5 Kebiasaan Yang Membuat Susah Tidur ( Insomnia )


image : www.mypositivehealth.com
Bagi sebagian orang tidur merupakan kegiatan yang menyenangkan karena dengan tidur berarti semua kesibukan atau aktivitas semua berhenti dan menjadikan tubuh ini untuk istirahat yang dimana didalam tidur banyak sekali racun dalam tubuh akan dibuang dan memperbarui sel – sel yang rusak tidak hanya itu saja bagi yang tidur cukup ini akan terjaga kesehatan dan di saat bangun badan ini terasa enak, nyaman, lega istilah Baterai full. Seseorang yang kurang tidur atau susah tidur bisa kelihatan dari fisiknya terutama wajah yang kelihatan pucat, kelihatan tua dan masih banyak lagi gangguan kesehatan yang disebabkan tidak bisa tidur ini.

Susah tidur merupakan salah satu awal sumber penyakit untuk tubuh karena bila proses tidak bisa tidur ini berlangsung terus – menerus tiap hari maka kesehatan tubuh akan terganggu mulai dari kulit tubuh, adanya cekungan hitam di bawah kelopak mata, mata yang memerah, gangguan psikologis dan lain – lain. Insomnia ini yang sering digunakan untuk pengertian susah tidur juga merupakan istilah dunia medis. Insomnia bukan nama untuk penyakit tapi merupakan seseorang yang mengalami kelainan dalam tidur yang berbentuk susah untuk tidur. Insomnia atau susah tidur pasti ada sebabnya mulai sering berubah jam kerja, penyuka alkohol, sering masuk malam jam kerja dan efek meminum obat dalam jangka panjang. Susah tidur atau Insomnia pastinya awal dari kebiasaan – kebiasaan kecil yang sering kita lakukan dan tak kita rasakan yang dimana kita berupaya untuk tidur malah susah untuk tidur dan kebiasaan – kebiasaan yang membuat susah tidur ini seperti :

1.    Suka Membaca Saat Tidur
Membaca memang hal positif tapi bila dilakukan menjelang tidur tak baik apa lagi bila membaca buku – buku yang membuat kita penasaran untuk membaca halaman berikutnya maka akan membuat kita tak ingin tidur dan hal ini bisa memicu Insomnia atau susah tidur.

2.    Merokok Dan Minum Kopi
Merokok dan minum kopi merupakan paket kenikmatan tersendiri terutama bagi kaum adam / laki – laki dewasa memang disaat kita kerja mungkin merokok dan minum kopi membuat kita menikmati pekerjaan dan membuat kita lebih santai tapi bila merokok dan minum kopi kita lakukan disaat – saat mau tidur maka akan membuat kita susah tidur karena kandungan nikotin di rokok dan kafein didalam kopi membuat kita terjaga dan membuat kita susah tidur.

3.    Waktu Mengantuk Melihat TV
Melihat TV disaat kita sudah mengantuk tak menjadikan kita mudah untuk tertidur tapi bisa sebaliknya yang dimana mata tak mengantuk yang dikarenakan menonton TV ini membuat otak kita juga bekerja yang dimana otak ini memikirkan hal – hal yang ada TV dan disangkut pautkan dengan sesuatu yang ada disekitar kita. Sinar TV dan suara TV membuat kita malah susah untuk tidur karena sebenarnya tidur membutuhkan ruagan yang tenang dan nyaman juga tidak begitu terang ( redup ) maka dari itu hindari tidur dengan menonton TV atau sejenisnya bisa Movie di laptop, Hp.

4.    Bayak Yang Dipikirkan ( Stres )
Banyak pikiran ini bisa memicu timbulnya Stres ringan dan berat dan ini bisa membuat kita susah tidur yang dimana banyak pikiran membuat otak kita bekerja dimana mencari solusinya atau jalan keluar untuk menyelesaikan persoalan yang sedang dihadapi atau kita pikirkan, maka dari itu hindari banyak pikiran disaat kita mau tidur.

5.    Hindari Makan Cemilan Saat Mau Tidur
Kebiasaan ini juga bisa membuat kita susah tidur karena disaat kita makan cemilan ini membuat kita terjaga karena mulut kita sedang bekerja dan ini membuat kita tak mengantuk dan membuat kita susah tidur alangkah baiknya di malam hari hindari makan cemilan.  

ARTIKEL TERKAIT