8 Manfaat Buah Mulwa / Nona Atau Srikaya Untuk Kesehatan


www.seratu.com
Buah Mulwa / Nona Atau Srikaya
Mungkin bagi sebagian orang buah mulwa jarang yang mengetahui karena buah ini populasinya sangat sedikit dikarenakan tanaman buah srikaya atau mulwa berbuah dalam jumlah sedikit setiap pohonya sehingga jarang di lirik. Buah mulwa atau srikaya ini memiliki rasa yang asam – asam manis bila sudah matang dan sangat lunak bila matang tapi bila mentah kulit luarnya keras sedangkan besarnya rata – rata segenggam tangan. Tanaman buah mulwa atau srikaya ini tahan segala musim dan berbuah setahun sekali rata – rata.

Buah srikaya ini juga sering disebut buah Mulwa dan Nona juga memiliki ciri – ciri buahnya bundar, berdiameter 6 - 10 cm, kulit luarnya bersisik dan berbenjol untuk dagingnya berwarna putih juga ada bijinya sedangkan buahnya bila masih mentah berwarna hijau sedangkan berwarna merah bila sudah matang. Pohon buah Mulwa atau srikaya tidak begitu tinggi sekitar  8 m daunya berwarna hijau berselang, lembing membujur  7 cm dan lebar 3 cm dan berbunga sedangkan hama yang sering melekat adalah kutu buah atau daun yang berwarna putih. Buah srikaya selain enak untuk dikonsumsi juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh karena buah srikaya ini mengandung gizi terutama setiap 100 gramnya seperti Vitamin B1 = 0,08 mg, Zat Besi = 2,7mg, Kalsium = 127 mg, Vitamin C = 28,3 mg, Protein = 1,1 mg, Energi = 63 kkal, Karbohidrat  = 13,9 g, Lemak = 0,5 g, Fosfor = 30 mg ini semua sangat baik untuk kesehatan seperti :

1.    Terhindar Dari Asma ( Sesak Nafa )
Kandungan Vitamin C yang ada di buah Srikaya atau Mulwa juga membentuk antioksidan dalam tubuh sehingga berpotensi untuk mencegah terjadinya Asma.

2.    Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Rasa asam pada buah malwa atau srikaya ini juga bisa untuk menurunkan tekanan darah tinggi karena mengandung vitamin C dan potassium.

3.    Terhindar Dari Pengeroposan Tulang  Dan Gigi
Sering mengkonsumsi buah srikaya atau mulwa juga baik sekali untuk kesehatan tulang dan gigi karena buah ini juga mengandung magnesium yang tentunya sangat dibutuhkan oleh tulang dan gigi agar tidak mengalami keropos.

4.    Terhindar  Dari Diabetes
Serat yang ada di buah srikaya atau mulwa selain baik untuk sistem pencernaan juga mampu memperlambat gula darah masuk ke tubuh sehingga tubuh tidak kelebihan gula darah secara drastis.

5.    Mengurangi Kadar Kolesterol Dalam Tubuh
Sering dan rutin mengkonsumsi buah srikaya atau mulwa ternyata dapat mengurangi kolesterol dalam tubuh karena buah ini banyak mengandung Niasin yang berguna untuk menurunkan kolesterol.

6.    Baik Untuk Pencernaan
Mengkonsumsi buah srikaya atau mulwa dalam jumlah sedang juga bisa untuk melancarkan sistem pencernaan karena buah ini banyak mengandung serat yang tinggi terutama yang terkena diare.

7.    Menambah Kekebalan Tubuh
Begitu banyak kandungan yang ada di buah srikaya atau mulwa seperti vitamin, protein, energi dan masih banyak lagi sangat baik untuk menambah kekebalan dalam tubuh sehingga tubuh aman dari ancaman virus yang ada disekitar kita.

8.    Membasmi Kutu Rambut ( tumo )
Biji yang ada di buah srikaya atau mulwa sangat efektif dan alami untuk membasmi kutu yang ada di rambut dengan cara siapkan biji srikaya atau mulwa dan keringkan setelah itu tumbuk menjadi halus dan campur sedikit air dan oleskan pada ujung dan pangkal rambut sampai rata dan biarkan selama 30 sampai 60 menit dan bilas dengan air bersih.

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia ternyata buah srikaya atau mulwa juga bisa untuk bahan pertanian yang bertujuan untuk membasmi hawa tentunya dengan cara alami dengan cara siapkan biji buah srikaya atau mulwa sebanyak mungkin dan keringkan setelah itu tumbuk sampai halus dan rendam dengan perbandingan 1 : 2 = 1 kg biji dan 2 kg air sedangkan untuk merendamnya makin lama makin efektif.
ARTIKEL TERKAIT