Cara Mengobati Panas Dalam Dalam Tubuh


www.seratu.com
Ilustrasi
Istilah panas dalam di dunia medis ini sebenarnya tidak ada cuma ini istilah yang disebabkan oleh panasnya dianggota tubuh terutama perut bagian dalam dan ini yang menjadikan nama istilah panas dalam. Panas dalam ini memang terasa sangat menyiksa yang dimana panas dalam ini diakibatkan karena tidak ada keseimbangan yang bersifat panas dan dingin dalam tubuh. Sedangkan untuk jenis makanan yang bersifat dingin ini seperti sayur – sayuran dan buah – buahan sedangkan makanan yang bersifat panas ini seperti gorengan, cabe, daging, jahe, dan jenis makanan yang banyak lemaknya. Panas dalam yang terjadi pada perut khususnya di sistem pencernaan ini juga bisa terjadi karena tingkat stres yang tinggi menjadikan tahan tubuh menurun dan hormon yang tidak stabil.

Panas dalam ini memang penyakit yang tidak begitu membahayakan jiwa tapi akibat panas dalam ini bisa memicu penyakit lain seperti badan meriang, tenggorokan kering, dan sariawan namun jangan khawatir untuk obat panas dalam ini sudah banyak beredar khususnya jenis kimia dan banyak jenisnya dan bentuknya paling banyak berbentuk cair dan harga juga bervariasi. Bagi yang takut mengkonsumsi obat berjenis kimia ini bisa mengunakan obat yang berbahan alami atau herbal seperti :

1.    Mengkonsumsi Madu Dan Air Buah Lemon
Madu dan air buah lemon ini memang banyak sekali manfaatnya untuk tubuh kita terutama madu yang banyak mengandung vitamin, nutrisi dan mineral sedangkan lemon ini cukup tinggi mengandung vitamin C, membuat minuman perpaduan antara madu dan lemon ini sangat mudah, siapkan air ½ gelas dan kasih madu 9 sendok makan dan air sari lemon 4 sendok makan dan aduk – aduk lalu minum, lakukan hal ini sehari 2 sampai 3 kali.

2.    Kuning Telur Ayam Kampung
Telur bagian kuning telur ayam kampung ini sering digunakan bahan campuran untuk membuat jamu yang dimana dipercaya dapat menambah stamina tubuh tidak hanya itu kuning telur jawa ini juga bisa untuk mengobati panas dalam dengan cara siapkan 1 butir ayam kampung yang masih baru bertelur dan lubangi sedikit telur tersebut guna untuk membuang putihnya saja dan setelah tersisa kuningnya saja maka perbesar lubang kulit telur ini untuk mempermudah mengambil kuning telut ini keluar dan langsung tengak kuning telur tesebut.

3.    Mengkonsumsi Air Garam
Garam ini memang mempunyai banyak manfaat terutama untuk menambah kekebalan tubuh kita dan garam ini banyak mengandung senyama mineral alami yang dapat meningkatkan panas dalam dengan cara siapkan air putih 1 gelas dan beri garam 4 sampai 7 sendok makan dan aduk – aduk lalu gunakan untuk berkumur saja, lakukan hal ini sehari 2 kali.

4.    Mengkonsumsi Air Kelapa Hijau Muda
Air kelapa hijau muda ini banyak sekali manfaatnya selain untuk menetralkan racun yang ada dalam tubuh juga bisa untuk mengobati panas dalam dengan cara siapkan kelapa hijau muda yang masih segar lalu lubangi dan minum air kelapa hijau muda ini lakukan hal ini secara berkala bisa seminggu 2 kali.

5.    Memperbanyak Mengkonsumsi Buah – Buahan
Mengkonsumsi buah – bauhan ini juga dapat meyeimbangkan panas yang timbul di dalam sistem pencernaan sehingga panas yang ada di dalam tubuh dapat hilang. Untuk jenis buah – buahan ini bisa berupa jeruk, pisang, jambu biji, apel, delima, sirsak, mangga dan blewah. 

6.    Perbanyak mengkonsumsi sayuran
Mengkonsumsi sayuran ini juga bisa mengurangi dan menghilangkan panas dalam seperti bayam, sawi, kubis, daun ketela dan pepaya dan usahakan didalam memasaknya dengan direbus.       
ARTIKEL TERKAIT