8 Manfaat Buah Jambu Darsana Atau Jambu Bol Untuk Kesehatan


www.seratu.com
Jambu Bol / Darsana
Jambu Bol atau Darsana banyak sekali yang menggemarinya karena rasa yang manis dan dagingnya yang tebal juga lembut saat dikunyah di lidah yang membedakan dengan jenis jambu air lainya. Jambu bol atau darsana memang memiliki harga jual lebih tinggi dibanding jambu air lainya karena selain rasa juga jambu bol atau darsono berbuah setahun sekali dan buahnya tidak begitu lebat. Kekebalan jambu darsana atau bol sama dengan jenis jambu air lainya yang dimana mudah busuk karena lalat buah dan lebah buah sehingga tidak kelihatan dari luar kalau buah tersebut banyak belatung didalamnya, maka dari itu sebelum membeli lebih baik coba satu buah untuk di belah agar kelihatan busuk apa tidak.

Jambu Bol memiliki banyak nama tergantung daerah masing - masing memberi nama seperti di jawa buah ini dikenal dengan nama darsana, dersana, tersana, di bali = nyambu bol, di minang kabau = jambo jambak, bo, di makasar = jambu bolo, di maluku = lutu kau, rutuul, nutune, lutune,  dan bugis dinamai  = jambu bolu dan masih banyak lagi. Jambu darsana penamaan banyak dikenal dimasyarakat atau lebih familiar dengan nama jambu Bol yang tentunya memiliki arti “ pantat ” yang diambil dari bahasa melayu yang mungkin bentuknya buah ini seperti Pantat sehingga banyak dikenal dengan nama jambu Bol.

Jambu Bol atau darsana banyak sekali digemari ibu hamil karena buah ini dapat mencerdaskan bayi yang masih di kandungan karena buah ini kaya akan vitamin B3 dan B6  yang baik untuk perkembangan otak maka dari itu buah ini banyak dicari khususnya ibu hamil. Rasa segar, manis dan tebal akan daging sangat cocok untuk dikonsumsi saat cuaca panas dan perut lapar selain itu buah ini juga banyak mengandung vitamin A, B, C, protein, karbohidrat, fosfor, kalsium, lemak, zat besi sehingga jambu darsana atau bol sangat baik untuk kesehatan tubuh seperti :

1.    Sistem Pencernaan Menjadi lancar
Kandungan air dan serat yang ada di jambu bol atau darsana baik sekali untuk sistem pencernaan apa lagi yang sulit BAB sebaiknya perbanyak mengkonsumsi buah ini agar BAB lancar.

2.    Terhindar Dari Diabetes
Kandungan gula yang rendah yang terdapat pada jambu Bol atau darsana  bisa terhindar dari diabetes dan sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes tapi dalam mengkonsumsinya jangan berlebih.

3.    Menurunkan Berat Badan ( Diet )
Serat yang ada di jambu bol atau darsana selain melancarkan BAB juga bisa menurunkan berat badan karena didalam melakukan BAB ini banyak sekali lemak yang ikut terbuang  sehingga penumpukan lemak menjadi berkurang dan berat badan menjadi menurun.

4.    Baik Untuk Kesehatan Kulit
Kandungan air dan vitamin C yang ada di jambu bol atau darsana baik sekali untuk menjaga kesehatan kulit agar terjaga kelembapan sehingga tekstur kulit tetap terjaga.

5.    Menguatkan Tulang
Sering mengkonsumsi jambu darsana atau bol baik sekali untuk tulang karena kandungan zat besi yang ada di buah ini mencegah osteoporosis pada tulang sehingga tulang selalu sehat walaupun usia sudah tua.

6.    Mempertajam Penglihatan Mata
Di usia tua mata sering mengalami penurunan ketajaman dalam melihat dan sering kabur tapi dengan mengkonsumsi jambu darsana atau bol yang rutin maka mata akan pulih kesehatannya dan menormalkan pandangan mata karena buah ini banyak mengandung vitamin A yang sangat dibutuhkan mata.

7.    Menguatkan Kekebalan Tubuh
Banyaknya kandungan vitamin dan mineral yang ada di jambu darsana atau bol berguna untuk pembentukan kekebalan tubuh menjadi lebih kuat sehingga tubuh tak mudah diserang oleh virus yang ada disekitar kita.

8.    Menyehatkan Dan Menguatkan Sistem Saraf  Di Otak
Kandungan vitamin B yang ada di jambu darsana atau bol sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan, karena vitamin B mampu menguatkan sistem saraf diotak sehingga menguatkan otak dalam berfikir  terutama berfikir yang lama.
ARTIKEL TERKAIT