6 Tanda Tubuh Kelebihan Kafein


www.seratu.com
Minuman Kopi
Kafein sangat lekat dengan minuman kopi, tapi kafein tidak hanya terdapat pada minuman kopi saja tapi pada minuman teh, segelas minuman susu coklat ini juga terdapat kafein. Kafein merupakan sejenis perangsang Psikoaktif dan Diuretik ringan juga termasuk senyawa Alkaloid Xantina yang berbentuk Kristal dan rasanya pahit. Kafein sering di temukan di biji kopi, daun teh, guarana dan buah kola dan digunakan untuk senjata alami tanaman tersebut sebagai pestisida yang bertujuan untuk melumpuhkan serangga tertentu, tapi seiring perkembangan zaman kafein ini berguna sebagai obat pengusir ngantuk sementara, dalam bentuk minuman kopi atau teh.


Mengkonsumsi minuman yang banyak mengandung kafein apakah baik untuk tubuh ? jawabnya tidak. Karena bila tubuh kebanyakan kafein bisa tumbuh masalah baru untuk kesehatan tubuh seperti tekanan darah tak stabil, detak jantung yang tak stabil, insomnia, risau dan lain – lain. Alangkah baiknya mengkonsumsi minuman yang ada kafein jangan berlebih dan kafein juga bisa membuat sebagian orang ketagihan dan bila tak minum minuman yang ada kafeinya kepala terasa pusing, ngantuk sedangkan bentuk minumannya seperti kopi dan teh. Namun bila tumbuh mengalami kelebihan kafein maka hentikan mengkonsumsi minuman yang ada kafeinnya, sedangkan tubuh ini bila kelebihan kafein bisa ditandai dengan beberapa hal diantaranya sebagai berikut ini :

1.    Sulit Tidur
Sering kali setelah minum kopi yang murni dalam artian hanya bubuk kopi dan air mendidih dan sedikit gula, maka akan membuat sulit sekali tidur tapi tidak sekaligus beriaksi tapi tunggu setelah 1 jam maka kafein dalam minuman kopi tersebut akan bekerja dan menjadikan tak mengantuk lagi, karena kafein yang terdapat minuman kopi ini membuat kita terjaga. Biasanya minum kopi ini digunakan aktivitas untuk begadang.

2.    Denyut Jantung Tak Stabil
Sering kali meminum kopi sehari terlalu banyak ini bisa menyebabkan overdosis kafein dan ini bisa berakibat tak baik pada organ tubuh kita dengan ditandai telapak tangan berkeringat karena tekanan darah meningkat sehingga mempengaruhi denyut jantung menjadi tak teratur karena kafein yang berlebih ( over dosis ) dapat meningkatkan detak jantung semakin kencang, bila hal ini dibiarkan terus – menerus dapat mengancam nyawa.

3.    Warna Cairan Urine Berubah Menjadi Kuning Gelap
Bila seseorang sudah berlebihan atau overdosis dalam mengkonsumsi kafein maka dapat dilihat dengan warna cairan urine bila warnanya menjadi kuning gelap maka itu termasuk overdosis dalam mengkonsumsi kafein. Sedangkan kafein bisa menyebabkan dehidrasi dalam tubuh yang dimana didalam mengeluarkan cairan urine terlalu banyak jumlahnya dan ini dapat mengurangi cairan dalam tubuh sehingga tubuh mengalami dehidrasi.

4.    Merasakan Gugup Dan Gelisah
Meminum kopi berlebih bisa membuat kita overdosis kafein dan ini bisa membuat kita gugup dan gelisah tanpa sebab, karena kafein dalam tubuh yang berlebih bisa memperparah stress dan depresi juga mempengaruhi zat neurotransmitter dalam otak sehingga perasaan gugup dan gelisah akan timbul tanpa sebab.

5.    Terasa Mual Dan Muntah
Bagi pengila minum kopi pasti pernah merasakan perut terasa mual dan pingin muntah ini menandakan sudah overdosis kafein dalam tubuh, karena kafein yang berlebih dalam tubuh dapat mempengaruhi kinerja usus besar, sistem pencernaan dan lambung menjadi tak normal sehingga yang dirasakan selalu ingin BAB dan muntah.

6.    Menyebabkan Pusing
Selalu pusing bila tak minum kopi ini termasuk kecanduan kopi atau kebanyakan kafein dalam tubuh, ini termasuk sudah overdosis dalam mengkonsumsi kopi perharinya karena termasuk penguna aktif kafein, dalam kasus ini haruslah mengurangi porsi minum kopi tiap harinya sampai tak ketergantungan minum kopi dan sampai tak pusing lagi bila tak minum kopi.  
ARTIKEL TERKAIT