Cara Mengobati Suara Serak Atau Hilang Dengan Alami


image : www.rayur.com
Suara serak tentunya bila tidak segera di tangani atau diobati bisa menyebabkan suara ini hilang. suara serak bila digunakan untuk bicara tenggorokan ini terasa sakit dan tentunya sangat menyiksa juga terasa ada yang mengganjal di tenggorokan. Suara yang serak atau hilang ini bisa disebabkan berbagai hal secara umum seperti terlalu keras disaat berbicara atau berkata – kata dalam waktu lama atau beberapa hari dan sifatnya dipaksa dan ini biasanya seorang penyanyi ( artis ) / Mc / public speaking .

Keadaan stamina tubuh yang menurun ini juga bisa menyebabkan suara serak dan lama – kelamaan bisa hilang suara ini biasanya sebelum suara serak ini terasa dibarengi dengan batuk , demam, dan berlanjut flu dan apa bila hal ini terjadi pasti ada perubahan di tenggorokan yang tidak mengenakan dan memicu serak di tenggorokan. Suara serak yang berujung suara hilang ini juga bisa terjadi karena faktor lain seperti :

-  Kebanyakan merokok
-  Terlalu banyak makanan yang berminyak
-  Kurangnya minum air putih
-  Sering menghirup udara yang kotor ( populasi udara, paparan debu  )
-  Alergi terhadap beberapa makanan ( bakteri )

Untuk pengobatan suara serak yang berujung suara hilang ini bisa dengan kimia dalam bentuk kemasan cair atau kapsul yang tentunya sangat mudah kita dapat di apotik terdekat dan alangkah baiknya berkonsultasi ke dokter dahulu dan ini tentunya juga tidak sedikit biaya yang dikeluarkan. Pengobatan suara serak yang dapat berujung dengan suara hilang ini juga bisa diobati dengan alami yang tentunya tidak begitu mempunyai efek samping dan tentunya sangat murah dan berikut ini jenis pengobatanya :

1.    Air Garam
Air garam sangat baik untuk melegakan tenggorokan sehingga suara yang serak atau sampai suara hilang ini cepat teratasi  dengan cara siapkan air hangat segelas dan beri 1 sendok makan garam lalu aduk – aduk sampai air dan garam menyatu dan gunakan air garam ini untuk berkumur lakukan hal ini sehari 2 kali. Sedangkan berkumur dengan air garam ini bertujuan untuk melunakan pita suara dan mempercepat penyembuhan juga dapat melembabkan dan melegakan tenggorokan sehingga suara yang serak lambat laun akan sembuh sendiri.  

2.    Minuman Jahe hangat
Jahe memang dari dulu sudah di kenal sangat baik untuk mengatasi suara yang serak atau pun hilang karena jahe ini dapat meredakan peradangan pada tenggorokan dan menjaga membran mukosa tetap baik dengan cara siapkan jahe 3 biji sebesar ibu jari setelah itu cuci bersih dan rebus dengan 2 gelas air alangkah baiknya sebelum merebusnya dikeprek jahenya dan setelah hangat bisa dicampur dengan sedikit gula dan madu dan minum selagi hangat.

3.    Kombinasi Lemon Dan Madu
Kedua kombinasi ini dipercaya ampuh untuk mengobati suara serak yang di sebabkan oleh iritasi dan membunuh kuman yang ada di tenggorokan sehingga suara yang serak ini dapat hilang dengan sendirinya, untuk penyajiannya  sebagai berikut ini siapkan air hangat 1 gelas dan campurkan perasan lemon 1 buah dan madu 1 sendok makan dan aduk – aduk setelah itu minum lakukan hal ini sehari 2 atau 3 kali dalam sehari.

4.    Buah Delima
Mengkonsumsi buah delima ini juga di percaya dapat mengatasi suara yang serak atau hilang dengan cara siapkan buah delima yang sudah matang dan potong menjadi 2 dan buang bijinya setelah itu makanlah dengan porsi 1 atau 2 buah dalam satu makan dan lakukan hal ini sehari 3 kali.

5.    Mengunakan Uap Air Panas
Mengunakan uap air yang panas ini juga efektif untuk mengobati suara yang serak atau hilang dengan cara siapkan air yang mendidih dan tuangkan pada baskom setelah itu paparkan uap pada area kepala kita dan bungkus kepala bagian atas dengan handuk agar uap ini mudah masuk ke rongga sinus  jaga posisi ini untuk beberapa saat lakukan hal ini sehari 2 kali.

6.    Puasa Bicara
Puasa tidak hanya bulan ramadhan akan tetapi di saat kita terkena suara serak apalagi sampai suara hilang maka lakukan puasa bicara yang dimana kita sangat meminimalis suara yang bertujuan memulihkan pita suara untuk waktunya tergantung perkembanggan pemulihan pita suara, alangkah baiknya jangan buat bicara sama sekali walaupun kita bicara bisik – bisik ini juga bisa memperparah pita suara.

7.     Perbanyak Minum Air Putih Yang Banyak
Mengkonsumsi air putih yang banyak selain baik untuk kesehatan tubuh secara umum juga baik sekali untuk kesehatan suara karena dengan meminum air yang banyak ini tubuh kita ini bisa terhindar dari dehidrasi sedangkan dehidrasi ini bisa memicu tenggorokan kering dan bisa membuat suara kita serak dan hilang. Meminum air yang banyak ini dapat memberi kelembapan pada tenggorokan sehingga terhindar dari suara serak atau pun suara hilang.

8.    Istirahat Yang Cukup
Istirahat yang cukup ini jangan anggap hal sepele karena disaat kita sedang tidur tubuh ini secara alami mendektonasi racun dalam tubuh dan meregenerasi sel baru dalam tubuh sehingga gangguan yang ada di tenggorokan yang disebabkan alergi atau bakteri ini dapat hilang dengan sendirinya.  



ARTIKEL TERKAIT