Cara mengobati Dan Mencegah Penyakit Epilepsi


image : id.wikipedia.org
Penyakit epilepsi ini mudah menyerang siapa saja dan bentuk penyakit epilepsi ini berupa kejang – kejang dan durasinya tak dapat di tentukan dan bisa terjadi berulang – ulang dalam sehari juga bisa menimbulkan kepanikan bagi orang di sekitarnya. Penyakit epilepsi bagi orang jawa ini sering disebut dengan Ayan dan mitosnya penyakit ini seperti penyakit kutukan. Menurut medis penyakit epilepsi ini tidak diketahui secara pasti penyebabnya namun bisa didevisinikan sebagai masalah metabolisme dan genetik seperti cacat bawaan lahir dan terjadi gangguan saat perkembangan ( pertumbuhan fisik dan mental ).

Memang penderita epilepsi kalau sedang kambuh ini sangat membuat kepanikan orang di sekitarnya dan apa yang harus diperbuat ? untuk pertolongan pertama penyakit epilepsi sebaiknya biarkan saja yang penting disaat penderita epilepsi ini disaat kambuh tidak membahayakan nyawanya karena kambuhnya penyakit epilepsi ini tidak melihat waktu, keadaan juga tempat dan sebaiknya tidak memberi sesuatu apapun untuk ditelan, namun bila kita inggin menolongnya cukup memiringkan wajahnya bila keluar air liurnya dan kejang – kejang yang ditimbulkan penyakit epilepsi ini akan mereda sendiri dan akan sehat seperti sedia kala.

Epilepsi ini cenderung terjadinya kejang – kejang karena terjadi aktivitas listrik yang berada di otak ini bersifat tak sinkron karena di neuron atau sel saraf ini mengeluarkan muatan listrik yang tak normal. Sedangkan pengobatan yang diberikan dokter ini untuk mengobati pasien penderita epilepsi ini sering dilakukan EEG ( Elektroencephalogram ), Ct Scan ( Komputed Tomograpy, MRI ( magnektikc Resonance Imaging ) ini semua bertujuan untuk memberikan obat dan takaran yang tepat untuk diberikan pasien epilepsi tersebut, namun tidak  hanya obat kimia yang bisa mengobati epilepsi ini tapi ada juga jenis obat epilepsi ini yang bersifat herbal yang tentunya dengan bahan alami yang sudah menjadi ramuan turun – temurun seperti :

Kombinasi Daun Pegagan, Gula Aren, Dan Gula Jawa
Siapkan segegam daun pegangan yang masih segar dan cuci bersih setelah itu campur gula aren dan gula jawa secukupnya dan haluskan setelah halus ambil satu sendok makan dan seduh dengan air mendidih segelas dan biarkan dingin dan saring untuk diambil airnya dan rutin minu ramuan ini sehari 1 gelas.

Catatan : memang secara umum obat kimia atau herbal ini untuk mengobati epilepsi ini belum ada yang 100 % berhasil mengatasinya dan untuk ramuan diatas tersebut untuk ibu hamil dan  menyusui sebaiknya jangan mengkonsumsinya, ramuan ini juga bisa memperburuk penderita penyakit Diabetes karena ramuan diatas dapat menaikan kadar gula dan lemak dalam tubuh dan didalam pemakaian ramuan diatas bila kedapatan memperburuk keadaan kesehatan maka segera hentikan.
Memang mencegah itu lebih baik dari pada mengobati dan untuk mencegah epilepsi ini menyerang kita, maka lakukan hal berikut ini :

1.    Perbanyak Mengkonsumsi Air kelapa
2.    Mengkonsumsi Susu Rendah Lemak
3.    Perbanyak Minum jus Buah
4.    Sering mengkonsumsi Garam Epsom untuk Masak
5.    Sering Senam Yoga
6.    Sering Melakukan Meditasi
7.    Dan Lakukan Pola Hidup Sehat.
ARTIKEL TERKAIT