6 Tips Rumah Agar Kelihatan Rapi Dan Bersih


Image : www.trabahomes.com
Rumah merupakan tempat yang setiap hari kita singgahi terutama untuk tidur, makan, berkumpul keluarga, buat BAB dan masih banyak kemanfaatanya rumah. Ada istilah “ Rumahmu Adalah Surgamu ” yang dimana bila rumah kita bersih, rapi, tentunya kenyamanan yang bisa dirasakan dan membuat kita betah untuk tinggal bukan hanya kita tapi orang yang bertamu pun betah dan ingin lebih lama tinggal. Rumah yang rapi dan bersih tidaklah yang mahal dan banyak pembantunya, tetapi rumah yang rapi dan bersih ini haruslah dimulai dari diri sendiri (terutama pemilik rumah).

Penampilan rumah yang bersih dan rapi ini sebenarnya butuh kepandaian untuk menata ruangan bila merasa kita sendiri tak mampu untuk membuat rapi dan bersih maka bisa berkonsultasi ke yang lebih ahli atau bisa browsing di internet. Sebetulnya pembentukan rumah rapi dan bersih ini sedikit sekali yang harus diperhatikan mulai dari warna cat, meletakan meja, almari, dan meletakan aksesoris rumah tapi untuk lebih jelasnya bisa simak ulasan berikut ini :

1.    Penataan Sirkulasi Udara ( Jendela )
Penataan sirkulasi udara ini sangatlah penting akan kemanfaatanya karena dengan bergantinya udara yang ada di rumah sangat baik untuk kesehatan karena dengan udara rumah sering berganti maka udara yang di rumah selalu bersih dan sehat untuk kita hirup dan juga bisa mengusir udara yang kotor karena udara dalam rumah sering berganti, dan untuk penataan sirkulasi udara usahakan setiap ruangan ini ada lubang sirkulasi yang bertujuan mempermudah udara bergantian. Pilihlah warna, bentuk dan ukuran untuk penampilan sirkulasi agar kelihatan rapi dan cocok dengan ruangan tersebut.

2.    Pakai Asesoris Rumah Seperlunya
Asesoris rumah ini banyak sekali jenisnya mulai dari vas bunga, keranjang  baju kotor / sampah, karpet, bingkai foto dan lain – lain dan ini jangan terlalu banyak dalam jumlah memakainya dan paling baik gunakan aksesoris tersebut dengan seperlunya dan hindari pemakaian aksesoris yang tidak ada manfaatnya.

3.    Terapkan Kebiasaan Rapi Dan Bersih
Kebiasaan rapi dan bersih ini perlu diterapkan dalam rumah karena setelah ruangan tertata rapi dan bersih bila penghuninya suka berbuat kotor percuma saja sedangkan agar rumah kelihatan rapi dan bersih ini hanya perlu menerapkan kebiasaan menaruh barang pada tempatnya seperti buku bacaan setelah membaca sebaiknya taruh pada tempatnya, sapu ruang dengan rutin sehari 2 atau 3 kali, bersihkan meja makan setelah makan, bersihkan kamar mandi dan toilet secara rutin dan lain sebagainya.

4.    Sisakan Waktu Untuk Merapikan Dan Membersihkan Rumah
Membuat jadwal merapikan dan membersihkan rumah secara rutin sangat perlu ini bertujuan agar rumah tertata rapi dan bersih contohnya sehari 2 atau 3 kali untuk menyapu lantai dan potong rumput seminggu 1 kali.

5.    Kurangi Atau Buang Barang Yang Tidak Digunakan
Rumah ini makin lama makin sepit kelihatanya kemungkinan terlalu banyak barang dan setiap bulan selalu menambah barang  ini yang menjadikan rumah anda tak kelihatan rapi dan bersih bila hal ini terjadi maka jangan banyak membeli barang – barang baru seperti almari, rak, meja, kursi tidur dan lain sebagainya. Misalkan ingin membeli barang karena kualitas barang tersebut bagus dan mengikuti tren mungkin bisa membelinya tapi singkirkan barang lama dulu  atau mungkin bisa dibuang bila masih bagus bisa di simpan di gudang.

6.    Usahakan Mengecat atau menganti Satu Tahun Sekali
Menganti cat ini memang perlu karena sangat mendukung agar rumah ini kelihatan rapi dan dan bersih bila ingin menganti warna cat usahakan sesuaikan ruangan yang dimana untuk kamar tamu dan kamar mandi / toilet  yang warna terang dan kamar lainya bisa menyesuaikan atau sesuaikan keinginan.  
ARTIKEL TERKAIT