6 Manfaat Yang Bisa Dirasakan Langsung Setelah Minum Kopi


www.seratu.com
Ilustrasi
Minum kopi merupakan salah satu aktivitas rutin setiap hari, minum kopi banyak dilakukan di pagi hari dan malam dan tak menutup kemungkinan bisa dinikmati kapan saja. Kopi merupakan salah satu minuman yang bisa menjaga kita dari rasa ngantuk yang ringan, juga mempunyai rasa manis dan pahit tapi untuk cita rasa bisa dibuat dengan selera kita yaitu tinggal mengurangi takaran kopi atau gula sesuai selera kita. Sekarang kopi bisa dinikmati dengan beragam rasa mulai dari rasa coklat, moka, jahe dan masih banyak lagi.

        Sebelum kopi ini bisa kita nikmati, banyak sekali proses yang harus dilaluinya seperti pencarian biji kopi, disangrai, dihaluskan bisa mengunakan mesin atau di tumbuk, sedangkan untuk biji kopi ini banyak sekali macamnya dan mempunyai rasa yang berbeda, tapi di pasar banyak sekali di jumpai hanya jenis kopi Arabika dan Robusta sedangkan kopi Arabika merupakan mempunyai cita rasa terbaik dan termasuk kopi tradisional, sedangkan untuk kopi Robusta merupakan jenis biji kopi yang memiliki standar kualitas dibawah kopi Arabika karena kopi Robusta memiliki rasa lebih pahit, asam dan kandungan kafein yang banyak.

        Kopi ini memang mempunyai kandungan kafein tertinggi maka dari itu minumlah kopi sesuai aturan dan menurut para pakar kesehatan alangkah baiknya minum kopi per-harinya 2 sampai 3 cangkir karena batas aman kafein masuk dalam tubuh 100 – 150 mg per harinya. Memang efek kafein yang ada dalam minuman kopi tak bisa dirasakan secara langsung tapi tunggu beberapa jam maka akan terasa, tapi ada juga yang meminum kopi atau tidak minum kopi tak ada perubahan yang bisa dirasakan dan ini yang mempengaruhi adalah sifat genetika dalam tubuh dan setiap individu mempunyai sifat genetika yang berbeda – beda dalam mencerna kafein. Secara umum kopi ini memiliki banyak manfaat dalam tubuh terlebih setelah kita minum kopi secara langsung, untuk lebih detailnya bisa lihat keterangan dibawah ini :

1.    Meningkatkan Semangat Dalam bekerja
Setelah minum kopi, disaat – saat lelah dalam bekerja sering sekali dilakukan dan tak disadari membuat kita lebih bersemangat dalam bekerja dan membuat  betah di meja kerja  ini salah satu manfaat minum kopi.

2.    Mengurangi Rasa Ngantuk
Lebur disaat kerja membuat kita merasa ngantuk, tapi setelah minum kopi rasa ngantuk ringan yang melanda bisa hilang karena kandungan kafein yang ada di kopi membuat kita terjaga terutama mengusir rasa ngantuk.

3.    Dapat Meningkatkan Metabolisme Dan Melancarkan BAB
Minum secangkir kopi di pagi hari dapat merangsang BAB lebih mudah dan ini baik untuk metabolisme juga membantu proses penurunan berat badan (diet).

4.    Menurunkan Stres
Pekerjaan yang menumpuk dan segudang aktivitas yang belum dilakukan  membuat kita stres tapi bila diimbangi dengan meminum secangkir kopi hangat stress dapat hilang dengan perlahan – lahan, karena manfaat kafein yang ada dalam kopi dapat menurunkan stress yang melanda.

5.    Membangun Dan Meningkatkan Mood Dalam Bekerja
Pasti pernah mengalami kehilangan mood dalam bekerja sehingga kita di kantor tak jelas apa yang sedang kita kerjakan dan bawaannya malas dalam berkarya, bila hal ini terjadi maka segeralah meminum kopi yang hangat karena kandungan kafein yang ada di minuman kopi tersebut dapat mengembalikan Mood yang hilang

6.       Merelaksasi Tubuh
Minum kopi sesuai takaran setiap hari yang dianjurkan pakar kesehatan ternyata bisa membuat rileks atau nyaman dalam segala kondisi sehingga bisa menikmati hidup ini.      
ARTIKEL TERKAIT