudah dalam posisi tengkurap ternyata disaat kita tidur ini banyak sekali gerakan sampai ada yang saat tertidur ini berjalan seperti orang tidak keadaan tidur dan ini sering dinamakan dalam istilah jawa Nglindur. Sedangkan tidur ini dianjurkan 8 jam dalam 24 jam karena bila kita kurang istirahat dan ini terjadi terus menerus bisa membahayakan kesehatan dan posisi tidur ini usahakan berbaring bisa ke kiri atau ke kanan sedangkan tidur keadaan tengkurap ini jangan dilakukan karena tidak baik untuk kesehatan apalagi posisi tidur tengkurap ini dijadikan salah satu rutinitas tidur kita karena mempunyai efek kesehatan yang buruk seperti berikut ini :

1.    Membuat Jantung Tidak Sehat
Posisi tidur tengkurap ini tidak baik untuk kesehatan jantung yang dimana disaat kita tidur tengkurap ini jantung kita menjadi terhimpit sehingga aliran oksigen dan darah ke jantung menjadi terganggu dan bila hal posisi tidur tengkurap ini sering dilakukan maka akan memicu penyakit jantung.

2.    Menimbulkan Nyeri Di Leher
Posisi tidur tengkurap ini juga bisa membuat rasa nyeri di leher dan instan bisa dirasakan disaat bangun tidur dan hal ini bisa terjadi karena disaat kita tidur dengan posisi tengkurap secara otomatis kepala ini akan miring ke kakan atau ke kiri yang bertujuan untuk hidung ini tidak tertutup dan mempermudah pernafasan disaat tidur.   

3.    Mengganggu Pernafasan
Pernafasan disaat tidur tengkurap ini pasti terganggu karena di saat posisi tidur hidung kita tertutup oleh alas tidur bisa batal, tikar dan lain sebagainya dan tidur ini tak rasa nyaman karena sering terbangun yang disebabkan pernafasan ini terganggu dan dada terasa sesak karena dada ini menupang badan kita disaat tidur tengkurap.

4.    Menimbulkan Sakit Kepala
Posisi tidur tengkurap ini juga bisa memicu terjadinya sakit kepala saat bangun karena disaat kita tidur tengkurap ini saluran oksigen dan darah ke kepala terganggu karena posisi kepala dan leher yang tidak nyaman.  
ARTIKEL TERKAIT