Tips Dan Cara Menambah Dan Menurunkan Berat Badan


www.seratu.com
Ilustrasi
Makanan merupakan bagian dari kebutuhan kita sehari – sehari yang dimana makanan ini berperang penting didalam pertumbuhan badan ( fisik ) manusia. Makanan ini banyak sekali ragam dan macamnya tapi bisa digolongkan beberapa macam seperti daging, sayur, makanan olahan sendiri seperti roti / kue, gorengan dan masih banyak lagi jenis dan macamnya. Semua makanan ini yang mempengaruhi akan berat badan yang dimana turunya atau naiknya berat badan ini.
Bagi beberapa orang kelihatan pertumbuhan tubuh ini ada yang subur ( gemuk ) dan Langsing ( kurus ), sedangkan bagi yang memiliki badan gemuk ini pasti melihat orang yang langsing ini pasti iri padahal bagi yang kurus ini melihat yang gemuk ini juga iri,  tapi semua ini yang mempengaruhi secara umum adalah berapa banyak makanan yang dikonsumsi setiap harinya dan ini yang menjadi faktor utama pertumbuhan antara gemuk dan langsing. Tubuh yang proporsional / Ideal yang dimana badan atau fisik ini tentunya tak langsing dan tak gemuk ini adalah yang baik atau Ideal yang tentunya baik untuk kesehatan dan enak untuk di pandang mata.

Di zaman modern ini banyak sekali jenis obat kimia yang bisa untuk melangsingkan dan menggemukan badan / fisik tapi ini semua juga berbahaya apa lagi tanpa berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu, tidak sedikit pula kasus yang dimana untuk menurunkan berat  badan dan menaikkan berat badan ini secara kimia mengalami akhir yang tragis. Alangkah baiknya di dalam mendapat tubuh yang proporsional / Ideal ini mengunakan bahan – bahan alami yang dimana tidak ada efek sampingnya dan berikut ini cara menambah dan mengurangi berat badan agar menjadi badan yang Ideal diantaranya sebagai berikut ini :

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

1.    Konsumsi Makanan Yang Tepat
Mengkonsumsi makanan yang tepat ini salah satu langkah awal yang baik untuk menurunkan berat badan seperti sering kali mengkonsumsi makanan yang banyak serat dan protein yang dimana protein ini membuat kita kenyang lebih lama seperti makanan laut, kacang – kacangan, putih telur, daging, dan lain – lain yang tentunya mempunyai posisi aman untuk jangka panjang khususnya untuk kesehatan tubuh. Untuk makanan yang banyak seratnya ini sangat baik sekali untuk sistem pencernaan yang dimana sangat sedikit sekali timbunan lemak contoh makanan seperti buah – buahan, sayuran, biji – bijian dan lain sebagainya.

2.    Olah Raga Yang Cukup
Di dalam menurunkan berat badan olah raga ini mempunyai peran penting di dalamnya, karena dengan berolahraga ini banyak sekali lemak yang terbakar sehingga tubuh yang gemuk ini dengan cepat akan akan menjadi tubuh yang ideal dan jenis olah raga yang bisa dilakukan seperti berlari, bersepedah, senam, dan lain sebagainya untuk hasil yang maksimal bisa dilakukan dengan rutin setiap hari  dan untuk waktu bisa menyesuaikan.

3.    Kurangi Porsi Makan
Yang dimaksud mengurangi porsi makan ini adalah mengurangi jumlah makanan yang biasanya kita konsumsi,  semisal kita waktu makan di pagi hari 1 piring kita bisa mengubahnya menjadi ½ piring  dan tetap sehari sebanyak 3 kali dan juga hindari makan di waktu malam hari disaat kita mau tidur malam, juga hindari makan – makanan yang mengandung lemak.

4.     Istirahat Yang Cukup
Istirahat atau tidur yang cukup ini juga sangat baik sekali dilakukan untuk menurunkan berat badan karena didalam tidur ini selain mengistirahatkan badan dari segala aktivitas juga bisa membersihkan sisa racun yang ada dalam tubuh juga meregenerasi sel yang rusak, di saat kita kurang tidur maka banyak sekali sistem tubuh yang terganggu sehingga memicu mutasi gen yang berperan sebagai pengendalian berat badan sehingga hal ini bisa memicu berat badan naik di kemudian hari  dan sebaiknya mulai sekarang sebaiknya kurangi bergadang bila tidak perlu.

5.    Perbanyak Konsumsi Makanan Dan Minuman Yang Alami
Di dalam mengkonsumsi makanan dan minuman ini sebaiknya cari yang alami seperti minuman teh, kopi, nasi, ketela rebus dan lain sebagai dan usahakan cari makanan dan minuman yang non bahan pengawet dan pilihlah makanan yang memasak dengan direbus bukan di sangrai dengan minyak karena makanan yang mengandung bahan pengawet dan minyak ini sangat sulit dicerna oleh tubuh dan dalam waktu renta yang lama bisa membuat tubuh ini menjadi gemuk. 

Cara Menambah Berat Badan Secara Alami

1.    Perbanyak Makan
Di dalam menggemukan tubuh ini bisa dengan banyak mengkonsumsi  makanan  cara ini terbukti ampuh karena di dalam keadaan ini perut kenyang maka akan banyak cadangan lemak sehingga sangat mudah untuk menjadikan badan ini gemuk apalagi setelah makan langsung tidur ini sangat mudah gemuk karena tubuh tidak mengunakan makanan yang diubah untuk energi sehingga makanan tersebut banyak menjadi lemak.

2.    Kebiasaan Suka makan Cemilan
Bagi yang malas di dalam mengkonsumsi makanan – makanan pokok ini bisa beralih suka makan cemilan karena di saat kita makan cemilan ini kita tidak merasakan kenyang walaupun sudah habis banyak juga didalam mengkonsumsi cemilan ini bisa dilakukan dimana saja sehingga sangat efektif untuk menambah berat badan kita.

3.    Selalu Minum Sehabis Makan
Meminum setelah makan ini sangat efektif untuk menambah berat badan karena di saat kita makan dan masuk perut ini peran air sangat penting di dalam penyerapan nutrisi dan menghancurkan makanan untuk di jadikan kebutuhan tubuh sehingga perut kita mudah lapar dan siap untuk menerima makanan lagi, untuk minuman ini bisa air putih bisa yang dingin, teh manis.

4.    Hindari Stres Dan Selalu Bahagia
Memang banyak pikiran bisa memicu stres dan mengakibatkan selera makan kita berkurang sehingga makan apapun terasa tak enak di lidah juga perut ini terasa kenyang, lain lagi bila kita merasa bahagia makan apa saja ini terasa enak di lidah dan menjadikan berat badan kita lebih cepat naik.

5.    Pilih Makanan Yang Banyak Mengandung Karbohidrat
Makanan yang banyak mengandung karbohidrat ini sangat banyak kalori yang berdampak pada penambah berat badan dan jenis makanan karbohidrat ini seperti nasi, gandum, ubi, singkong, makanan yang banyak tepung dan lain sebagainya apa lagi setelah makan ini minumnya air dingin atau es.  
ARTIKEL TERKAIT